Foxconn NanoPC NT i1254 H500: Sekilas tentang Barebone PC

Hey semua, kemarin abis beli ini nih:

Foxconn NanoPC NT i1254 H500
Foxconn NanoPC NT i1254 H500

Apakah itu? Itu adalah barebone PC, ato ada yang nyebut juga Mini PC, ato dalam bahasa sederhananya adalah komputer dengan ukuran kecil, tapi oleh foxconn disebut NanoPC.

Merknya yang jelas adalah Foxconn NanoPC NT i1254 H500, kalo di website nya Foxconn, produk ini masuk ke Foxconn NanoPC nT-i1250 series.

Kenapa gua beli ini? Ada beberapa alasan sih sebenernya.

Yang pertama dan utama adalah ini buat nggantiin CPU bokap gw yang udah hampir 15 tahun, speknya kalo ga salah antara lain AMD Athlon XP Palomino 1500+, masih pake RAM 1GB yang share sama VGA onboard, komplit dengan harddisk Seagate 40GB, sebuah tipikal komputer kantoran banget.

Yang baru dari spek komputer tersebut, cuman PSU nya aja yang gw ganti dari punya bawaan casing Simbadda 350Watt dengan Thermaltake Purepower 450W jadul juga, soalnya PSU simbaddanya udah drop dan akhirnya almarhum.

Yang kedua, karena meja bokap gw itu kecil dan penuh. Ada printer, CPU, buku-buku, koran, dan bahkan sebelumnya malah empet-empetan sama monitor 15″ Samsung SyncMaster yang akhirnya tewas. Aku pun merelakan LCD Benq 17″ sebagai pengganti, toh tu LCD juga nganggur, apalagi sejak punya Dell Inspiron M102Z.

Setelah LCD 17″ nangkring di meja bokap, meja nya jadi agak kerasa lega, karena si monitor konde Samsung 15″ dan casing cpu ATX Tower lah yang menurut ku makan banyak tempat. Dan pas banget si CPU juga tewas, akhirnya ada kesempatan juga buat ndekor ulang meja.

Pas nyari-nyari device baru buat spesifikasi CPU ini, sebenernya mau nyari yang ITX, karna biasanya form factor nya ukurannya kecil. Tapi akhirnya malah beralih ke Barebone PC.

Ada plus minus nya sih kalo pake Barebone PC.

Yang pertama sudah jelas, ukurannya kecil dan pastinya hemat tempat dan hemat energi. Nah hemat energi inilah yang memenangkan Barebone PC jadi pilihan gw sebenernya. Katanya sih di claim cuman makan listrik ga lebih dari 20 watt, dibandingkan dengan CPU konvensional yang bisa sampe 100-120 watt.

Minusnya? So pasti limited upgrade option, misalnya: ga bisa nambah harddisk ato peripheral lain terutama nambah RAM karna slot nya terbatas apalagi ganti Processor dengan yang lebih baik. Dan kadang-kadang, ada produsen yang menjual barebone PC yang tanpa memory RAM dan Harddisk, jadi kita harus beli lagi sendiri.

Setelah browsing-browsing disini: http://rakitan.com/kategori.php?id=68, dan tanya langsung apakah unit ini udah include RAM dan Harddisk, akhirnya memantapkan pilihan ke Foxconn NanoPC NT i1254 H500 2,6 jutaan dengan spesifikasi:

CPU: Intel Atom Dual Core D2550 1.86 Ghz ,
Chipset: Intel NM10,
VGA: Intel GMA 3650,
Harddisk: 500GB HDD,
RAM: 4GB DDR3 SODIMM,
Networking: Wifi, LAN,
I/O Port: 1x HDMI, 1x VGA , Card Reader, 2x USB 3.0, 4x USB 2.0, 1x LAN, Versa Mount Bracket Small.

Di dalam paket penjualannya nanti dapet unit nya itu sendiri, satu set adaptor dan kabel nya, beberapa sekerup dan obeng yang kayak berbentuk pisau, ada stand nya, masih dapet bonus vesa mount, dan sebuah USB flash disk kecil ukuran 4 GB yang udah di isi driver untuk OS Windows.

Sebenernya gw ga pengen milih yang Intel Atom, tapi dengan pertimbangan bahwa bokap gw itu salah satu pengurus RT dan yang pasti komputer yang digunakan 90% cuman buat ngetik-ngetik kerjaan, surat-menyurat dan paling banter juga nge-excel laporan keuangan, maka nda perlu pake yang processor Intel I3 ato I5.

Dual Core Intel Atom 1.86Ghz dengan maximum TDP 10 Watt di temenin sama RAM 4 GB gw rasa cukup bertenaga dan hemat energi lah kalo cuman buat meng-handle Word, Excel dan Internet Explorer.

Dan sebagai pelengkap gw pilihin yang harddisk gede, 500GB, karna gw tau file-file dokumen nya bokap pasti bakal banyak banget, dan itung-itung gw juga bisa nebeng nyimpen donwload-an.

Seperti yang gw bilang tadi, gw bisa nebeng nyimpen file download-an, ternyata ni BarebonePC udah dilengkapi WiFi yang sebenernya buat gw itu sangat bermanfaat banget, mengingat gw juga pake modem yang udah built-in WiFi jadi ga perlu tarik kabel sana-sini.

Dan meskipun sederhana dan sepele banget, barebone PC ini juga di lengkapi dengan built-in speaker. Agak kaget juga sewaktu denger lagu theme nya Windows saat login. Ya speaker nya ga keren-keren banget lah, paling cuman kualitas radio, tapi at least cukup lumayan lah.

Sedikit foto-foto:

Posisi sewaktu di nyalain, dan ternyata udah built-in speaker loh!
Posisi sewaktu di nyalain, dan ternyata udah built-in speaker loh!
Dilengkapi dengan stand dan Vesa mount
Dilengkapi dengan stand dan Vesa mount
Tampak depan, dari atas: Tombol Power, Suspend, Speaker, 2x USB 3.0, Card Readerm, Headphone dan Mic.
Tampak depan, dari atas: Tombol Power, Suspend, Speaker, 2x USB 3.0, Card Reader, Headphone dan Mic.
Tampak belakang, dari atas: 4x USB 2.0, 1x VGA, HDMI, 1x LAN, Led WiFi, Power Port
Tampak belakang, dari atas: 4x USB 2.0, 1x VGA, HDMI, 1x LAN, Led WiFi, Power Port
Tampak samping, elegan tapi banyak cap jari.
Tampak samping, elegan tapi banyak cap jari.
Tampak samping, hitam mulus sampe cap jari bisa ngecap!
Tampak samping, hitam mulus sampe cap jari bisa ngecap!
Dapet Flashdisk 4GB, isinya driver untuk OS Windows.
Dapet Flashdisk 4GB, isinya driver untuk OS Windows.
Penuh, 4 port USB dipakai untuk Keyboard, Mouse, Printer dan USB Drive.
Penuh, 4 port USB dipakai untuk Keyboard, Mouse, Printer dan USB Drive.
Port USB dibelakang penuh? Masih ada yang depan. Selamet deh!
Port USB dibelakang penuh? Masih ada yang depan. Selamet deh!

Cukup terkesan juga dengan Barebone PC Foxconn NanoPC NT i1254 H500 ini, ukurannya yang kecil jadi bikin hemat tempat, hemat daya listrik juga, harganya juga ngga mahal-mahal banget dan yang mengejutkan adalah tidak berisik.

Benchmarknya? Besok ya, lagi sibuk di kantor nih. Hehehe nantikan postingan berikutnya yak!

Iklan

One thought on “Foxconn NanoPC NT i1254 H500: Sekilas tentang Barebone PC

  1. Kl barebone ya pasti minus HDD / RAM, makanya dibilang barebone. Banyak mini PC yg barebone tp ada juga yang udah isi macem Foxconn ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s