#Elsaklopedia: Mengenalkan Buah Pada Bayi

Omnomnomnom...
Omnomnomnom…

Elsa tergolong anak yang gampang banget makan deh, maksutnya Elsa tu ngga pernah milih-milih makanan. Dikasih bubur beras doyan, dikasih biskuit doyan, dikasih buah doyan, mungkin kalau di kasih Indomie juga doyan *dikeplak Mamah*

Jadi inget dulu awal-awal ngenalin Elsa buah itu kalo ngga salah buah pisang yang di kerok tengah nya. Dia suka banget sama buang pisang, apalagi kan rasanya manis-manis sepet gitu, tekstur nya juga empuk dan lembut, cocok buat bayi yang belum punya gigi. Pisang cocoklah jadi makanan pendamping asi (MPASI) yang pertama untuk dikenalkan ke bayi. Cuman dulu pernah kejadian, gara-gara keseringan makan pisang, si Elsa malah sembelit. Haduh…

Selain pisang, juga pernah nyobain alpukat. Ini karena abis konsul sama DSA nya Elsa, disarankan untuk mengenalkan Elsa dengan alpukat. Karena konon katanya, Aplukat itu kaya lemak tak jenuh, jadi bagus buat perkembangan otak. Caranya mengkonsumsi juga gampang kok, tinggal dibelah jadi 2 bagian saja, trus kasih separo bagian saja, yang satu nya biar di makan Papahnya terus dagingnya di kerok dan dihaluskan, bisa juga di kasih tambahan susu.

Lalu setelah Elsa mulai tumbuh gigi nya, sama Mamahnya nyobain ngasih jeruk ke Elsa. Dan Elsa pinter banget loh makan nya, buahnya digigit lalu sarinya di sruput sama dia. Sruput tu gimana ya? Di hisap kali ya? Sruppp srupp sruppp gitu. Eh tapi jeruknya jangan yang kecut lo ya, jangan sembarangan ngasih buah jeruk, apalagi jeruk nipis! Kalo dulu sih Mamahnya beli jeruk baby, di supermarket juga banyak kok. Dan jeruk baby ini pas banget buat pengenalan buah ke bayi karena kandungan serat dan vitamin C nya yang tinggi.

Jangan lupa juga makan pepaya, karena pepaya bagus untuk pencernaan bayi. Apalagi kemaren si Elsa abis sembelit parah, poop nya sampe keras, akhirnya di kasih pepaya deh. Pertama sih tengahnya di kerok terus disuapin sama mamahnya. Karena papahnya males ngerok, dan kebetulan si Elsa udah mulai nonggol giginya di gusi atas dan bawah, ya pepaya-nya cuman di potong kecil-kecil trus biar di gigit-gigit sendiri sama dia, kayak foto diatas. Lagian kalo kata orang sih, kalo pas tumbuh gigi gitu, gusinya suka gatal, makanya dia suka gigit-gigit, ya udah gigit pepaya aja deh.

Kalo kemaren sih abis di beliin mamah nya semangka. Maklum, semarang pas panas-panasnya gini, paling enak itu kalo makan buah yang berair. Karena ngeliatan Papahnya klamut-klamut ke-enakan makan semangka, si Elsa jadi pengen juga. Dan ternyata Si Elsa juga doyan lo semangka, emang ini anak itu termasuk omnivora deh, pemakan segala, kalo dia mau pun, remote TV bisa dimakan sama dia. Lagipula, katanya orang-orang, semangka dan jeruk itu sama-sama mengandung vitamin C yang tinggi, cocok untuk jadi antioksidan dan menjaga daya tahan tubuh.

Ya itu aja update kali ini ya, yang perlu di ingat, buah itu penting buat bayi, karena kandungannya yang menyehatkan, tapi jangan sampai buah sampai mengganti asupan ASI ataupun makanan padat lainnya – seperti bubur, lo ya! Mari makan buah… *marut kelapa*

Iklan

One thought on “#Elsaklopedia: Mengenalkan Buah Pada Bayi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s