Anak Metal Kalo Ngulik Chord Gitar Pakek LangitMusik Dong!

 

Sekarang ngulik chord gitar pake LangitMusik dong...
Sekarang ngulik chord gitar pake LangitMusik dong…

 

Masih ingatkah anda dengan band pertama anda? Kalo gua masih dong, gua pertama kali bikin band itu waktu jaman masih SMA. Apalagi setiap kali sekolahan ngadain pensi – pentas seni, ngga jarang gua dan temen-temen band gua ikutan ndaftar di acara ini.

Nah agar kemampuan tampil bisa maksimal, para member band biasanya pada ngulik-ngulik lagu tuh. Ngulik lagu itu istilah kerennya dalam proses mencari chord atau struktur kunci dari sebuah lagu. Cara jaman gua dulu sih, genjreng-genjreng gitar sambil dengerin kaset nya di tape, sambil jangan lupa catetin lirik dan kuncinya di selembar kertas ya! Kalo udah gitu, baru deh kita coba bawain lagu nya di studio band rentalan yang taripnya dulu sejamnya 15ribu.

Wah gila bener, itu emang pengalaman dan kenangan yang sangat menyenangkan banget, gua ngga nyangka udah lewat 15 tahun yang lalu pertama kali gua bikin band, ngulik lagu sampe dengan nge-pensi bareng anak-anak di sekolahan. Sekarang gua ma temen-temen emang udah ngga nge-band lagi, maklum sekarang udah pada kerja, otomatis prioritas utama sekarang ke keluarga. Tapi ya jujur sih, gua kangen juga masa-masa itu.

Ah gua cobain kontak kawan-kawan lama buat janjian kapan ngeband di studio bareng lagi. Eeeh… gayung bersambut, ternyata kawan-kawan juga rindu banget aroma studio musik langganan kita dulu. Apalagi pas masih masuk liburan lebaran gini, kebetulan kawan-kawan pada balik kampung semua, jadinya mumpung pada bisa ngumpul.

Semangat nge-rock gua balik lagi deh! Langsung aja gua samber gitar listrik tua gua, ganti senar, cari-cari sound lagi di efek dan amplifier dan mulai deh dengan lagu kenangan band kita dulu yang membawa kita jadi salah satu jawara pensi band di SMA dulu… Slank dengan lagunya I Miss But I Hate U.

Tapi sialnya, gua lupa naro itu kaset dimana? Apa dipinjem temen tapi lom di balikin ya? Sumpah gua lupa. La trus gimana? Mau minjem temen juga belom tentu ada yang punya, mau download takut kena virus, beli juga nyari dimana?

Iseng-iseng gua google, eh kok ya nemu web ini ya: LangitMusik gua coba explore sekilas… Woh ternyata ini nih yang gua cari-cari, gudangnya lagu yang bisa di download dan streaming dengan aman dan nyaman, bisa lewat Android, Blackberry ataupun PC. Katalognya juga sampe 1juta lagu loh! Asik bener nih! Gua cobain dulu deh!

Ini tampilan utamanya! Login atau Daftar?
Ini tampilan utamanya! Login atau Daftar?
Ayo ndaftar dulu, biar puas pilih paket Premium 30 Hari dong!
Ayo ndaftar dulu, biar puas pilih paket Premium 30 Hari dong!
Ayo Login dulu pake No.Telkomsel mu! Password dikirimkan lewat SMS lo...
Ayo Login dulu pake No.Telkomsel mu! Password dikirimkan lewat SMS lo…
Ini tampilan home screen setelah login.
Ini tampilan home screen setelah login.
Pilihan Menu nya sangat komplit, navigasinya pun mudah...
Pilihan Menu nya sangat komplit, navigasinya pun mudah…
Ada kategori "Mood"
Ada kategori “Mood”
Sayang lagunya ngga lengkap...
sayang lagunya ngga lengkap…

Eh jangan lupa registrasi lo ya, pilih paketnya jangan yang tanggung-tanggung dong, yang Premium 11ribu sekalian ah, streaming dan download lagu sak puase. Cara ndaftarnya bisa lewat aplikasi LangitMusik ato bisa juga dengan bukak PC dan menuju web LangitMusik.com

Sayang beribu sayang, aplikasi LangitMusik ini ngga support Blackberry dengan OS 10, supportnya hanya untuk OS 7 kebawah. Waduh gimana ya? Eeeh… pinjem Androidnya istri aja deh. Hehehe… Cukup cari aja aplikasinya di Google Play dengan keyword “LangitMusik” terus download deh.

Dan karena login ke LangitMusik, itu pakai nomer handphone, tetep ngga masalah dong gua loginnya di handphone android punya istri ataupun ke PC, meskipun gua ndaftarnya pake nomer telkomsel yang di blackberry gua. Sangat fleksibel sekali metode registrasi dan login nya ya? Gua suka ini!

Setelah login, kita pun diarahkan ke menu Discover dimana sudah ada beberapa kategori macam Lagu Baru, Favorit, Social Playlist, Mood dan lain-lain, yang menurut gua sih kurang gua banget. Menu Discover ini cocoklah buat mereka yang lagi nyari-nyari lagu-lagu terbaru tapi kehabisan ide dan ga tau lagu-lagu yang lagi ngetrend itu apa aja, tapi yang sayangnya kalo buat gua sih lagu-lagu yang di tampilkan bukan alirannya gua banget. Ya gua maklum, mungkin selera gua saja yang masih stagnan di era tahun 80-90an.

Mata gua pun tertuju ke kategori “Mood”. Kategori macam apa ini? Ada Party, Happy, Angry, Galau? Apakah ini mood-mood yang lagi ngetrend saat ini? Saat gua tap kategori “Angry”, pilihan lagunya pun sedikit sekali, itupun dari band-band yang tidak gua kenal, judul lagu nya pun tak familiar.

Hmm… sedikit saran untuk kategori ini “Mood” ini, harusnya pengguna boleh dong men-tag lagu-lagu favoritnya mana saja yang ada di katalog LangitMusik, supaya masuk kedalam kategori “Mood” ini. Dan harusnya kategori “Mood” ini ngga hanya terbatas pada 4 kategori tadi, misalnya mood lagi freak out di kejar deadline kerjaan, ato lagi flat pas lagi bete.

EDANE ada di katalog LangitMusik
EDANE ada di katalog LangitMusik
Bahkan album terbaru EDANE juga ada!
Bahkan album terbaru EDANE juga ada!
Ada kategori Rock Indonesia yeah!
Ada kategori Rock Indonesia yeah!

Agak kurang puas dengan kategori “Mood” dan daftar lagu yang lagi nge-trend di “Discover”, gua jadi agak gimana gitu, agak-agak ngga yakin juga nih sama LangitMusik, takutnya sih katalog yang katanya 1.000.000 lagu itu jangan-jangan ngga ada satupun dari era yang gua banget.

Iseng-iseng karena penasaran coba deh gua “Find” saja dari menu, terus gua ketik salah satu band rock tanah air yang bener-bener meng-inspirasi gua belajar gitar, yaitu “EDANE”. Jrenggg jreeeeng…. Wah! Gua tarik lagi deh kalimat gua yang bilang ngga yakin sama LangitMusik. Ternyata album Edane jaman 90an, masuk katalog LangitMusik. Album terbaru nya EDANE pun ada! Sangar bener ini LangitMusik!

Menu Find ini menurut gua sih cukup praktis ya, cukup ngetik satu keyword nya saja, bisa nama artis, atau judul lagu, atau nama album, maka aplikasi LangitMusik langsung melakukan pencariannya yang menyeluruh. Tampilan hasil pencariannya juga di bedakan apakah itu judul lagu, album ataupun nama artis. Bagus banget ya, soalnya pernah saya coba ketik keyword “Crazy” trus muncul beberapa artis yang judul lagunya ada kata “Crazy” nya, jadinya ini biar ngga salah pilih lagu ceritanya. Fleksibel sekali.

Di menu Catalog nya pun terdapat berbagai macam genre atau aliran musik tanah air sampai dengan luar negeri. Cuman sayangnya menurut gua sih, jenis genre nya juga kurang lengkap ya, misalnya kalo gua mau ndengerin lagu-lagunya J-Rock Star, gua jadi agak bingung juga sih harus nyari di “Indonesia Rock” atao “Japanese Rock”? Nah makanya, coba kalo ada pilihan tambahan misal kayak Catalog by artist dan Catalog by album, jadi ngga terbatas cuman sekedar di katalog-in berdasarkan genrenya saja.

Sebenernya untuk browse lagu berdasarkan artist ataupun album bisa menggunakan menu “Find” sih, cuman kayaknya lebih enak kalo menu “Catalog” nya bisa lebih fleksibel lagi, biar lebih gampang buat nyari track lagu favorit.

Rasa-rasanya juga, menu Catalog ini juga kurang sip kalo ngga ada tambahan menu request lagu dari pengguna LangitMusik. Ya semoga fitur ini kedepan nya bisa di-ada-in. Ya intinya sih, cuman supaya LangitMusik, dalam meng-update katalog lagu nya, juga memperhatikan request dari penggunanya, ngga cuman sekedar berdasarkan yang lagi ngetrend saat ini.

Nemu lagu nya Slank nih!
Nemu lagu nya Slank nih!
Lengkap dengan liriknya lo!
Lengkap dengan liriknya lo!
Yak mari di download!
Yak mari di download!
Proses download nih!
Proses download nih!
Setelah di download, siap untuk ngulik lagu!
Setelah di download, siap untuk ngulik lagu!

Pas gua tap “Indonesia Rock”, ya terus terang aja ya, gua terpukau dengan banyaknya kumpulan musik yang gua banget! Ada jamrud, ada EDANE, ada Seurieus, eh terus nemu Slank! Waini! Wah ini nih, nemu lagu yang gua banget, Slank I Miss U But I Hate U… coba deh gua tap dulu.

Kualitas audio nya saat gua streaming itu ternyata jernih dan bagus, tapi sayangnya informasi tambahan dari audio yang di streaming ini tidak dimunculkan, jadi gua ngga tau ini kualitasnya berapa bit, dan suaranya yang jernih itu apa karna emang kualitas audionya yang bagus, karena speaker handphone gua yang oke atau bahkan ear-phone gua yang jos?

Streamingnya juga lancar dan ngga patah-patah. Mungkin karena pake jaringan Telkomsel ya? Apalagi koneksi handphone istri saya, jalan di HSDPA. Tapi gua belom nyoba kalo menggunakan koneksi WiFi gitu bisa jalan ngga ya aplikasi ini? Kan sayang banget kalo streaming lagu dengan kualitas bagus harus terhambat gara-gara quota internet abis.

Karena ngulik lagu itu modelnya rewind dan fast-forward, maka boros banget dong kalo gua streaming, bisa-bisa quota internet gua habis deh. Eh ternyata ngga masalah loh dengan aplikasi LangitMusik ini, karena bisa di download! Nanti file nya tersimpan di folder “My Music” di dalam aplikasi LangitMusik ini. Jadi kalo buat ngulik lagu, enakan gini nih, di download dulu lagu nya, lalu di dengerin sambil pegang gitar.

Enaknya pake aplikasi LangitMusik ini, lumayan hemat duit loh! Soalnya cukup dengan 11 ribu, kita bisa streaming dan download lagu-lagu pilihan kita sesuka hati, sudah gitu bisa di bikin jadi playlist dan di share lagi, jadi ngga perlu rempong milih-milih kaset yang ternyata udah beda band, beda album, beda kaset, dan ternyata harus beli kaset nya dulu, ya padahal cuman mau ndengerin 1 atau 2 lagu doang tuh!

Pokoknya beda deh ngga kayak jaman gua dulu pas ngulik lagu, kalo dulu lagu yang kita mau ternyata bisa ada di kaset yang berbeda-beda, sudah gitu, track nya pas ditengah-tengah pula, jadinya kalo pas mau lagu yang itu harus nyari kaset nya dulu trus di fast forward di kira-kira sampe awal lagu, kalo kelewatan ya tinggal di rewind, trus kalo mau ganti lagu yang ini ya ganti lagi kaset nya deh, trus fast forward lagi sampe di awal lagu. Mau ngulik lagu aja rempong bener ya?

Dan yang pasti, udah ada liriknya juga, jadinya kalo mau ngulik lagu ngga perlu buka-buka booklet kaset nya ataupun search dulu di google sampe dengan tebak-tebakan lirik pas lagunya di puterin di tape.

Wah gua jadi semangat ngulik lagu nih! Apalagi ini kawan-kawan band semasa SMA dulu udah mulai pada berdatangan nih! Udah dulu ya, mau nge-rock dulu sama LangitMusik nih! Dan Aplikasi LangitMusik highly recomended buat yang suka ngulik lagu! Overall, gua puas lah pake aplikasi LangitMusik, langganannya murah, katalognya lengkap, pencarian lagunya mudah dan pengoperasiannya pun ngga ribet.

Kompetisi Langit Musik

Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review Aplikasi Langit Musik kerja sama Langit Musik dan Warung Blogger

One thought on “Anak Metal Kalo Ngulik Chord Gitar Pakek LangitMusik Dong!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s