BNI Debit Online: Kartu Debit rasa Kartu Kredit

Sumber: https://www.facebook.com/BNI/?fref=nf
Sumber: https://www.facebook.com/BNI/?fref=nf

Hal yang membuat saya paling malas dalam berbelanja di merchant online adalah persoalan pembayaran.

Menjadi sangat mengecewakan buat Saya ketika berbelanja di merchant-merchant yang ternyata tidak memiliki rekening bank yang sama dengan rekening tabungan bank yang kita miliki, sehingga menyulitkan kita dalam memproses pembayaran.

Pembayaran pun harus di lakukan dengan penyetoran tunai melalui bank yang sama dengan rekening milik penjual ataupun melalui ATM Bersama yang tentunya di kenakan ongkos yang lumayan dan dana yang ditransfer tidak bisa masuk saat itu juga, melainkan setelah selang beberapa hari kerja.

Alhasil keterlambatan penerimaan pembayaran pada penjual, mengakibatkan proses pengiriman pesanan ikut tertunda.

Itulah sebabnya pilihan pembayaran melalui credit card saat ini memang menjadi primadona, sebab selain semua merchant online bisa menerima credit card, pembayarannya juga bisa dilakukan secara online tanpa harus secara fisik datang ke bank, ATM atau ke merchant itu sendiri. Pembayarannya pun langsung masuk rekening penjual, sehingga proses jual-beli antara pembeli dan penjual tidak ada penundaan.

Namun tidak semua orang punya dan ingin punya credit card, sudah begitu resikonya bila secara online adalah rawan pencurian data, karena sudah banyak banget website penipuan yang bekedok online shop ataupun email-email penawaran barang-barang dengan diskon yang menarik, padahal sejatinya dibalik itu mau mencuri data credit card atau pun informasi penting lainnya.

BNI menyadari betul problem ini, oleh karena itu BNI menciptakan sebuah model pembayaran yang mudah, cepat dan aman dalam bertransaksi secara online. Inovasi modern tersebut dinamakan BNI Debit Online.

Serba-serbi BNI Debit Online

BNI Debit Online adalah salah satu metode pembayaran inovatif yang dikembangkan BNI, dengan “menyulap” kartu debit BNI seolah-olah menjadi seperti kartu kredit.

Caranya dengan menerbitkan 16 digit VCN, sebuah nomor kartu virtual pengganti nomor kartu debit yang asli yang digunakan untuk verifikasi pembayaran. Selain VCN juga dilengkapi dengan CVC2 kode pengaman kartu dan Valid Thru sebagai masa berlaku kartu.

Nah VCN, CVC2 dan Valid Thru tadi akan diminta oleh merchant-merchant online pada saat check-out transaksi online. Akhirnya dengan BNI Debit Online, kartu debit seorang nasabah BNI bisa di pergunakan untuk membayar tagihan merchant secara online layaknya sebuah kartu kredit.

Lalu apa bedanya dengan kartu kredit? Pembayaran dengan BNI Debit Online langsung memotong dana tabungan yang di alokasikan saat melakukan verifikasi transaksi pembayaran melalui merchant online dan kita tidak perlu khawatir dengan overlimit credit card karena dengan Debit Online kita bebas menentukan limit belanja selama tidak melebihi saldo tabungan.

Kita juga tidak perlu kawatir mengenai saldo yang kita alokasikan untuk BNI Debit Online ini, selain alokasi nominalnya sangat fleksibel, saldo juga tidak langsung terpotong saat kita me-request VCN BNI Debit Online. Saldo hanya akan terpotong untuk transaksi di merchant yang berhasil di verifikasi, bila gagal pun saldo tidak akan terpotong. Bagaimana bila saldonya sisa? Saldo yang sisa akan tetap utuh dan dikembalikan 100% ke rekening tabungan kita.

Sebagai nasabah yang mempunyai rekening BNI Taplus, saya pun tertarik untuk mencoba kemudahan ini. Syaratnya pun cukup mudah ya? Asalkan telah melakukan Registrasi & Aktivasi BNI SMS Banking (transaksi Non Financial & Financial) dengan kartu debit BNI berlogo MasterCard serta nomor handphone yang terdaftar di BNI, maka bisa menikmati fasiltas BNI Debit Online.

Untuk langkah mudahnya dalam bertransaksi menggunakan BNI Debit Online, bisa dengan menonton video berikut:

Atau silahkan lihat ilustrasi nya:

Sumber: http://www.bni.co.id/id-id/bnipromo/newsletter/belanjaonlinedenganbnidebitonline.aspx

Sumber: http://www.bni.co.id/id-id/bnipromo/newsletter/belanjaonlinedenganbnidebitonline.aspx
Sumber: http://www.bni.co.id/id-id/bnipromo/newsletter/belanjaonlinedenganbnidebitonline.aspx
Beberapa masukan untuk BNI Debit Online
Request VCN BNI Debit Onlie lewat BNI SMS Banking Blackberry App
Request VCN BNI Debit Online lewat BNI SMS Banking Blackberry App

Untuk merequest VCN saat ini hanya sebatas melalui BNI SMS Banking, oleh karena itu rasanya kurang pas bila menyandang predikat “Online” kalau belum bisa request melalui Internet Banking BNI ataupun channel e-banking BNI lainnya.

Meskipun jumlah nominalnya tidak seberapa, namun tarif 1.100 yang di bebankan ke pulsa handphone kami untuk permintaan VCN melalui SMS Banking BNI rasanya agak boros ya, mengingat VCN hanya bisa digunakan 1 kali saja, dan untuk yang doyan promo sales ataupun cashback seperti Istri saya, mau enggak mau harus request VCN berkali-kali untuk dipakai belanja berkali-kali juga.

BNI Debit Online ini rasa-rasanya kurang pas juga buat dijadikan gift ulang tahun ponakan kami, karena BNI Debit Online hanya memiliki masa aktif 1 jam saja, sementara yang namanya windows shopping itu bisa memakan waktu berjam-jam sebelum akhirnya memutuskan untuk shopping beneran. Seandainya saja saat request VCN, ada opsi untuk menentukan masa aktif dari VCN tersebut, misal 1 jam atau 1 hari atau 1 minggu.

Akan lebih menguntungkan lagi bila Penggunaan BNI Debit Online bisa dilakukan untuk transaksi Offline juga, misal dipergunakan untuk pembayaran belanjaan bulanan di kasir supermarket atau pembelian tiket bioskop di loket yang dilengkapi dengan EDC BNI dengan cukup menyebutkan saja nomor VCN dan kode CVC2, pas sekali ya buat yang pelupa bawa dompet tapi ingat bawa handphone seperti saya.

Meskipun pada akhirnya, sisa saldo BNI Debit Online yang tidak terpakai akan di kembalikan utuh ke rekening BNI nasabah, tetap alangkah baiknya bila penggunaan BNI Debit Online untuk berbelanja juga sebaiknya dilengkapi notifikasi berupa SMS untuk transaksi yang sukses maupun gagal dan dilengkapi dengan nilai saldo sisa limit BNI Debit Online.

Kesan-kesan bersama BNI Debit Online
Gagal Request VCN BNI Debit Online...
Gagal Request VCN BNI Debit Online…

Saya punya mix-feeling dengan BNI Debit Online ini.

Bila merujuk ke halaman web BNI Debit Online, fitur ini seharusnya sudah bisa dinikmati asal kita nasabah BNI yang punya kartu debit Mastercard BNI dan sudah melakukan registrasi & aktivasi BNI SMS Banking. Nyatanya fitur ini belum diaktifkan, dan tadi malam akhirnya saya harus merelakan pulsa sebanyak sekian belas ribu hanya untuk menelpon BNI Call di 1500046 untuk mengaktifkan fitur VCN BNI Debit Online ini.

Sudah banyak merchant belanja online yang bekerja sama dengan BNI yang menerima pembayaran dengan metode Debit Online. Untuk merchant yang menerima pembayaran melalui MasterCard juga bisa dilakukan pembayaran dengan Debit Online. Bahkan beberapa merchant online langganan saya, sampai menawarkan promo menarik untuk pembayaran melalui Debit Online.

Namun sayangnya pada salah satu merchant langganan saya, malah mengenakan ongkos administrasi untuk pembayaran belanjaan melalui BNI Debit Online. Jumlahnya sih tidak banyak, tapi ya sangat disayangkan ya bila kita berbelanja dalam jumlah yang kecil namun ongkos administrasi ini tetap dikenakan.

Rasa-rasanya sangat nyaman sekali ya berbelanja dengan menggunakan debit online. Sejatinya aneh sekali bila kenikmatan dari berbelanja online sambil rebahan di kasur, akhirnya harus ternodai dengan usaha untuk keluar rumah dan antri di ATM hanya untuk mengurus pembayarannya. Sehingga seolah-olah, esensi dari “mudah dan nyaman” berbelanja online itu sendiri harus dipertanyakan.

Secara keseluruhan, dengan hadirnya BNI Debit Online, selain semakin mempermudah nasabah sekaligus konsumen dalam berbelanja di merchant online juga sangat menguntungkan penjual, karena pembayaran belanjaan jadi lebih cepat diterima. Dan semoga kedepannya, BNI bisa mempertimbangkan beberapa masukan diatas untuk peningkatan produk BNI Debit Online ini.

One thought on “BNI Debit Online: Kartu Debit rasa Kartu Kredit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s