Hari-hariku, Lomba Blog DJARUM BLACK

The Story of Mengurus SKCK…

Ini gara-garanya dari Nusantara Sakti minta SKCK buat kelengkapan dokumen sebelom teken kontrak kerja… sebenernya buat apa sih mereka minta SKCK? Emangnya dengan melihat wajahku ini apa engga cukup menandakan kalo gw bukan kriminal ataupun calon kriminal?

Kalo ada yang ga tau SKCK… SKCK itu Surat Keterangan Catatan Kepolisian… versi baru nya SKKB… Surat Keterangan Kelakuan Baik…

Ah eniwei black-in-newsnya… setelah kmaren siang memposting thread “[tanya]ngurus SKCK dimana? gimana?” di milis Loenpia yang very helpfull sekali (hmm???)… maka malamnya berangkatlah gw dengan modal KTP dan fotokopi Kartu Keluarga buat minta surat pengantar… di RT dan RW setempat… sampe disini belom di mintain uang administrasi… jadi kondisi dompet masih tebal hahaha!

Besoknya (Hari ini) mlanconglah saya ke kelurahan padangsari yang kantor nya deket susteran di blakang greja santa maria banyumanik buat minta surat pengantar lagi…

Di kelurahan saya di ladeni sama ibuk-ibuk yang baik hati namun mahal senyum… pertanyaannya standar aja sih “buat keperluan apa ya mas?”… “buat kerja buk…” “ooh… saya kira buat jadi caleg… swasta atau negri?” … “swasta buk…” (senyum garing)…

Ibuknya langsung ngurek-ngurek kertas surat pengantar yang ditengah-tengahnya ada tulisan “GRATIS”nya… sambil nules-nules ya kita juga ngobrol lah… standa mau kerja dimana… lulusan mana… rumahnya mana… skalian tanya untuk meluruskan kesimpang-siuran membuat SKCK itu di POLSEK ato di POLRES… setelah selesai teken dan cap… ibuknya pun menyerahkan surat tersebut pada gw… alih-alih langsung bangkit dari korsi dan kabur dari situ… ibuknya buru-buru bilang “biaya administrasi seiklas nya mas, kotaknya di sblah situ”… sambil menunjukan kotak coklat menggunakan jempol… bener2 njawani…

Karena di saku jaket ada 3ribu… ya udah cemplungin aja 3ribu… padahal di kotak itu ada duit 10rebu dan 20rebunya… TAPIKAN TADI KATANYA IBUKNYA SEIKLASNYA? Jadi ya gpp dong… ah semoga dengan 3ribu yang iklas ini besok-besok saya kalo mau ngurus KTP dan KK engga di persulit…

Gw baru tau kalo mau bikin SKCK itu ada dua jenis… buat Swasta ato PNS… kalo Swasta cukup ke Polsek aja… kalo buat PNS ya harus ke polsek dulu lantas ke polres… jadi bisa dibayangkan duit yang di keluarkan bisa dobel… jadi brangkatlah saya ke Polsek Banyumanik yang nyempil deket SMA 4 banyumanik.

Sampe di polsek gw pun disambut dengan pak polisi yang memberi hormat grak pada saya… ya saya membalasnya dengan hormat grak juga… lalu langsung bilang keperluan bikin SKCK… lalu saya digiring ke ruangan bikin SKCK… ngasih 2 biji foto 4×6 berwarna, 1 lembar fotocopy KK, 1 lembar fotocopy KTP, dan surat pengantar dari kelurahan tadi… lantas SKCK pun langsung diketik pake mesin Tik yang anTik… tak tik tak tik… isunya pake sidik jari segala macem… ternyata itu kalo urusannya sampe di polres yang notabene ngurus SKCK PNS ataupun Caleg… karena saya bukan keduanya jadi sidik jari ngga di perlukan…

SKCK pun selesai dalam 10 menit-an… dan disini kluar duit… 10rebu… karena udah cukup murah… ya engga di nyang… udah kelar deh urusan SKCK…

Jadi jedhog nya kurang lebih seperti ini, kalo mau bikin SKCK langkah-langkahnya adalah:

  • Minta surat pengantar dari RT/RW setempat…
  • Minta surat pengantar dari kelurahan… abis dari sini langsung ke Polsek, ngga harus ke kecamatan dulu (ini menurut ibuk-ibuk kelurahan tadi)
  • Melancong ke Polsek kalo buat keperluan kerja Swasta, Polres kalo buat PNS…
  • Kelar…

Yang dibutuhkan:

  • Duit… udah pasti… siapin 20rebuan… kalo lagi apes 50rebu juga abis…
  • Foto berwarna ukuran 4×6… 4 bijian… buat jaga-jaga siapin aja 4 set… 16 biji.
  • Foto copy KTP dan KK siapin aja masing-masing 4 biji… soalnya bakal di minta waktu bikin surat pengantar dan SKCK…

Jadi kasih saya slamat dan blackinovationaward dong! Udah punya SKCK, terbukti bukan kriminil, dan duitnya keluar dikit lagi! Sebuah prestasi… kayaknya harus dituangkan dalam CV inih!

Standar

13 respons untuk ‘The Story of Mengurus SKCK…

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.