ST3 Telkom, Pakar Telematika Asal JATENG…

Kontes Blos ST3 TELKOM
Kontes Blos ST3 TELKOM

Sebelum saya membahas menyoal ST3 Telkom, perkenankan saya mengucapkan happy birthday yang ke-2, selamat dies-natalis yang ke-2 untuk ST3 Telkom.

What’s on Your mind about ST3 Telkom Purwokerto?

Jujur? Saya ngga pernah dengar institusi tersebut.

Tapi kalo pertanyaannya “Purwokerto” tentu saja saya tau.

Bahasanya yang ngapak, tempat wisata baturaden dan tentu saja yang tidak ketinggalan adalah tempe mendhoan nya yang khas.

Iya saya lumayan tau banyak tentang purwokerto, mengingat kampung istri saya yang di purworejo dan beberapa teman kantor saya yang juga lulusan salah satu universitas terkemuka di purwokerto yang kalo pas pulang kampung saat idul fitri sering bawa oleh-oleh keripik tempe ataupun gethuk goreng.

ST3 Telkom Purwokerto emang terdengar agak asing buat saya, sebab saya lebih familiar dengan yang namanya STT Telkom, tapi itu lokasinya di bandung, bukan di purwokerto.

Tapi ya karena penasaran boleh dong kita cari tau lebih lanjut menyoal ST3 Telkom di Purwokerto itu.

Kalo kita ambil keyword nya “TELKOM” dari kata ST3 Telkom Purwokerto, yang pertama kali saya pikirkan adalah institut ini dikelola oleh PT. TELKOM salah satu dan satu-satu nya telecom giant di Indonesia.

Kalo baca-baca “About us” nya ST3 Telkom (http://st3telkom.ac.id/about-us/) ST3 Telkom ini menurut saya sih bisa dianggap sebagai adik nya STT Telkom Bandung ya?

Meskipun kualitas pembelajaran dan pengelolaannya sama, oleh PT TELKOM, tapi STT Telkom ini usia nya baru 2 tahun, sedangkan STT Telkom seingat saya (dan dibenarkan teman saya yang urang bandung) berdiri sekitar tahun 90-an.

Sebelumnya, institusi ini menyandang title “Akademi”, tapi karena berhasil mencetak alumnus di bidang telekomunikasi dan ternyata satu-satunya lo institusi pendidikan yang punya spesialisasi progdi Tehnik Informasi dan Telekomunikasi di jawa tengah. makanya langsung upgrade jadi “Sekolah Tinggi”

Apa sih sebenarnya yang mendasari kita dalam memilih-milih sebuah institusi pendidikan?

Kalo buat saya sih ada 2 hal, pertama prospek lulusan dan yang kedua adalah minat kita sendiri ada di bidang apa.

Coba kita ngobrolin soal prospek dari ST3 Telkom ini.

Prospek kedepan untuk lulusan dari ST3 Telkom ini menurut saya potensial sekali. Karena dunia telekomunikasi dan informasi itu menurutku sih luas banget, selalu berkembang, perkembangannya juga cepat dan kebutuhannya juga tinggi.

Ambil contoh saja ya? Sepuluh tahun lalu telekomunikasi masih sebatas 2G ato GPRS, dimana saat itu komunikasi paling laris adalah SMS dan Misscall.

Secanggih-canggih nya gadget yang kita punya pun paling hanya sebatas pemutar musik, game java dan kamera ber-resolusi VGA, nothing what so ever ada hubungannya dengan peningkatan efisiensi produktifitas dengan memanfaatkan telekomunikasi.

Sekarang kita fast forward ke present day yah, dimana para penggemar gadget haus akan kecepatan dan kestabilan jaringan komunikasi, bukan hanya untuk sekedar telepon ataupun SMS, bahkan untuk push-emaildownload, browsing, bahkan sampai dengan streaming youtube.

Para provider telco pun mau tidak-mau harus mulai memanfaatkan jaringan 3.5G dan 4G

Produsen gadget pun berlomba-lomba untuk meng-claim merekalah yang pertama yang mendukung penuh jaringan ini.

Begitu juga dengan perusahaan-perusahaan besar yang mengandalkan jaringan telekomunikasi untuk memasarkan produknya, melakukan transaksi online sampai dengan melakukan riset terhadap konsumennya, seiring dengan perkembangan industrinya dalam menghadapi kebutuhan data dan informasi yang semakin banyak.

Makanya, para provider telco, apalagi pada masa-masa hebohnya 4G gini, pastilah memburu para jagoan-jagoan lulusan teknik telekomunikasi dan informatika ini. Dan pasti udah kebayangkan sallary yang menggiurkan bila mendapatkan job offer dari perusahaan-perusahaan telco terkemuka?

Ini kita baru ngomongin soal present day belum yang future daynya lo.

Banyak yang beranggapan kalo lulusan dari ST3 Telkom Purwokerto maupun STT Telkom Bandung hanya bisa bekerja di PT. TELKOM saja, semacam ikatan dinas. Tapi kalo merujuk di Alumni Workplace (http://st3telkom.ac.id/alumni-workplace/) , laman kerjasama (http://st3telkom.ac.id/cooperation/), beberapa info dari teman dan juga forum kaskus, banyak yang meng-infokan kalau lulusan ST3 Telkom banyak di buru juga oleh perusahaan lainnya bahkan provider telco asing.

Sedikit menyinggung soal minat dalam menentukan institusi pendidikan,

Sebagai informasi, saya adalah seorang software engineering dengan ijazah S1 akuntansi. Dan tidak, saya tidak salah jurusan dan saya tidak menyesal dengan gelar SE dibelakang nama saya. Ini semua karena IT adalah hobi saya, tapi saya melihat seorang akuntan memiliki prospek kerja yang luas.

Maka sekarang, jadilah saya seorang Accounting Software Programmer di perusahaan saya yang sekarang. Sebuah dream job yang menjadi kenyataan buat saya pribadi.

Para lulusan Teknik Informatika dan Telekomunikasi dari ST3 Telkom Purwokerto ini diharapkan mampu untuk menerapkan ilmu, keterampilan dan dengan menggunakan alat yang tempat mampu menganalisis dan menyelesaikan masalah-masalah di seputar dunia telekomunikasi. Dan buat yang penasaran, tertarik dan berminat dengan permasalahan-permasalahan seputar dunia itu bisa sekolah disini lo.

Jadi kalo boleh saya simpulkan sedikit, sekaligus menjawab pertanyaan diatas, apa yang saya pikirkan ketika terbesit kata ST3 Telkom Purwokerto? Sebuah perguruan tinggi swasta satu-satunya dengan program studi langka yaitu Tehnik Informatika dan Telekomunikasi di Jawa Tengah yang di dukung penuh oleh PT TELKOM, dengan prospek lulusan yang sangat baik.

One thought on “ST3 Telkom, Pakar Telematika Asal JATENG…

Tinggalkan Balasan

