Memutar Video di Linux dengan ekstensi mkv 001 002 dst…

Oke… jujur aja deh… pasti kalian juga sering donglot film kan…

Nah pernah ga ketemu sama file-file yang ekstensi nya MKV… sebenernya sih kalo cuman satu file MKV saja gw rasa ngga masalah… toh cukup dengan VLC bisa langsung di puter tanpa perlu install tambahan codec kayak K-Lite Mega Codec Pack.

Yang jadi masalah adalah kalo file yang kita download dari website ato torrent itu di split, jadi ada beberapa bagian file MKV. Biasanya di belakang ekstensi MKV ada tambahan ekstensi lagi seperti 001 002 003 dst… kayak gambar dibawah ini…

File MKV yang di split jadi 5
1 file MKV yang di split jadi 5 file

Kalo di Windows biasanya software yang di pakai untuk menggabungkan file yang di split tersebut bisa pakai HJ-Split. Silahkan google sendiri kalo mau download.

Berhubung saya pakainya Linux, maka otomatis saya ngga bisa pakai software tersebut. Ga kehabisan akal, saya pake aja perintah di console, yaitu “cat” untuk menggabungkan beberapa file ke dalam satu file seperti di gambar berikut ini:

Tidak perlu download aplikasi, cukup pakai Command Line "cat" saja.
Tidak perlu download aplikasi, cukup pakai Command Line “cat” saja.

Saya jelaskan sedikit,

Perintah dasarnya sebenernya hanya “cat [lokasi/namafileasal]”.

Perintah tersebut sebetulnya berfungsi untuk melihat isi dari sebuah file. Misal cat /var/log/dmesg untuk menampilkan isi file /var/log/dmesg ke layar.

Namun karena di belakangnya saya tambahkan “> [lokasi/namafiletujuan]”, maka output dari isi sebuah file bukan lagi ditampilkan ke layar, melainkan di tambahkan ke nama file tujuan.

Jadi, bila semisal bila saya ketikan perintah “cat /var/log/dmesg > coba.txt”, maka isi dari file “/var/log/dmesg” akan di tambahkan ke file coba.txt, dan bila file coba.txt tidak ada, maka akan otomatis di buat file baru.

Dengan dasar perintah tersebut, maka kita bisa nggabungin file-file mkv yang di split tadi, yang terdiri dari ekstensi 001, 002, dst ke dalam satu file baru seperti gambar di atas.

Perintah yang di gunakan adalah “cat [lokasi/namafileasal] > [lokasi/namafiletujuan]”

*posting bermutu

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s