SAMSAT ONLINE SEMARANG II: Bayar Pajak STNK Kendaraan

Samsat Online Semarang Selatan.
Samsat Online Semarang Selatan.

Jadi ceritanya, mumpung masih cuti dan pajak kendaraan bentar lagi jatuh tempo, maka saya pengen nyobain lagi untuk ngurus sendiri, setelah sebelumnya pernah ngurus sendiri di SAMSAT ONLINE DP MALL, dan sebelum-sebelumnya juga pernah minta tolong sama orang.

Karena saya masuk wilayah semarang selatan, maka saya ngglinding ke Samsat Online Semarang 2 Semarang Selatan yang letaknya di jalan setiabudi, persisnya di samping Pondok Serata atau di depannya Banteng Raider.

Kok ngga ke SAMSAT ONLINE DP MALL aja? Jauh sih dari rumah, makanya nyari yang deket aja. Ya sebenernya karna namanya Samsat Online ya, jadinya mau bayar di Samsat DP MALL atau Samsat Semarang manapun ya tetep bisa di layanin.

Yang penting siapin dulu berkas-berkasnya, jangan sampe kelupaan, kalo sampe kelupaan di jamin engga bakal di layanin.

Berkas-berkas yang di butuhkan itu:

  1. BPKB Asli dan Fotokopi. Yang BPKB nya masih ditahan leasing atau Bank harus minta surat keterangan asli dan resmi dari pihak pembiayaan.
  2. KTP Asli dan Fotokopi, KTP harus sesuai dengan nama pemilik dan alamat di STNK dan BPKB.
  3. STNK/PKB Asli dan Fotokopi.

Oke berikut langkah-langkahnya.

Di lantai 1:

Area lantai 1 itu terdiri dari tempat parkir, fotocopy, workshop plat nomor polisi, tempat pengadaan formulir pendaftaran dan tentunya kantin hehehe.

Jadi begini ya, motornya itu di parkir dulu di parkiran *yo mesti!* jangan lupa bayar karcis parkir 1.000 rupiah saja. Hati-hati ya, disekitaran parkiran Samsat banyak calo, saya aja yang baru markir motor langsung di rubung sekelompok orang yang nawarin jasanya. Nda usah pake calo deh, urus sendiri aja, jatuhnya lebih murah, itung-itung biar tahu caranya ngurus sendiri.

Langsung menuju ke tempat fotocopy-an, ada tiga tempat, jadi kalo pas penuh bisa pindah ke fotocopy-an lainnya. Buat yang ngga iklas fotocopy BPKB, KTP dan STNK seharga 2.000 rupiah, silahkan fotocopy sendiri diluar, tapi sebaiknya fotocopy di Samsat saja, sebab mas-mas fotocopy nya udah tau kok bagaimana cara menata berkasnya.

Berkas sudah di fotocopy? Mari langsung menuju ke pengambilan formulir pendaftaran. Silahkan berkas yang udah di fotocopy dan di susun rapi diserahkan ke bapak-bapak staf pendaftaran. Bila antri ya mohon di tunggu sebentar, sudah disediakan kursi buat duduk manis sambil menikmati jajanan di kantin Samsat. Tapi kalo agak lenggang kayak kemaren, bisa nunggu di depan loket, bapak-bapak staf pendaftaran nya akan mengecek berkas nya dulu, terus ngetik-ngetik komputer, terus ngeprint formulir pendaftaran.

Berkas asli dan fotocopy dikembalikan bersama formulir pendaftaran yang isinya data STNK dan rincian biaya sekian rupiah yang harus di bayarkan. Nah siapin uangnya, jangan lupa cek lagi berkasnya jangan sampe ada yang ketinggalan atau kececeran. Lalu langsung menuju lantai 2 lewat halaman depan ya, jangan lewat tangga karyawan, ntar di marahin. *korban*

Di lantai 2:

Udah di lantai 2? Nah pintu kacanya  ngga usah di ketok-ketok kulonowun gitu, langsung saja menuju loket pojok kiri banget dari pintu masuk yang tulisannya “PENDAFTARAN”. Kalo tidak tahu, ada bapak-bapak petugas yang njaga di depan yang siap mengarahkan kita. Tinggal bilang aja “bayar pajak”.

Di loket pendaftaran, serahkan berkas asli dan fotokopi nya bersama dengan formulir pendaftaran dari loket di lantai 1 tadi. Nanti ini akan di periksa lagi di bagian pendaftaran dan dituker dengan nomer antrian. Yang di kembalikan adalah BPKB asli, tanda terima rincian pembayaran dan nomer antrian, sisa nya di tahan untuk pengecekan lanjutan.

Tanda terima Rincian Biaya, Nomer Antrian dan BPKB Asli.
Tanda terima Rincian Biaya, Nomer Antrian dan BPKB Asli.

Ya udah duduk manis dulu deh sambil nunggu di panggil.

Kalo sudah di panggil nomer antriannya, silahkan maju ke loket “PEMBAYARAN”. Letaknya persis ditengah. Serahkan kertas nomer antrian, tanda terima rincian biaya dan sejumlah uang. Mbak kasir akan menukarnya dengan PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) kita yang lama, yang selanjutnya akan di kumpulkan di loket “PENGAMBILAN” yang letaknya di sebelah loket “PEMBAYARAN” tadi.

Kumpulkan PKB lama kita, abis itu duduk manis nunggu di panggil lagi. Biasanya manggilnya itu gerombolan, rombongan, sekalian banyak.

Udah di panggil? Nah silahkan maju ke loket untuk terima berkas. Tolong di cek lagi ya, yang diterima itu harusnya STNK asli, PKB asli, KTP asli dan sampul plastik yang dengan brutalnya di steplesin sama petugasnya. BPKB asli sudah kita terima sewaktu di loket “PENDAFTARAN”.

Terus? Ya pulang dong, ngapain lama-lama di situ?

Kalo saya hitung-hitung sih lebih cepat di SAMSAT ONLINE DP MALL, sebab tidak melalui proses fotocopy dan pengambilan formulir pendaftaran. Tapi kalo soal nyaman, ya tetep enak di Samsat Online Semarang 2 ini, sebab ruangannya gede, adem dan di lantai 1 ada kantin dengan beraneka ragam jajanannya.

Yak sudah, segitu aja dulu ya, semoga bermanfaat infonya. Adios!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s