Storage External: Hardisk External atau Enclosure?

Jadi begini ceritanya… setelah sekian lama rasanya harddisk Maxtor 120GB 7200RPM ATA133 kebanggaan saya itu udah mulai uzur… selain usianya juga kapasistas nya yang menipis… maka terjebaklah saya dalam beberapa pilihan dalam menentukan nasib harddisk ini…

Beli harddisk External…
Sempat terpikir untuk beli harddisk external… sebab abis baca review nya si Riza yang abis beli WDC MyPassport Essential kayaknya keren juga punya hardisk portable yang harganya kian terjangkau.

Beli harddisk Internal…
Tapi karena setelah di lihat-lihat harganya… ternyata harddisk External harga per-GB nya jauh lebih mahal daripada harddisk Internal biasa… maka balik lagi ke pemikiran beli harddisk Internal saja.

Beli harddisk Intermal dan Enclosure USB…
Tapi… lagi-lagi pakai tapi… setelah mengamat-ngamati isi casing yang sudah penuh… sangat tidak mungkin membeli harddisk dan menjejalkannya kedalam casing… lagipula mainboard tribal ini tidak ada colokan harddisk SATA… kalopun harus beli harddisk PATA mendingan saya beli harddisk External sekalian… toh harganya sama-sama (nyrempet-nyrempet) mahalnya.

Dan keputusannya…
Akhirnya saya beli harddisk Internal tipe SATA berikut Enclosure… karena dengan begini saya masih bisa dapet solusi harddisk murah per-GBnya.

Setelah konsultasi (yang menurut saya adalah hal terbodoh yang pernah saya lakukan) ke si ngga jelas Alvin OCIndo… akhirnya pilihan harddisk jatuh ke Hitachi SATA 500GB dengan seri HDP725050GLA360… ato kalo di toko-toko kerennya dengan nama Hitachi Desktar P7K500… karna berdasarkan pengalaman si Alvin dia punya pengalaman ngga oke sama harddisk Seagate dan saya pun sudah bosan dengan harddisk merek Maxtor dan WDC… intinya… memilih harddisk Hitachi ini karena pengen mencoba merek baru…

Untuk Enclosurenya? Terus terang saya ngga mau pake enclosure ngga jelas… dan pilihan jatuh pada merek Chronos… pilihan ini sebenernya karna… ya… ngga jelas juga merek-merek Enclosure yang bagus dan murah itu apa… si Alvin sih nyaranin merek Vantec (dan gw emang tau kalo produk Vantec itu oke) cuman duitnya engga oke… oke oke… sebenernya sih gw nurut aja ama Quantum Computer yang nyaranin Enclosure merek Chronos ini… “Chronos bagus ga pak?”… “Oh bagus…” “Oke pak… bungkus!”

DSC05014 (Small) DSC05016 (Small)

Benchmark pun di lakukan… dan hasilnya ya… MENGECEWAKAN…

Itu jelas… sebab… harddisk Internal kalo di jadi’in External… ga bakal bisa bekerja dengan maksimal… kecuali kalo harddisk tersebut emang bener-bener di jejalkan di dalam casing dan di pasang di port SATA bukannya USB…

hitachi kingston

Hardisk Hitachi Desktar P7K500 HDP725050GLA360 SATA 7200RPM yang di sulap jadi harddisk External dengan bantuan Enclosure Chronos ternyata tidak lebih cepat dari flashdisk biasa…

Ya sudah gpp… toh harddisk ini gunanya cuman buat storage saja…

Mungkin kalo ada waktu… kapan-kapan ta coba nya benchmark di mainboard yang ada port SATA nya…

Untuk harga… satu unit harddisk Hitachi Desktar P7K500 500GB SATA dibandrol seharga 550rebu dan satu unit Enclosure Chronos 3.5″ SATA + eSATA di bandrol seharga 280rebu… plus ongkos kirim ke Semarang (karena saya pesennya di Quantum Computer jakarta) tambah 20rebu… total kerusakan sekitar 850rebuan…

Moral is: Ternyata rata-rata hardisk External emang lebih mementingkan sebagai storage… yaitu cuman sekedar tempat penyimpanan data biasa yang lebih portable, lebih handy, lebih besar kapasitasnya dan hopefully lebih murah… dan tentu saja mengorbankan performanya.

Wasalam! Reviewer abal-abal…
mBang Sat!

Iklan

13 thoughts on “Storage External: Hardisk External atau Enclosure?

  1. Case enclosure juga berpengaruh bang. Aq dulu pernah make HD seagate 250GB+case ROCK sata. Lebih bangsat lagi tuh. HD kadang ndetect kadang iya. Aq garansikan juga sama aja (dua2nya aq garansikan). Tapi pengalaman temen2Q yg make HD portable langsung (bukan beli terpisah), lebih terjamin kestabilannya. Jangan bandingkan HD external dengan HD internal lah, nggak match tau. Max speed USB 480Mbps, max speed sata 3Gb/s. Apa wajar diperbandingkan???

  2. casing vantec cuman 300rb..trus apa bedanya sm beli chronos yg harganya 280rb? G lom coba tp setau g yg vantec selaen usb ada colokan e-Sata kan yg memungkinkan transfer lebih cepat

  3. Wah…thx buat bro Satrio (atau bangSAT, hehhe). Sbnrnya gw ada rencana tuk ubah harddisk internal gw jd eksternal. Untung aja gw baca artikelnya bang-Sat ini, klo ga bisa rugi material juga nih…..

  4. Wah kebetulan skali saya buka halaman bangSAT.. saya buta sama skali nih mengenai hal ginian, tapi saya lg butuh bgt hardisk sampai akhirnya berpikiran sama kaya hal yang dibicarakan diatas… tolong i kasih tau sebaiknya gimana.. saya tetep beli bikin hardisk internal saya jadi eksternal.. klo memang iya apa yang harus saya perhatikan atau mungkin dirubah dari hardisk tersebut, atau skalian aja beli hardisk eksternal sekalian, tolong usulan hardisk eks yang harga terjangkau ya ???? thank you berat…

  5. nice review gan. untung ga jadi beli terpisah kaya gitu, soalnya gw sempet kepengin liat temen gw yg udah beli hitachi 1tb + casenya gitu abis 950k. mau beli external merk wd my passport yg 1tb aja ^_^, keren.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s