Ketika Anak IT Dimintain Tolong #goforit

Gini ini gaya anak IT kalo kerja...
Gini ini gaya anak IT kalo kerja…

Banyak yang mengaitkan gaya hidup seorang anak IT sebagai seorang geek. Itu lo kalo menurut Wikipedia, geek itu pecandu teknologi, ahli komputer, sampe dengan orang yang di anggap “terlalu” intelek. Kalo gua sih seneng-seneng aja, gua sebagai professional IT di kantor, kalo sampe dianggap terlalu intelek, mesikpun IPK kuliahan gua ngga setuju dengan anggapan teman-teman di kantor.

La gimana ngga di katain geek coba? Style kerja-nya aja udah ber-kacamata, ber-headphone, tangan kanan pegang laptop, tangan kiri nentengin handphone Smartfren 4G LTE Advanced, mata terpaku ke monitor, ngomongnya bahasa planet, keluar ruangan juga cuman kalo mau ke toilet-jam makan siang-atau tugas mobile.

Anggapan geek itu sendiri kadang-kadang juga membawa hikmah tersendiri lo, karena orang-orang di kantor jadi sering menganggap kita itu seorang dewa komputer, dan tahu segala jenis permasalahan seputar komputer. Makanya ngga jarang kalo pas gua lagi jalan di koridor kantor, anak-anak accounting dan marketing pada minggir-ngasih jalan semua.

Sejatinya, seorang IT itu wajib hukumnya untuk mempersenjatai diri dengan 1 device yaitu smartphone lengkap dengan amunisi paket internet cepat. Ya ini bukan cuman buat sekedar gaya-gayaan saja, tapi intinya sih, biar kalo pas nemu problem yang rumit, gua sih tinggal nyari-nyari aja di internet solusinya, terus kalo udah ketemu ya tinggal di cobain aja sambil mangut-mangut… hmm ya ya… tuh udah bisa… beres!

Temen-temen kantor tentunya hanya bisa bengong, takjub dan terheran-heran dengan betapa handalnya kita anak-anak IT dalam memberikan solusi. padahal ya itu semua berkat smartphone dan internet. Maklum saja, di jaman serba digital kayak gini, semua jenis informasi itu sudah tersedia di inernet dan bisa dengan mudah di peroleh hanya dengan menggunakan gadget yang memadai.

Ah, lagian kan ngga mungkin dong kalo pas anak IT dimintain tolong, ternyata problem udah mentok tanpa solusi, terus ditinggal kabur sambil ngomongnya “Install ulang aja dah” ato “Udah matiin dulu terus idupin lagi” ato favorit ku “Harus ganti baru nih”. Itu kan ngga anak IT banget dong? Nanti malah bisa kena cap “IT Abal-abal”.

Eh, sedikit cerita mengenai “dimintain tolong”, ternyata teman-teman kantor yang minta tolong itu seringnya ngga cuman masalah tentang komputer aja loh, banyak juga yang aneh-aneh. Misal nih:

Anak IT jadi tempat nanya-nanya gadget.

Udah sering banget lo saya di timpukin pertanyaan-pertanyaan yang kayak gini:

~Mas! Harga Andromax R sekarang berapaan ya? Yang R ya? Yang ruar biasa keren nya itu looo…
~Mas! Itu Andromax Q sama Qi itu harganya mirip-mirip, apa ada beda spek ya?
~Mas! Buat budget limit, mendingan mana? Andromax Ec apa Andromax Es?

Ngga sebatas cuman nanya gadget aja lo, pernah juga kejadian ada yang nanya-nanya cara install aplikasi, cara bikin email account, caranya make messenger, ndaftarin paketan internet, bahkan ada juga yang nantangin adu kecepatan internet.

Kalo udah kayak gini sih biasanya, smartphone Smartfren di kantong saya keluarin, dan langsung browsing-browsing ke web toko online langganan, nyari-nyari blog yang me-review gadget yang di maksud, atau website dengan informasi tutorial, sampai dengan nge-youtube untuk sekedar streaming video unboxing. Yang biasanya bisa baca-baca sendiri di brosur atau leaflet sekarang udah bisa cari-cari sendiri di Internet deh.

Begitu ketemu gadget yang di tanyain, smartphone Smartfren langsung saya tempelin ke muka si tukang tanya, biar dia nonton sendiri sampe puas. Dan karena pake jaringan 4G LTE Advanced, nonton youtube ngga buffering terus dong, lancar jaya, kayak bus luar kota aja?

Anak IT jadi gudangnya MP3 ter-anyar dan ter-lengkap.

Belom lagi kejadian-kejadian yang berbau ilegal, macam minta download-in MP3.

~Mas ada lagu baru ngga’? Copy dong copy…
~Mas download lagu nya Raisya dong!
~Eh lagunya lady gaga bagus ya? Punya MP3 nya ngga’ mas? Download ya? Download…

Ya mentang-mentang anak IT itu penguasa internet kantor, terus jadi tempat requestnya download-an MP3. Ya bukannya ngga mau, tapi coba di pikir dulu bos, download sembarangan itu resiko nya lebih gede daripada enaknya tauk. Apa elu yakin mp3 yang elu download itu suaranya ngga cempreng? Apa elu juga ngga kawatir kalo yang elu download itu di susupin virus? Belom lagi elu bisa di jerat UU ITE loh!

Makanya daripada resiko, coba deh layanan streaming tanpa putus-putus musik-musik terbaru dengan kualitas Dolby dari aplikasi SmartMusic nya Smartfren! Biaya berlangganannya juga murah banget! Udah gitu koleksinya sampe 3-juta-an dan always up-to-date loh! Buruan deh daftar di SmartMusic dan nikmati musik tanpa batas. Tapi download dulu dong aplikasinya di sini.

Anak IT jadi tukang mata-mata.

Sejak sosmed merajalela, anak IT suka jadi sasaran tanya-tanya info dari beberapa teman untuk sekedar mencari profil seseorang.

~Eh si Itu anak Accounting, katanya pernah jadi model loh! Coba mana sini Instagramnya! Penting nih buat kerjaan!
~Eh si Itu anak Accounting, kayaknya masih jomblo deh! Coba mana sini Facebooknya! Penting nih buat kerjaan!
~Eh si Itu anak Accounting, mana sini nomer handphonenya! Tadi dicariin kakaknya dari jakarta!

Ngga cukup sekedar tanya-tanya aja lo, malah pernah juga ada yang minta hack-in facebook nya orang karena saking bencinya sama pemilik facebook. Usut-punya-usut ternyata itu facebook mantannya. Waduh? Ini nih namanya pelanggaran privasi nih, hahaha. Tapi ya mau gimana lagi? Namanya juga era digital ya? Rasa-rasanya untuk mengetahui profil seseorang, ngga perlu ketemu face-to-face lagi dong? Cukup buka aja account sosmed nya saja.

Haha! Gua rasa sebagai sesama anak IT pasti deh ada juga kejadian-kejadian lucu laennya, saya sih bersyukur dan bangga aja sih, lifestyle gua sebagai anak IT bisa mbantuin menyelesaikan masalah orang lain, meskipun belom tentu juga ada hubungannya sama sekali dengan job desc gua dikantor dan ngga jarang juga gua suka nepok jidat sendiri begitu abis denger permintaan tolong dari teman-teman kantor yang aneh-aneh itu.

Yah tapi tetep saja, bila di rasa permintaan tolong tersebut masih masuk ke norma-norma kepatutan, terlepas bagaimanapun anehnya, lucunya, dan absurdnya permintaan tolong tersebut. ya pastilah gua sebagai professional IT dan teman yang baik tetap akan membantu.

Yak sekian aja postingan saya kali ini ya, ini sekaligus untuk mengikuti lomba blog Smartfren dan Blogdetik.

One thought on “Ketika Anak IT Dimintain Tolong #goforit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s