Pengalaman Ganti Faskes di BPJS Kesehatan Semarang

BPJS Kesehatan Semarang
BPJS Kesehatan Semarang

Jadi hari rabu kemaren akhirnya memantapkan niat setelah pulang dari proses migrasi kartuHALO di graPARI pahlawan, belok ke BPJS Kesehatan yang letaknya di deket Akpol Semarang, lebih tepatnya di jl. Sultan Agung semarang, untuk pindah fasilitas kesehatan tingkat 1 yang tadinya dokter praktek menjadi klinik pratama.

Ya bukan apa-apa sih, soalnya klinik pratamanya lebih deket dari rumah, dan kebetulan juga cocok periksa disana. Dulu sih Faskes tingkat 1 nya milih dokter praktek karena ikut-ikut-an temen kantor aja.

Nah setelah sampe di BPJS Kesehatan, parkir motor dulu dong ya, parkir gratis kok di basement.

Terlihat antrian yang mendaftar BPJS Kesehatan yang sudah mengular. Waduh? Coba iseng-iseng tanya satpam, “Pak mau ganti faskes”… Kemudian dijawab dengan ramah oleh satpam untuk langsung aja naik ke lantai 5 sembari menyerahkan nomer antrian dengan urutan 83. Waduh? Banyak bener ya? Padahal masih jam 10-an lo.

Ya sudah, langsung melenggang naik lift ke lante 5, dan masuk keruang tunggu yang ternyata hanya 3 loket yang buka sementara yang mengantri itu udah penuh banget. Ya mau ngga mau duduk manis dulu deh sambil nunggu nomer antrian di panggil.

Untuk perubahan faskes ini yang dibutuhkan cukup bawa kartu asli keanggontaan BPJS Kesehatan dan menunjukan KTP asli. Kalo saya, berhubung mau ngganti satu keluarga ya saya bawa tiga-tiga-nya dong. Malah bapak-bapak diseblah saya udah siap dengan amunisi lengkap, sampe bawa kartu keluarga segala. Wow!

Ketika nomer antrian saya di panggil, saya cukup melenggang ke counter, lalu ngomong sama mbak CS nya, “Mau ganti Faskes” sambil menyerahkan tiga lembar kartu keanggotaan BPJS Kesehatan. “Ganti Faskes ke mana pak?”… Lalu saya sebutkan klinik pratama pilihan saya, dan mbak CS nya pun ngetik-ngetik komputernya, terus ngeluarin semacam kertas label dan langsung menempelkan nya ke kartu keanggotaan BPJS Kesehatan saya.

Hah? Cuman di tempelin kertas label? Iya, mungkin untuk menghemat waktu kali ya? Daripada harus nyetak kartu baru, lebih baik pakai yang lama saja terus di tempelin kertas label yang bertuliskan Faskes tingkat 1 pilihan kita yang terbaru.

Secara keseluruhan sih, proses penggantian Faskes tingkat 1, cukup cepat ya, kayaknya ngga ada 10 menit. Yang lama itu ngantri nya, karena yang ngantri banyak dan hanya ada 3 loket yang buka. Mungkin ada baiknya kalo kedepannya diberikan faslitas penggantian Faskes tingkat 1 secara online lewat website saja.

Sekian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s