Jangan Beli Sampah: Bawa Gelas ke Kantor!

IMG-20120117-00193

Gw kan dibeliin dek Tasya sebuah wadah botol berwarna orens karna dia sebel melihat botol minumku dari bekas botol salah satu merk ternama aer minum dalam kemasan yang aku pake berulang kali, karna juga di kantor itu ada galon air minum, jadi ngga perlu rusuh harus nyari air minum botolan atau gelasan ke warung terdekat.

Yang mau gw bahas disini adalah soal aer minum dalam kemasan ituh.

Gini, kalo air minum galon isi 19l, harganya 10.000 sampe 13.000 ya kita ambil aja kira-kira 12000 deh. Sedangkan air minum kemasan 240ml, satu dos isi 24 gelas harga satu dos antara 14.000 sampe 16.000 ya taro lah 15000 deh ya.

Nah terus kalo air minuman galonan 19 liter 12.000-an brarti per mili-liter aer nya adalah:

12.000an/(19liter x 1.000ml) = sekitar 0,63 perak per mili liter nya, dibulatin 0,7 deh biar enak.

Nah kalo gitu yang air minum gelasan itu? 1 dos isi 24 gelas, masing-masing gelas itu 240ml. Berarti harusnya harga satu karton itu adalah:

Rp.0,7 x 240ml x 24 = sekitar Rp 4.032.

Lah? Kok belinya harga 15rebu-an ya? Iya karna selisihnya yang 11rebu-an itu buat wadah plastik dan kardus nya.

See my point? Kita mboros-mborosin hampir 3 kali lipatnya harga aer hanya untuk 6-7 tegukan air dan segenggam sampah plastik yang sulit di daur ulang. Anehnya, kenapa kita harus bayar ekstra dan lebih mahal untuk sebuah objek yang bisa di bilang engga ada manfaat, untungnya, what so ever buat kita, selain fungsinya sebagai kemasan. Padahal yo, dampak dari sampah yang sulit di daur ulang itu lebih gaswat dari hanya sekedar kehausan lo, coba baca ini deh kalo ngga percaya:

http://nasional.kompas.com/read/2008/02/05/22145139/Selamatkan.Bumi.dari.Plastik

Jadi? Sebisa mungkin buat orang kantoran, bawa aja gelas dari rumah, ato buat yang orang lapangan ato traveler bisa sangu botol minum. Jaman saya masih SD aja, sama Ibu di suruh bawa botol minum karna emang ngga boleh jajan sembarang, dan now I see the point. Janganlah hanya karna kita haus, maka kita juga harus boros duit, apalagi demi barang yang engga higienis dan belom tentu bermanfaat buat kita dan sampe menimbulkan sampah yang susah di daur ulang.

Isi penuh botol minum atau gelas anda, supaya anda engga wira-wiri ke galon air minum, supaya teman-teman yang lain juga kebagian, supaya sewaktu di jalan tidak panik kehausan saat botol air minum sudah habis dan tidak ada yang jualan air minum.

Emang engga melarang dan dilarang sih kalo mau mengkonsumsi air minum dalam kemasan tersebut, tapi ya semoga dengan tulisan ngga mutu ini bisa lebih bijak lagi dalam menyikapinya.

Postingan ini untuk ikutan lomba blog: http://konservasienergiindonesia.info/activities/energy-efficiency-blog-competition

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s