#Elsaklopedia: Bayi Masa Kini Pegangnya Gadget Bukan Boneka

Mwahahaha... nemu foto jaman pacarannya Papah sama Mamah... mwahahaha... ndeso ah!
Mwahahaha… nemu foto jadul jaman pacarannya Papah sama Mamah… mwahahaha… ndeso tur kamso ah!

Yak kali ini karna pas banget lagi bisik-bisik bapak-bapak tetangga, membahas menyoal anak yang keseringan maen gadget mengakibatkan si anak jadi ngga mau makan, lupa mandi, malas belajar, sampe susah disuruh tidur. Gadget yang dimaksud ya ngga cuman sekedar smartphone ataupun tablet, tapi juga termasuk tontonan TV ataupun console game.

Aku sih langsung makzleb mengingat si Elsa masih bayi, masak iya sih, gadget bisa bikin sampe sebegitunya? Lagian si Elsa itu seneng banget lo sama smartphone punya Mamah dan Papahnya. Kalo pas liat mamah apa papahnya megang smartphone pasti tangannya dia langsung ngawe-ngawe smartphone nya kita berdua, ngawe-ngawe itu apa ya? Hmmm mencoba meraih kali ya? Trus kalo ngga di kasih terus ngamuk sambil njerit-njerit.

Waduh tingkat ketergantungannya udah akut inih!?

Kalo baca-baca di artikel di internet sama pengalaman bapak-bapak itu, gadget bisa mengakibatkan anak lupa waktu dan jadi malas, tidak aktif dan sibuk dengan dunia nya sendiri tanpa peduli dengan orang lain dan lingkungan sekitarnya.

Kalo aku sih cuman ambil positifnya aja, Elsa dikasih gadget boleh, tapi jangan terus-terusan. Papah dan Mamahnya Elsa emang memposisikan gadget itu sebagai “salah satu” mainannya dia, sebab dia juga punya banyak mainan kayak boneka, mainan bola, baby walker, bantal dan barang-barang punya Papah dan Mamahnya yang siap di berantakin oleh Elsa.

Kalo dirasa si Elsa udah kelamaan megang gadget, mamah nya Elsa suka nylimurinnylimurin itu apa ya? Hmm, mbo’ongin kali ya? Mbohongin Elsa dengan ngasih mainan yang lain, atau diajakin ngobrol sampe ketawa-ketawa, atau mainan petak-umpet, diajakin main keluar rumah, atau yang lainnya lah dengan berbagai cara yang bisa terpikirkan saat itu.

Dengan begitu, sampe saat ini Elsa ngga kena efek negatif kebanyakan makan gadget. Dia tetep aja makan nya bringas, tidur ontime dan lama banget, ngamuk ya tetep galak, poop ya ngga bilang-bilang *eh?* terus kalo ada temennya (anak tetangga) ya tetep ngluyurngluyur itu apa ya? Main kali ya? Dan ga disangka-sangka, sekarang dia udah mahir banget lo pake touchscreen, jadi suka narsis minta di foto, udah tau dimana letaknya pemutar video.

Ngasih pinjem si Elsa gadget juga harus hati-hati, ntar kejadiannya ngga kayak yang kapan waktu itu.

Si Elsa pinjem smartphone Mamahnya, Smartphone dikasih, Elsa pun tunyuk-tunyuk touchscreen, karena bosan, smartphone Mamahnya Elsa di lempar. *hiks*

Si Elsa pinjem smartphone Papahnya, Smartphone dikasih, Elsa pun pencet-pencet keyboard, karena lupa di airplane mode, Elsa sukses mengirimkan berbagai macam e-mail, pesan singkat, BBM tentunya dengan isi pesan yang tidak berbentuk kalimat ke beberapa kontak-ku. *ngek*

Si Elsa pinjem smartphone Mamahnya, Smartphone dikasih, Elsa pun tunyuk-tunyuk touchscreen, karena lepas dari pengawasan, beberapa file foto dan video di smartphone Mamahnya Elsa terdelet. *hiks*

Si Elsa pinjem smartphone Papahnya, Smartphone dikasih, Elsa pun pencet-pencet keyboard, karena Elsa sambil maksi, keyboard dan screen smartphone Papahnya penuh dengan nasi. *ngek*

Ya itu aja ya sedikit share mengenai anak kecil khususnya bayi dengan gadget. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s