SAMSAT ONLINE BANK JATENG: Bayar Pajak STNK Kendaraan 5 Menit

SAMSA ONLINE BPD JATENG SEMARANG
SAMSAT ONLINE BPD JATENG SEMARANG

Setelah SAMSAT ONLINE DP MALL tidak lagi beroperasi, saya yang sebagai anak kantoran ini merasa kerepotan juga kalo sudah tiba saatnya membayar pajak kendaraan bermotor.

Dan atas rekomendasi koh Januar, maka mencobalah saya membayar pajak kali ini di BANK JATENG yang letaknya di jalan pemuda semarang. Letaknya di deket lobi bank BPD Jateng dan Garuda Indonesia.

Persyaratannya? Masih sama kok, BPKB, STNK dan KTP ASLI, bukan foto copy, dan tentu saja uang.

Begitu masuk langsung ambil antrian dulu ya.

Overall pelayanan cukup cepat, ngga sampai lima menit, urutan saya no.8 sudah di panggil.

Untuk jam pelayanannya, beroperasi dari hari senin sampai sabtu mulai buka jam 8, tapi pas hari sabtu saya dateng setengah 9 kurang, petugasnya belum tampak, ada sih yang sudah nangkring di counter tapi lapak belum digelar, baru digelar pas jam setengah 9 tet.

Usut-punya-usut, info dari Ibu-ibu petugas, SAMSAT ONLINE DP MALL bukan tutup, tapi pindah di Citraland depan parkiran motor dekat jalan keluar, tapi saya belum cek lebih lanjut.

SAMSAT ONLINE SEMARANG II: Bayar Pajak STNK Kendaraan

Samsat Online Semarang Selatan.
Samsat Online Semarang Selatan.

Jadi ceritanya, mumpung masih cuti dan pajak kendaraan bentar lagi jatuh tempo, maka saya pengen nyobain lagi untuk ngurus sendiri, setelah sebelumnya pernah ngurus sendiri di SAMSAT ONLINE DP MALL, dan sebelum-sebelumnya juga pernah minta tolong sama orang.

Karena saya masuk wilayah semarang selatan, maka saya ngglinding ke Samsat Online Semarang 2 Semarang Selatan yang letaknya di jalan setiabudi, persisnya di samping Pondok Serata atau di depannya Banteng Raider.

Kok ngga ke SAMSAT ONLINE DP MALL aja? Jauh sih dari rumah, makanya nyari yang deket aja. Ya sebenernya karna namanya Samsat Online ya, jadinya mau bayar di Samsat DP MALL atau Samsat Semarang manapun ya tetep bisa di layanin.

Yang penting siapin dulu berkas-berkasnya, jangan sampe kelupaan, kalo sampe kelupaan di jamin engga bakal di layanin.

Berkas-berkas yang di butuhkan itu:

  1. BPKB Asli dan Fotokopi. Yang BPKB nya masih ditahan leasing atau Bank harus minta surat keterangan asli dan resmi dari pihak pembiayaan.
  2. KTP Asli dan Fotokopi, KTP harus sesuai dengan nama pemilik dan alamat di STNK dan BPKB.
  3. STNK/PKB Asli dan Fotokopi.

Oke berikut langkah-langkahnya.

Di lantai 1:

Area lantai 1 itu terdiri dari tempat parkir, fotocopy, workshop plat nomor polisi, tempat pengadaan formulir pendaftaran dan tentunya kantin hehehe.

Jadi begini ya, motornya itu di parkir dulu di parkiran *yo mesti!* jangan lupa bayar karcis parkir 1.000 rupiah saja. Hati-hati ya, disekitaran parkiran Samsat banyak calo, saya aja yang baru markir motor langsung di rubung sekelompok orang yang nawarin jasanya. Nda usah pake calo deh, urus sendiri aja, jatuhnya lebih murah, itung-itung biar tahu caranya ngurus sendiri.

Langsung menuju ke tempat fotocopy-an, ada tiga tempat, jadi kalo pas penuh bisa pindah ke fotocopy-an lainnya. Buat yang ngga iklas fotocopy BPKB, KTP dan STNK seharga 2.000 rupiah, silahkan fotocopy sendiri diluar, tapi sebaiknya fotocopy di Samsat saja, sebab mas-mas fotocopy nya udah tau kok bagaimana cara menata berkasnya.

Berkas sudah di fotocopy? Mari langsung menuju ke pengambilan formulir pendaftaran. Silahkan berkas yang udah di fotocopy dan di susun rapi diserahkan ke bapak-bapak staf pendaftaran. Bila antri ya mohon di tunggu sebentar, sudah disediakan kursi buat duduk manis sambil menikmati jajanan di kantin Samsat. Tapi kalo agak lenggang kayak kemaren, bisa nunggu di depan loket, bapak-bapak staf pendaftaran nya akan mengecek berkas nya dulu, terus ngetik-ngetik komputer, terus ngeprint formulir pendaftaran.

Berkas asli dan fotocopy dikembalikan bersama formulir pendaftaran yang isinya data STNK dan rincian biaya sekian rupiah yang harus di bayarkan. Nah siapin uangnya, jangan lupa cek lagi berkasnya jangan sampe ada yang ketinggalan atau kececeran. Lalu langsung menuju lantai 2 lewat halaman depan ya, jangan lewat tangga karyawan, ntar di marahin. *korban*

Di lantai 2:

Udah di lantai 2? Nah pintu kacanya  ngga usah di ketok-ketok kulonowun gitu, langsung saja menuju loket pojok kiri banget dari pintu masuk yang tulisannya “PENDAFTARAN”. Kalo tidak tahu, ada bapak-bapak petugas yang njaga di depan yang siap mengarahkan kita. Tinggal bilang aja “bayar pajak”.

Di loket pendaftaran, serahkan berkas asli dan fotokopi nya bersama dengan formulir pendaftaran dari loket di lantai 1 tadi. Nanti ini akan di periksa lagi di bagian pendaftaran dan dituker dengan nomer antrian. Yang di kembalikan adalah BPKB asli, tanda terima rincian pembayaran dan nomer antrian, sisa nya di tahan untuk pengecekan lanjutan.

Tanda terima Rincian Biaya, Nomer Antrian dan BPKB Asli.
Tanda terima Rincian Biaya, Nomer Antrian dan BPKB Asli.

Ya udah duduk manis dulu deh sambil nunggu di panggil.

Kalo sudah di panggil nomer antriannya, silahkan maju ke loket “PEMBAYARAN”. Letaknya persis ditengah. Serahkan kertas nomer antrian, tanda terima rincian biaya dan sejumlah uang. Mbak kasir akan menukarnya dengan PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) kita yang lama, yang selanjutnya akan di kumpulkan di loket “PENGAMBILAN” yang letaknya di sebelah loket “PEMBAYARAN” tadi.

Kumpulkan PKB lama kita, abis itu duduk manis nunggu di panggil lagi. Biasanya manggilnya itu gerombolan, rombongan, sekalian banyak.

Udah di panggil? Nah silahkan maju ke loket untuk terima berkas. Tolong di cek lagi ya, yang diterima itu harusnya STNK asli, PKB asli, KTP asli dan sampul plastik yang dengan brutalnya di steplesin sama petugasnya. BPKB asli sudah kita terima sewaktu di loket “PENDAFTARAN”.

Terus? Ya pulang dong, ngapain lama-lama di situ?

Kalo saya hitung-hitung sih lebih cepat di SAMSAT ONLINE DP MALL, sebab tidak melalui proses fotocopy dan pengambilan formulir pendaftaran. Tapi kalo soal nyaman, ya tetep enak di Samsat Online Semarang 2 ini, sebab ruangannya gede, adem dan di lantai 1 ada kantin dengan beraneka ragam jajanannya.

Yak sudah, segitu aja dulu ya, semoga bermanfaat infonya. Adios!

SAMSAT ONLINE DP MALL: Bayar Pajak STNK Kendaraan 5 Menit

Samsat Online DP Mall

Yaaak akhirnya setelah tanya-tanya sama Koh Januar, jadi juga bayar pajak stnk mandiri. Sebelum-sebelumnya sih mesti nunut orang kantor ato tetangga yang kerja di samsat, tapi mikirnya kalo gua ga nyobain bayar sendiri ya kapan lagi gua bisa, itung-itung buat pengalaman ngurus pajak stnk sendiri.

Pertama mau mikir ke samsat pusat yang di daerah srondol, tapi kan gua kerja full senen sampe sabtu, otomatis ga ada waktu, trus sama Koh Jan disarankan ke samsat online aja yang buka sampe malem. Trus informasi pun berlanjut antara samsat online di Lotte Mart Majapahit atau DP Mall Pemuda.

Akhirnya milih DP Mall Pemuda aja yang deket sama kos dek Tasy.

Karena sebelumnya udah ada info dari Koh Jan kalo yang malem biasanya jam 6 sampe jam 7 samsat online nya istirahat dulu, maka gua ma dek Tasy makan malam dulu deh.

Jam udah menunjukan waktu kurang 5 menit jam 7, trus akhirnya kita ngglundung deh ke DP Mall. Letaknya samsat online ini ternyata pindah, deket parkiran spiral mobil tapi posisi masuknya dari luar, bukan lagi lewat dalam. Dan bener aja, sampe sana antrian sudah mengular, tapi jangan lupa langsung ambil nomer antrian, biar ga kelamaan nunggu. Dapet nya nomer 125 dari urutan mulai 90. Yah lumayan lah.

Jadwal Buka

Begitu jam 7 teng, petugas nya mbuka pintu kantor, langsung deh ini kerumunan orang berjubel masuk ke dalam. Tempatnya sempit dan kursinya dikit, jadinya yang ga kebagian kursi ya berdiri deh. Ya udah untung, gw ma dek Tasy kebagian kursi, tapi di belakang banget mepet tembok.

Rame

Abis duduk manis, lampu kantor di nyalakan, TV pun On, bapak-bapak yang bersuara lantang itu memberikan sambutan awal. “Ya selamat malam, selamat datang di samsat online DP Mall, untuk memperlancar proses supaya bapak ibu sekalian diaharapkan tertib, dan akan dipanggil sesuai nomor urutan”… yang belom ngambil nomor urutan di luar pada kelabakan, soalnya nomor urutnya cuman kayak kertas yang di tujes di paku.. “supaya proses agak cepat juga mohon segera disiapkan dokumen-dokumennya berupa BPKB asli, STNK asli yang sudah di keluarkan dari plastiknya dan KTP asli”… pada saat ini langsung pada kompakan nyopotin plastik STNK.

Nomor urut pun dipanggil, cepet kok ga ada 5 menit nomerku udah dipanggil, langsung serahin KTP, BPKB dan STNK aseli lo, bukan yang fotocopy.

Trus duduk manis lagi, nunggu dipanggil namanya untuk pembayaran pajak stnk nya. Oh iya, kalo bisa bawa uang pas ya, bapaknya sampe teriak-teriak, ga ada kembalian nya gimana, jadi buat yang mau bayar pajak, di hitung dulu aja pajak yang akan di bayar berapa, di STNK kan keliatan, trus bawa uang pas, kalo bisa siapin juga cadangan uang pecah, 5ribuan, ato sribuan, kali-kali jumlahnya ngga genep kayak saya, abisnya 129.500 hehehe, ta kasih 130ribu aja, untung ada kembalian 500 koinan.

Sekilas untuk di rangkum sedikit ya:

Jadwalnya Senin sampe Sabtu kecuali hari minggu. Shift 1 jam 09.30 s/d 14.30, istirahat shift 1 jam 12.00 s/d 13.00. Shift 2 yang malam jam 15.00 s/d 20.30 istirahat jam 18.00 s/d 19.00.

Yang harus di siapkan adalah BPKB, STNK dan KTP ASLI, bukan foto copy, dan tentu saja uang, dan sebisa mungkin UANG PAS!

Proses urutannya:

Ambil nomor antrian, tunggu nomor antrian di panggil, kasih dokumennya, tunggu di panggil sama loket pembayaran, bayar pajaknya, trus dokumen di kembalikan, selesai.

Yak sekian pengalaman ngurus pajak STNK di samsat online DP mall, semoga membantu pembaca.