Prestasi Pelayanan Nasabah BNI Terbaik Dan Diakui Dunia

Prestasi BNI sebagai “The Most Reliable Bank” dan “The Best Cash Management Bank” adalah prestige yang sangat membanggakan, nilai jual dan pencitraan BNI tentunya semakin cemerlang baik di dalam negeri maupun luar negeri. Dengan hasil kinerja keuangannya yang sangat baik ini juga imbas langsungnya adalah ke kepercayaan investor dan calon investor yang meningkat, nasabah BNI pun bangga terhadap pilihan institusi perbankannya, dan publik pun semakin yakin memilih BNI sebagai salah satu lembaga perbankan untuk mengelola asetnya.

Kinerja keuangan hanyalah salah satu unsur dari sekian banyak unsur sebuah bank dapat dikatakan “Reliable” ataupun “Best”. Unsur lain yang tidak kalah pentingnya adalah, Customer Service. Pelayanan nasabah adalah salah satu bentuk tanggung jawab sebuah lembaga terhadap produk-produk yang di jualnya ke nasabah. Oleh karena itu, pemahaman terhadap sebuah produk, analisa permasalahan dan kebutuhan nasabah, sampai dengan tehnik komunikasi dan psikologis yang baik sangat di perlukan dalam menghadapi nasabah yang tentunya beraneka-ragam jenisnya.

Menurut saya, indikasi bahwa sebuah lembaga memiliki Customer Service yang baik adalah, dari kecepatan dan ketepatan dalam meng-handle permasalahan. Lenggangnya ruang tunggu counter Customer Service, itu biasanya meng-indikasikan 2 hal. Karena produk yang di jualnya sangat bagus sehingga tidak ada nasabah yang complain, atau justu ada nasabah yang complain tapi karena penanganannya baik maka complain cepat terselesaikan. Dan saya yakin, tidak ada lembaga keuangan yang tidak pernah di complain nasabahnya. Jangankan complain, sebuah pertanyaan absurd pun wajib di ladenin oleh Customer Service.

Customer Service juga di tuntut untuk ber-evolusi untuk memanfaatkan semua media yang ada demi menjangkau nasabah dan kepuasan nasabah itu sendiri. Customer Service yang konvensional dan paling umum adalah Walk-in Customer Service, atau Counter Customer Service, dimana terjadi tatap muka fisik antara nasabah dan customer service, biasanya terdapat di gerai, kantor cabang ataupun kantor pusat. Dan bila anda tidak sabar menanti nomor antrian anda di panggil, maka sudah ada Customer Service digital dalam bentuk layanan telepon atau juga melalui media sosial seperti twitter dan facebook.

Seperti halnya BNI, pelayanan terhadap nasabahnya tidak hanya mengandalkan channel Walk-In Customer Service saja, bahkan sudah di kembangkan dengan adanya BNI Call, layanan Customer Service by phone dengan nomer akses 500046. Dengan akses nomor singkat dan mudah diingat ini, nasabah akan semakin yakin menghubungi pihak yang tepat pada saat membutuhkan informasi, transaksi perbankan, serta penanangan keluhan baik melalui telepon, fax, email, dan surat. Bahkan dengan adanya facebook BNI46 dan twitter BNI46. BNI seolah-olah tidak ingin ketinggalan jaman hanya dengan mengandalkan cara konvensional dalam menjangkau nasabahnya.

ke2   ke5 ke6

Menjadi seorang Customer Service pun itu tidak mudah, karena mereka harus bener-bener paham sama produk yang di jualnya. Produk yang jumlahnya sekian banyak itu pun harus mereka kenali luar-dalam, sebab seorang Customer Service tentunya harus memberikan jawaban yang memuaskan dan tentunya benar bila seorang nasabah menanyakan informasi ataupun mengeluh perihal sebuah produk dan layanan. Penyampaiannya pun harus dengan baik pula, tenang, informatif dan tentunya problem solving, sekalipun nasabah yang di hadapinya menjengkelkan, banyak tanya, dan yang meledak-ledak emosinya seperti saya.

Pernah, pengalaman saya adalah ketika saya mentransfer sejumlah uang ke rekening istri saya, namun gagal transfer, karena di rekening istri saya uang tidak masuk tapi di rekening tabungan saya sudah terdebet. Marahnya saya bukan kepalang, karena uang itu jumlahnya tidak sedikit apalagi keperluan untuk uang itu juga penting dan mendesak.

Sebagai nasabah yang dirugikan, haknya saya adalah menyampaikan keluhan (dengan emosi) di Walk-In Customer Service BNI dan kewajibannya Customer Service adalah membantu menyelesaikan keluhhan saya. Dengan sisa-sisa emosi yang masih tidak terima karena melihat uang yang raib begitu saja, setelah selesai dengan Walk-In Customer Service, saya pun lagi-lagi langsung melanjutkan mengumbar sisa-sisa emosi saya di Twitter BNI46 dan BNI Call.

ke11

Permasalahan pun akhirnya memang selesai dalam kurun waktu 1×24 jam, tapi yang membuat saya salut adalah bukan karena cepatnya masalah ini terselesaikan, tapi karena ketenangan dan kesabaran dari Customer Service BNI dalam memproses ke-emosi-an saya, menampung semua kritik saya dan akhirnya mencarikan penyelesaian masalah ini dengan cara yang tepat-cepat-dan terbaik.

Keberadaan Customer Service dianggap sangat perlu sekali untuk menjembatani pertanyaan dan keluhan-keluhan dari seorang nasabah dengan lembaga keuangan pilihannya, tentunya dengan satu tujuan yaitu memperbaiki kekurangan agar lembaga keuangan yang sudah mendapatkan kepercayaan dari nasabah menjadi lebih baik dan lebih maju lagi.

Terima kasih BNI, semoga di ulang tahunnya yang ke 69 ini, BNI Semakin Berprestasi dan Berbagi Untuk Negeri dan juga saya pribadi sebagai nasabah BNI ikut mengucapkan selamat atas penghargaan Best Customer Service in Mid- Size Inhouse dan Best Help Desk dalam ajang Contact Center World tingkat dunia yang diselengarakan di Las Vegas, Amerika Serikat pada tanggal 10-15 November 2014. (Link terkait penghargaan dari Contact Center Wolrd: https://goo.gl/QGOxoz)

Sebuah kebanggaan bagi saya yang telah memilih BNI sebagai pengelola aset finansial saya.

keB

 

Tinggalkan Balasan

