Setting Venus VT-18 di PCLinuxOS 2010

Hmmm lama tak menulis di blog karna lagi males banget sibuk banget, skarang mencoba nulis lagi di blog ini lagi dengan tema nyeting modem CDMA USB dengan merek Venus VT 18 di PCLinuxOS 2010.

Sebelumnya udah pernah nulis nyeting Venus VT-18 tapi di Ubuntu, link: https://satrioaja.wordpress.com/2010/04/17/setting-venus-vt-18-di-ubuntu/ monggo di cekidot dulu kalo sampean pake Ubuntu.

Ceritanya kmaren sabtu 4 juni 2011, komputer kantor ku yang isi nya PCLinuxOS Gnome 2007 ituh ngambek tak mau booting gara-gara sehari sebelumnya listrik kantor naik turun terus. Dan setelah di fsck ternyata banyak errornya, pas minta di restart eh malah ga mau booting. Akhirnya install ulang aja dan ini jadi kesempatan juga buat upgrade OS yang sebenernya udah pengen tapi belom kesampaean sejak lama.

Pilihan antara pakai Fedora atau PCLinuxOS, sebenernya sih pengen pakai Fedora, tapi karna user interface nya GNOME, dan gak dirumah ga di kantor ketemunya GNOME lagi GNOME lagi, akhirnya saya memutuskan pake PCLinuxOS yang user interface nya pake KDE.

Singkat cerita, maka sampailah saya di proses setting modem USB saya. Jangan tanya mengapa kantor segede ituh ngga menyediakan koneksi internet di setiap komputer karyawannya. Sebenernya disediakan sih, tapi dengan alasan ‘nanti mengurangi produktivitas kerja’ maka kesempatan ituh pun di pindah tangankan ke orang-orang yang emang perlu saja.

Tapi yah namanya juga EDP tetep aja ga kehabisan akal buat internet, ya selama ada Komputer, colokan USB dan modem USB plus koneksi StarOne, apasih yang ngga mungkin?

Masalahnya di PCLinuxOS 2010 ini paket wvdial itu tidak terinstall secara default. Makanya saya harus satu-satu download paket dan dependencies nya:
wvdial download di: http://rpm.pbone.net/index.php3/stat/4/idpl/14872346/dir/pclinuxos/com/wvdial-1.61-1pclos2010.i586.rpm.html
libxplc download di: http://rpm.pbone.net/index.php3/stat/4/idpl/13865360/dir/pclinuxos/com/libxplc0-0.3.13-4pclos2010.i586.rpm.html
dan libwvstreams download di: http://rpm.pbone.net/index.php3/stat/4/idpl/13865223/dir/pclinuxos/com/libwvstreams4.6-4.6.1-1pclos2010.i586.rpm.html

Kalo sudah di install ya tinggal jalankan saja instalasi seperti biasa:
$ rpm -i [nama paket].rpm

Tunggu beberapa menit kalo udah selesai install njur ikuti langkah berikut:
1. Pertama kita modprobe dulu untuk usbserial nya. Ketik:
$ modprobe usbserial vendor=0x[kode vendor] product=0x[kode produk]
Kode vendor dan produk dapat di peroleh dengan mengetikan perintah lsusb, nanti akan muncul gambar kayak gini:

Nah keliatan disitu kode vendor Venus VT-18 ini adalah 2015 dan kode produk nya adalah 0001, jadi perintah modprobe jadi seperti ini:
$ modprobe usbserial vendor=0x2015 product=0x0001

2. Setelah di modprobe, pada dasarnya si Venus VT-18 ini ngga bisa langsung di wvdialconf karna dia dikenal sebagai device CD-ROM. Maka harus di unplug dulu fungsi CD-ROM ini agar bisa terdeteksi sebagai modem. Pada dasarnya perintah untuk unplug atau eject nya dengan perinta berikut:
$ eject [device]
Kode device dapat di peroldeh dengan mengetikan perintah dmesg, trus nanti muncul gambar kayak gini:

Kalo pada gambar diatas ini, si Venus VT-18 ini terdeteksi sebagai CD-ROM dengan device sr0. Maka kita ketik aja perintah:
$ eject /dev/sr0

3. Selanjutnya tinggal kita seting skrip wvdial.conf nya. Karna saya males mengutak-atik saya pilih perintah:
$ wvdialconf
Seperti pada gambar dibawah ini:

Setelah di wvdialconf, jangan lupa untuk mengedit field nomor telepon, username dan password untuk koneksi ke jaringan di file /etc/wvdial.conf

4. modprobe nya udah, eject nya udah, wvdialconf nya juga udah. Apa lagi? Ya udah tinggal bikin koneksi aja, kebetulan aku pake StarOne dan tinggal ketik wvdial dan tunggu beberapa saat koneksi pun berhasil seperti gambar dibawah ini:

Pasti pada bertanya-tanya, kok ga pake kppp ato connection manager applet aja? Ya, pertama karna kalo pake kppp saya males harus configure modem nya, saya juga ga tau di attach di device yang mana? Bisa di /dev/usbtty0 ato /dev/usbtty1 ato yang laennya, kalo pake wvdialconf kan enak dia otomatis deteksi. Sedangkan kalo mau pake connection manager applet dia nanya PIN yang sebenernya Venus VT-18 ini saya ga tau dikasih PIN apa ga’? Yang pasti dia minta terus dan kalo ga di isi ga bisa lewat. Aneh kan? Lagian saya juga sejak jamannya Red Hat 5 dan modem 56kbps udah terbiasa pakai wvdial.

Oke selamat mencoba yang Venus VT-18 di PCLinuxOS 2010.

Iklan

3 thoughts on “Setting Venus VT-18 di PCLinuxOS 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s