#Elsaklopedia: Susu Full Cream Untuk Bayi

Sudah hampir setahun belakangan ini, Elsa mulai beralih susu nya dari susu formula jadi susu UHT full cream.

Awal mulanya peralihan ini tentunya karena dulu saya pernah mbahas soal Elsa yang kena sembelit, salah satu penyebabnya adalah gara-gara susu formula nya yang ngga cocok, padahal ya udah bolak balik ganti merk susu, tapi ya susu nya tetep aja susu formula.

Terus tercetus ide mau coba pakai susu UHT full cream saja, sapa tau bisa membawa perubahan? Kayak janji-janjinya calon pemimpin itu loh, membawa perubahan…

Waktu itu hasil konsultasi dengan bapak-bapak dan ibuk-ibuk dikantor katanya kalo pake susu UHT harus liat umur bayinya juga, soalnya kalo belum 1 tahun bisa jadi perutnya ngga kuat, ntar malah bisa diare.

Lah? Malah bagus dong diare, daripada sembelit?

Akhirnya tanpa mengindahkan saran simbah-simbah iklan minyak kayu putih yang katanya “Anak kok buat coba-coba”, akhirnya nekat saja dikasih UHT.

Eh ternyata poop nya malah lancar loh, sudah gitu anaknya yang doyan, malah doyan banget sama UHT, rasa cokelat maupun plain dia doyan, kecuali rasa stroberi dia ngga doyan, aku juga ngga doyan, mamahnya juga ga doyan, cuman kucing depan rumah aja yang doyan.

Susu formula nya meskipun jauh lebih mahal ya tetep jalan juga sih, soalnya kalo dari membaca dari tabel kandungan gizinya emang lebih baik susu formula. Apalagi gara-gara ada embel-embel AA dan DHA nya yang katanya sih bisa bikin anak tambah cerdas, ya sebagai orang tua kan kita pengennya anaknya cerdas dong, makanya jadi agak susah juga beralih 100% ke susu UHT full cream.

Maka dari itu triknya adalah kalo malam menjelang tidur, Elsa minumnya susu formula Morinaga Chil Kid, tapi kalo pas siang hari minumnya UHT. Susu UHT Full Cream pilihan kita adalah Susu UHT nya Ultra Jaya. Karena saya dan mamah nya Elsa emang familiarnya dengan merk yang satu ini, tapi bukan berarti merk yang lain itu tidak bagus lo ya.

Ga tau juga ada efek negatifnya apa ngga kalo mengkonsumsi dua jenis susu yang berbeda, tapi sejauh ini sih si Elsa tetep aja aktif, cerewet dan nggragas kalo liat krupuk kayak biasanya.

Saya sih bukan ahli gizi jadi ngga bisa njelasin disini manfaat nya dari sisi kesehatan kalo mengkonsumsi susu full cream bila dibandingan dengan susu formula, tapi sebagai menteri keuangan rumah tangga, saya bisa merasakan manfaat yang jauh lebih baik terhadap dompet saya, hahaha…

Soalnya kalo dulu, beli satu pak 800 gram Morinaga Chil Kid harganya bisa 130ribuan habis dalam 1 minggu. Kalo sekarang beli 6 pak ukuran 1 liter susu full cream UHT Ultra Jaya, sama juga abisnya seminggu tapi harga satuannya ngga sampe 16ribuan, jadi bisa hemat 30ribuan deh, huhuhu….

Penyimpanan susu UHT juga bisa dimasukan tempat sejuk kayak kulkas, cuman sayangnya berbeda dengan susu formula yang berbentuk bubuk, kalo kemasan susu UHT sudah dibuka, harus habis dalam 2-3 hari. Gak apa-apa sih, kalo buat Elsa mah 1 pak bisa abis dalam 1 hari, jadi ngga kawatir basi.

Penyajiannya juga praktis ya, apalagi kan susu UHT ada yang versi 250ml. Kecil, pas disaku, bisa ditenteng, kalo mau di konsumsi tinggal tuncepin aja sedotan terus di sruput deh. Apalagi kalo pas di mobil ato pas di perjalanan ya? Ngga perlu ribet harus bawa termos, wadah bubuk susu dan dot.

Waduh saya juga jadi pengen nyusu nih…. ehhhhh!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s