Obat Diare: Imodium vs New Diatabs

Awrite awrite, sayah bukan dokter, sayah juga enda ada hubungannya sama kedua merk tersebut, sayah cuman penderita diare dan konsumen apotik tetangga sebelah.

Jadi begini, sebenernya ini cerita udah agak lama, cuman baru bisa di share sekarang.

Kapan waktu ituh, abis maem di Cabe selang beberapa hari kemudian gw langsung terserang diare. Yang bilang “salahnya makan ngga ngajak2”, “makanya kalo makan, bayar dong” dan variasi-variasi laennya, gw gebukin loh!

Malem-malem gitu kayaknya ada deh 5-6 kali gw bolak balik kamar mandi. Belom lagi pas ngantor, kerjaannya jadi agak terganggung juga.

Singkat cerita gw diare, yang paling akut itu awal-awal 3 hari pertama, dan total gw diare itu ada seminggu-an.

Kalo ditanya penyebab diare nya knapa, terus terang gw ga tau, gw diare karena maem di Cabe, stress yang justru gw engga ada rasa apa pun kalo gw stress, kombinasi antara maem pedes dan stress, ato apa gw juga ga ngerti kenapa gw bisa diare. Dan jangan dibahas lage soal makan ga bayar dan ga ngajak-ngajak tadih! *plak!

Langkah pertama tentu saja mencegah dehidrasi, kekurangan cairan. Jadi gw langsung minum aer putih yang banyak, dan kalo pulang kantor gw mesti sempetin buat beli Pocari Sweat. Dan untuk sekedar di ketahui, Pocari Sweat itu bukan obat diare loh ya! Situ boleh minum Pocari Sweat sampe kembung juga ga bakal nyembuhin diare. I know cause I did.

Gw sih berharap kalo diare ini bakal berhenti dengan sendirinya, seperti yang sudah-sudah. Cuman di banyakin minum, istirahat, kurangin makanan pedes dan tetep aja Indomie tiap pagi jalan terus. Biasanya juga gitu, ya berhenti sendiri. Makanya waktu itu gw banyakin minum minuman yang mengandung elektrolit tinggi, kayak Pocari Sweat atau Fatigon Hydro yang lebih alami dan lebih murah dari Pocari Sweat. *dipentung!

Eh tapi kok ya berlanjut juga hari ke-4, ke-5, dst.

Agak kawatir juga something wrong dengan perutku. Bahkan gw sempet kepikiran, jangan-jangan ususku bolong-bolong neh! *kebiasaan nujes2 perut orang neh! Kena karma loh!

IMG-20111231-00146 Yang kiri: Imodium, yang kanan: New Diatabs

Akhirnya sempet ngobrol sama cik Kristin, katanya suruh nyobain Imodium. Obatnya puteh, kecil, dijual bebas dan tersedia dia apotik-apotik kesayangan anda. Cuman, harganya agak mahal,6.500/sebiji. *tepok jidat

Ya bener aja, pas nyamperin apotek tetangga, trus minta Imodium, reaksi pertama mereka adalah… tertawa *sialan! Yak mereka mensyukuri penderitaan tetangganya inih yang sedang diare, karena dengan begitu gw harus merogoh 26ribu untuk 4 butir obat Imodium.

Untuk Imodium inih dosis pertama kali minumnya adalah langsung 2, slanjutnya kalo masih diare diminum 1.

Ya udin, gw ikutin aja anjuran nya. Sebab gw masih percaya sama kata-kata orang yang: “Ono rego ono rupo” dan “Mau bagus kok murah?”. Jadi gw beranggapan, bahwa Imodium adalah obat sakti, dibikin melalui riset yang sangat cermat, oleh tangan-tangan ahli dan karna harga nya mahal, pasti ampuh!

Dan emang sih, diare gw langsung brenti. Sip! Tapi perut gw berasa penuh banget. Sebah. Kembung. Rasanya ada sesuatu yang mengganjal di perutku. Pikiran ku langsung macem-macem. Seperti, ini obat cara kerjanya gimana sih? Nyembuhin apa mampetin? Karena menurutku, diare itu harus di sembuhin bukan sekedar mampet!

Dan bener aja, selang sehari, eh gua masih aja tuh bolak balik kamar mandi! *semprul

Gw sebenernya udah mau lari ke dokter, cuman karena dokter tetangga seblah selalu rame dan gw takut jarum suntik, jadi pas Ibuku suruh ke dokter tetangga sebelah, aku cuman bisa ngeles “Pak Dokter lagi sibuk!” supaya aku ga jadi ke dokter.

Tapi bagaimanapun juga, diare ini harus berhenti! Harus di hentikan. But hooooow?

Akhirnya karna masih mutung dengan apotik tetangga sebelah, gw pergi ke apotek tetangganya apotek tetangga sebelah.

Tanya obat diare yang oke apa yah? Malah sama mas-mas nya di jelasin, kalo obat diare itu harusnya nyembuhin bukan asal mampet, sumber diare itu harus di keluarkan, bukannya di simpen di perut. Nah gw suka ni mas-mas, meskipun tampang tukang parkir tapi sangat ahli sekali dalam menjelaskan masalah obat!

Lalu si mas-mas itu menyarankan obat yang namanya New Diatabs. Sempet ragu juga apakah sayah harus merogoh kocek 20rebuan lebih lagi? Oh ternyata obatnya cuman seharga 2rebu! Gilak aja lebih murah 10x lipatnya.

Dosis minumnya pun sama kayak Imodium, pertama minum 2, lalu kalo masih diare di minum 1.

Sampe di kantor langsung gw minum 2. Dan rasanya ya kok sama aja ya? Kembung, sebah, perut ini berasa penuh. Apa emang semua obat diare itu kayak gitu ya?

Tapi akhirnya setelah minum New Diatabs, dan hanya sekali minum. Akhirnya diare nya sembuh juga. Penderitaan ku selama seminggu akhirnya sirna. Thanks God. *lanjut maem Indomie.

22 thoughts on “Obat Diare: Imodium vs New Diatabs

  1. skarang gw jg lg kejadian neh…da 3 hari..mana kenanya pas d daerah yg baru gw datangin, nyoba obat mulai entrostop, colodium…eh masih jebol jg…nah pas nyobain supertetra n diatabs rada baikan sekarang…

  2. hadew..(curcol) buka blog ini lewat google, terpaksa nyari info ngaktifin internet…jam 2.30 wita perutku mules2..historynya mgkn karn banyak makan, balas dendam dan banyak sambalnya… haddeeeeeeww sakitttt makkkkk…. Bolak balik ke wc tengah malam. Perut sssssaaaakitttt bbbangget. Eh kok nambah sakit. Akhirnya jam 5an pagi k apotik. Sambil nahan2 sakit, and wajah ketekuk2. Di kasih mas apotiknya diatabs… Selain itu aku beli pocari sweat, yakult, bearbrand. Yahhh mgkin membantu, secara kan yakult pembunuh bakteri jahat di usus’, susu brbrand netralin racun di tbh and ngatesin rasa pedas panas dperut. Smp rmh ak mnum diatabs dlu…begitu minum masih mencret2, mgkn obatnya msh bereaksi. Selang bbrp mnt mulai ilang mulesnya and mencretnya… Tdr deh…jam 7an bangun langsung minum yakult…biar perang bakteri baik n jahat. Tp belum minum oralitnih…males bikinnya n minumnya mual rasanya… Semoga berjalannya waktu ada progresss yg lebh baik….huhhhh….atittt bgt

  3. Makasih ya infonya., udah mencret-mencret seminggu tapi gag mampet2., aduh., udah dulu mules lagi mau eek mencret lagi.

  4. new diatabs ini benar2 obat yang mujarab, karena prinsip kerja obt ini adlh menyerp virus2 dan bkteri, sy udh brp kali diare,ini obat diare plg bagus menurut sy..

  5. Wkwkwkk… kocak lu bro, gw jg nih g bs jauh dr toilet dr kmrn, w coba obat yg lu blg ya.. klo gagal w tampol nehh hahaha..

  6. Berusaha dan berdoa aja….
    Gw juga udah 4 hari mencreeeettt men rrrooootttt ….
    Yg penting perut jgn kosong,minum pocari sweat,jgn minum susu dulu dannnnnn berdoa
    Selamat mencoba Guys…

  7. selain diatabs , bisa obat;
    BIODIAR 630 MG
    CARBO (NORIT)
    DIAGIT 4’S
    DEXDIAR 375 MG
    DIAPET 4’S
    DIATAB NEW 4’S
    ENTROSTOP 12’S
    GUANISTREP 60 ML
    IMODIUM
    IMOLEX 2 MG
    KAOPECTATE 120 ML
    KAOTATE 60 ML
    MOTILEX 2 MG
    MOTILIUM 10 MG
    NIFURAL 60 ML
    NEO DIAGON 4’S
    SMECTA 10’s
    dll

  8. Udda 3 hari bolak balik wc terus, nyiksa banget!!
    Gw coba nih new diatabs nya. Moga aja cocok ya bray. Dr kmrin obat diare yg gw minum gak ada hasil masih sama. Moga ini cocok..

  9. Kena food poisoning, OMG smpai hampir ketinggalan pesawat, pas perjalanan puji Tuhan nya oke…. ehhh nyampe hostel diare nya lanjut lg, ini uda 4 hr terkurung di rumah n hostel trus aku minumin diatabs kyknya uda mulai sembuh, puji Tuhan bnr dah ada diatabs

  10. Trimakasih infonya mas,,saya minum imodium tetap keluar air malah semakin deras, cuman perut gak sakitm gak panas dan gak mual, sekarang saya mau coba new diatabs dulu, coz lemes bangetz ogah makan dan minum, hadewww….semangaddd

  11. mks infonya, mungkin bner alasannya krn mkn ga ngajak2 ga bayar pula hehehe. Ini gw diare udah 2 hari tiap 15 menit skali, apalagi klo batuk. kaya dol gitu. Haha. Minum enstrostop ga mempan. Gw coba deh new diatab kali aja tokcer

  12. Aku juga sama nih diare perut serasa melilit, kembung dan kdg mual, sekiranya mules cuma keluar aer doank. Pake entrostop ga mempan,jd deh ke apotek dan dikasih obat merk nya buscopan..bnr ga ya guys nih sama khasiatnya? Soalnya pas baca cuma ngilangin melilit. Udh terlanjur kebeli.

  13. sial gara2 mencret jam setengah 4 pagi gk bisa tdur perih bgt ini perut. dulu andalan kluarga ya entrostop ni mau nyoba yang disaranin mimin. awas kalo gak manjur min gw siram pake liquid from ass 😀
    salam mencret semua

  14. Haduh jam 3an pagi kebangun ga bisa tidur, perut melilit berasa kembung awalnya ga mules tapi pas kentut keluar sama cairan kekuning-kuningan, di mulai lah derama keluar masuk WC, ampun sampe jam 5an pagi hampir 5x keluar masuk wc, sambil nunggu masuk wc ane rebahan sambil cari info obat buat diare, ketemu nih yg sependeritaan rupanya, setelah baca” ane putusin buat beli obat d apotik new diatabs, semoga cocok dan diare ane ilang seketika… Thks udh bagi info nya, sukses terus gan.

Tinggalkan Balasan

