MP3 Player di Console Linux

DSC04964 Komputer mu jadul? RAM nya cekak? Ya saya tau betapa menderitanya anda… karena saya juga merasakan hal yang sama…

Saya hari ini cukup frustasi melihat free memory dengan perintah “top –Si” di console ketika menjalankan aplikasi Banshee si pemutar MP3 yang cukup gendut ini…

Dengan logika dan asumsi terbatas gw yang mengatakan ”aplikasi yang  jalan di console lebih hemat resources daripada yang jalan di xserver” … akhirnya gw nemuin 2 yang cocok… yaitu MOC dan mpg123

Sebenernya gw lebih prefer sama MOC… Berbeda dengan mpg123 yang juga jalan di console linux… MOC ini punya tampilan layaknya sebuah MP3 Player (lihat screenshot diatas)… seperti playlist, mp3 browser, volume, bit rate, progress bar dan lain-lain… berbeda dengan mpg123 yang hanya menampilkan judul, dan artis lagu apa yang sedang di puter…

Awalnya kesulitan juga waktu mau njalanin MOC ini… sebab ketika di jalankan lewat terminal di xserver… bisa keluar suaranya… tapi ketika di jalankan murni di console… suaranya engga keluar… ternyata eh ternyata saya menggunakan mixer nya OSS bukannya ALSA… jadi terpaksa saya harus menambahkan opsi “-r OSS” di belakang “mocp”… jadi perintahnya: “mocp –r OSS”

Sudah gitu cukup di bingungkan juga dengan pengoperasiannya… karena engga jelas tombol navigasi untuk play, pause, next, back atau kebutuhan mp3 player untuk memainkan sebuah musik… ternyata hanya dengan memencet tombol “h” di layar mocp langsung mengeluarkan semua bantuan tombol navigasi nya…

Silahkan kalo mau download MOC ada di link berikut: http://moc.daper.net/

Kalo mau coba mpg123 ada di link berikut: http://www.mpg123.de/

5 thoughts on “MP3 Player di Console Linux

  1. linux memang top, resource cekak-pun bisa diakali…
    *tapi saya sudah kadhung akrab dengan jaunty, jadinya males begituan, hihihi*
    bagaimanapun juga, artikel ini layak dibookmark! tks…

Tinggalkan Balasan

