TES KERJA dan BOCORAN-NYA!

Jangan tertipu dengan judulnya… postingan berikut bukannya mau ngasih bocoran atau tips dan trik cara menjawab berbagai macam tes untuk kerja… sebenernya postingan ini di tujukan buat orang-orang yang mencari bocoran psikotes…

Begini ceritanya…

Beberapa waktu yang lalu… atas info dan saran dari salah satu temen gw yang kerja di Main Dealer brand motor ternama… gw pun masukin lamaran… dan akhirnya dipanggil tes kerja… sekedar info gw ngelamar di bagian administrasi meskipun gw sendiri belom tau posisi tersebut job-desc nya seperti apa… pokoknya posisi tersebut membutuhkan ke-accounting-an gw… singkat cerita… gw pun dateng memenuhi panggilan…

Nah sebelum tes di mulai… ya biasalah… para calon karyawan di sebuah perusahaan tentu saja saling bersosialisasi… saling mengenal satu sama lain… carita-cerita udah ngelamar di mana aja… udah pernah kerja di mana aja… sekedar basa-basi atau emang niatnya tulus… lalu adalah seseorang yang gw lupa namanya… ngomong sama gw… “pokoknya nanti kalo ada tes nggambar gitu… mendingan kamu nggambar nya begini-begitu… soalnya itu nanti hasilnya baik… jangan nggambarnya yang begitu-begini… soalnya nanti kamu dikira bla bla bla bla… trus kalo tes yang begitu njawabnya harus begini… bla bla bla… dst dst…”

DSC04648 (Small)[2] Yah intinya… gw agak heran aja… sebenernya inti dari tes – apalagi psikotes… itu kan supaya bagian personalia tau apakah psikologi kita cocok, kemampuan kita sesuai, dan hobi serta minat juga klop dengan posisi yang kita lamar pa ngga’… kalo kita cheat seperti kata mas-mas yang tadi bukannya sama aja kita membohongi diri kita sendiri demi sebuah pekerjaan yang belom tentu cocok buat kita? Apakah anda mau dengan kemampuan accounting di tempatkan sebagai cleaning service? Apakah anda mampu jadi branch manager dengan kemampuan penerjemah bahasa inggris tanpa pengalaman? Apakah anda siap di demo buruh ketika menjabat HRD Manager dengan kemampuan cuman mengepel lantai berpengalaman lebih dari 5 tahun?

Saya jadi teringat sama orang-orang pelamar CPNS yang ikut-ikutan beli soal-soal yang ada label “TRY-OUT” atau yang katanya “soal-soal tes CPNS taun lalu yang kemungkinan keluar”… Ya saya maklum kalo mas nya itu bener-bener putus asa hampir ngga pernah keterima di perusahaan manapun yang dilamarnya sampe-sampe niatan untuk cheat itu timbul… mungkin lebih baik kalo masnya itu ikut Black Community pecinta bocoran tes saja…

Ah Black In Newsnya… mas nya tadi engga lolos ujian awal… ujian matematika… karena mba’ testernya bilang “Nama yang saya panggil boleh stay, yang tidak saya panggil… terima kasih kedatangannya”… sampai akhir pemanggilan… gw masih duduk manis sementara mas nya itu terlihat keluar dari ruangan dengan mencangklong tas serta jaket nya… dan Black In Newsnya lagi… tes yang di maksud mas-mas tadi… engga ada…

Semoga saya di terima bekerja di perusahaan itu… sebab katanya saya ngga cocok di taro di bagian Accounting… akhirnya di taro di EDP… cuman belom jelas statusnya…

2 thoughts on “TES KERJA dan BOCORAN-NYA!

Tinggalkan Balasan

