Pertamina dan 2012

Seperti yang pernah di ajarin pak guru dan bu guru di sd dulu, BBM ato minyak bumi itu terbentuk dari timbunan mayit-mayitnya hewan organik maupun anorganik di perut bumi ampe jutaan tahun yang gimana prosesnya pembusukan dan segala macem maka jadilah cairan yang mudah terbakar yang di cor dari perut bumi ada yang di lepas pantai maupun di daratan yang kita sebut dengan istilah emas hitam…

Ok, la so what? Yang menjadi masalah adalah perhatikan chart berikut ini yang aku comot secara semena-mena dari http://dtwh2.esdm.go.id/dw2007/

Reserved.ReportViewerWebControl.axd

Disitu digambarin kalo data produksi BBM dari tahun ke tahun makin menurun… entah ini karena Pertamina yang kinerja nya menurun ato justru stok BBM di perut bumi udah menipis?

Nah loh? Imbasnya bisa aja ini bakal jadi pemicu kiamat kecil di tahun 2012. Kiamat kecil? Ya iyalah, coba bayangin tiba-tiba perut bumi stok BBM nya abis? Brapa banyak kebutuhan manusia yang bergantung pada BBM yang ga bakal bisa di penuhi? Ngga bisa nggoreng nas-gor… brarti bakal timbul kelaparan. Motor juga mogok… brarti transportasi bakal mandeg. Belom lagi untuk nggerakin mesin-mesin nya pabrik? Brarti bakal timbul juga yang namanya pengangguran… Belom lagi krisis energi yang semuanya mengandalkan BBM…

Sebenernya sih ada ide yaitu pertamina mulai berinvestasi untuk mengeruk BBM model Bioenergi… atau yang lebih keren dengan sebutan BBN… Bahan Bakar Nabati. Denger-denger dan baca-baca, BBN ini bisa di produksi sendiri cukup dari taneman idup… misal semacam kelapa sawit, jagung dan teman-temannya… bahkan denger-denger sampah dan sampah manusia (baca: tai *maaf*) pun bisa di dijadiin bahan bakar.

2661463p
Biogas Kotoran Manusia Terus Dikembangkan. Di comot dari sini

Nah kalo diliat… Indonesia mah sudah klop banget, potensial banget deh buat jadi lahan produksi bioenergi ini… lahan pertanian ada, hutan ada, timbunan sampah ada, septiktank full tank juga ada! La apa yang kurang? Ada sih… Mungkin ini saatnya pertamina sebagai BUMNnya Indonesia untuk mengerahkan para tenaga-tenaga ahlinya untuk bekerja keras muter otak supaya gimana caranya potensi yang besar ini bisa di kembangkan lagi demi kelangsungan hidup masyarakat Indonesia sebelum 2012 melanda.

Sebenernya PERTAMINA sih udah inves dan ada interest tentang bio energi ini… misalnya ada produknya yang namanya BIO DIESEL dan BIO PERTAMAX ini tapi sayangnya produk ini aku sendiri hampir ga pernah liat di SPBU-SPBU di semarang… or atleast di SPBU langganan ku. Mungkin tingkat produksi nya yang masih rendah? Ato animo masyarakat yang kurang? Ato justru dua duanya? Bisa juga mungkin karna motor ato mobilnya emang belom bisa di pakein bahan bakar BIO?

Soybus
Bus bahan bakar minyak sawit. Di comot dari http://id.wikipedia.org/wiki/Biodiesel

Oleh karena itu Pertamina harus bisa ngeyakinin tukang buat kompor sampe tukang bikin mesin pabrik supaya bisa membuat kompor dan mesin yang berbahan bakar bioenergi dan barang-barangnya itu bakal laku di pasaran… selanjutnya juga berhubungan dengan harga penjualan BBN… la wong premium harga 4.500 aja udah memberatkan kantong saya… apalagi ntar kalo BBN di jual seharga 10.000 mendingan saya naek sepeda aja deh… juga harus bisa ngeyakinin greenpeace dan pemerhati lingkungan laennya kalo pertamina selaen mbabat hutan demi produksi BBN juga peduli lingkungan dengan melakukan reboisasi.

Oke pertamina now the ball is in your court… karena kerja keras adalah energi kita!

Iklan

2 thoughts on “Pertamina dan 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s