Penyakit Kambuhan: Banjir Di Musim Hujan!

Yuhu semarangers! Ini udah bulan november, udah mulai masuk musimnya penghujan. Dan untungnya sampe detik ini kantor belom banjir. Fiewh! La gimana cobak? Itu kantorku di daerah bubakan sanah! Semarangers pasti ngerti, la sopir angkot aja apal kok, kalo udah ujan deres, mana ada sopir angkot yang mau nrayek sampe sana? Lawong banjir parah gitu kok!

Sedikit screenshot:Iki ng ngarep hotel djelita sebrang kntr. Cendrawasih..Hasil jepretan org telkomsel X_X _$

Kejadian kayak gitu tuh penyakit tahunan lo, makanya kalo udah mulai masuk musim penghujan gini, apalagi kalo pas udah mau jam pulang kantor trus ujan dueres, pasti deh temen-temen kantor udah ngomel-ngomel, yang nggak bawa jas hujan lah, banjir lah, ngga ada angkot lah, becak jadi rebutan lah, kalo mau nekat nerabas naik motor ntar pasti mogok lah!

Selama ini sih kegiatan nya pemerintah, paling banter adalah cuman ninggi-in jalan, yang menurutku sih agak gak berguna, soalnya toh itu cuman meringankan masalah, bukannya mengatasi masalah. Toh buktinya saya udah 5 tahunan wara-wiri kantor, udah brapa kali itu jalan mengalami peninggian, di cor, di beton dan lain-lain, toh tetep aja banjir.

Abis baca-baca ini: http://123.231.252.9/index.php/hasil-litbang/360-resapan-buatan-2010 langsung setuju sama artikel nya, kalo daerah bubakan itu harusnya di bikinin resapan buatan. Soalnya di daerah bubakan itu isinya cuman ruko dan gedung, ruang hijaunya hampir ga ada, la ya itu makanya pas ujan air nya bukannya meresap ke dalam tanah tapi malah tergenang gitu aja sampe tinggi, got juga udah ngga sanggup ngalir-in air, dan akhirnya banjir.

Sebenernya ada sih areal hijaunya, areal hijaunya itu berupa taman bunderan, tapi cuman se-iprit, letaknya pun di tengah bundaran, kalo pas banjir bandang, mana sanggup buat meresap air banjir yang udah kadung melebar ke mana-mana?

Tembalang 2-20130302-00441

Trus baca ini: http://123.231.252.9/index.php/hasil-litbang/354-sumur-resapan bahwa sumur resapan itu harusnya di bikin di setiap lokasi yang potensial air menggenangnya cukup banyak dan air yang ngga bisa mengalir ke dataran yang lebih rendah. Sebenernya dengan cara itu, pemerintah ngga perlu menghabis-habiskan anggaran cuman buat ninggiin jalan yang menurutku kurang bermanfaat mengatasi banjir.

Bentuknya pun bisa berupa sumur peresap, ini paling cocok di bikin di pusat bundaran bubakan karna menurutku, disitulah yang banjir nya paling parah, dan saking parahnya adalah air ngga mau ngalir. Dan juga perlu di bikinin parit peresap di sekitar pinggiran jalan, gunanya selain mengalirkan air yang menggenang juga sebagai media peresap air banjir supaya masuk kedalam tanah.

Dan seharusnya lagi selain bikin sumur resapan, pemerintah juga harus nambah ruang hijau di daerah bubakan. Soalnya, penyakit di daerah bubakan semarang adalah, kalo musim ujan trus banjir, kalo ngga ujan justru puanas banget dan menyengat, ga ada pohon babar blas.

Oke gitu aja ya! Saya tak nyiap-nyiapin sandal jepit, jas hujan sama tenaga buat ndorong motor kalo mogok, ini udah ujan lagi soalnya!

Iklan

3 thoughts on “Penyakit Kambuhan: Banjir Di Musim Hujan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s