Matikan Mesin Kendaraan Mu!

DSC04863-copyAda ide… kenapa ngga dimasyarakatkan aja gerakan “Matikan Mesin Kendaraan Mu”… nantinya bisa kerjasama antara KEPOLISIAN, PEMKOT terutama dengan komunitas pecinta kendaraan seperti BLACK CAR COMMUNITY dan BLACK MOTOR COMMUNITY ataupun komunitas peduli lingkungan seperti GREENPEACE.

Hahaha gerakan apaan tuh?

Begini… apa yang bisa menghentikan laju kendaraan di jalanan selain priwitan polisi dan nenek-nenek yang mau nyebrang? Yak anda benar… lampu lalu lintas… Dan sekarang rata-rata (meskipun engga semua) di setiap lampu lalu-lintas kan udah ada tuh meterannya… detik-detik-an-nya yang menunjukan berapa detik lagi lampu merah akan berubah jadi hijau atau lampu hijau yang akan berubah jadi merah… seperti foto disamping…

Kamu bisa bayangin jumlah kendaraan yang berhenti di lampu lalu lintas sambil tetep nyala’in mesin kendaraannya kan? Berapa banyak tetes bensin yang terbuang begitu aja selama sekian detik menanti lampu merah menjadi hijau… berapa banyak asep kendaraan dan polusi yang di lepas ke udara selama sekian detik menanti lampu merah menjadi hijau?

BBM itu udah langka, udah mahal pula… yang butuh BBM itu juga ngga cuman kamu… harusnya kamu sedikit berhemat dong? Dengan begitu… lebih sedikit uang yang di keluarkan… lebih jarang kamu ke pom bensin… dan yang paling penting stok BBM bisa adil berbagi dengan masyarakat laen…

Begitu juga dengan udara… ada ungkapan ‘mencegah lebih baik daripada mengobati’… udara itu udah tercemar… cuaca panas jadi sangat panas sekali… maka di ‘obati’ dengan penghijauan… tapi bukannya lebih efektif kalo penyebab pencemarannya yang di cegah?

Gerakan ini intinya adalah mengajak untuk mematikan mesin kendaraan mu sewaktu berhenti di lampu lalu lintas… Kalo cuman sendiri mungkin engga ngefek… tapi coba kalo 5 kendaraan… 10 kendaraan… 20 kendaraan yang berhenti di lampu lalu lintas… mematikan mesinnya… meskipun hanya sekian detik… cukup lumayan untuk menghemat tiap tetes bensin dari beberapa puluh kendaraan dan mengurangi asap yang keluar dari knalpot beberapa puluh kendaraan juga kan?

Jadi? Apakah anda mau ambil bagian? Cara ini cukup mudah dan tidak dipungut biaya sama skali kok…

Iklan

8 thoughts on “Matikan Mesin Kendaraan Mu!

  1. boleh juga, tapi kalo kita keburu2 gak usah dimatikan kali ya. hehehehe

    btw, gw udah pasang banner djarum black competition, tapi kok sulit banget yach, gak bisa2 terus.maklum masih baru buat blognya

    kalo lo g keberatan, tolongin yach, makasih banyak,,,,moga sukses

  2. hmm…..
    di jogja ada sih counter down macam gini tapi malah rusak satu-persatu
    akhirnya ada yang dicabut
    hehehe…………………..

  3. issue ini udah pernah diangkat n dibahas di milis tetangga..
    katanya kalau dimatikan truz dihidupkan kembali malah konsumsi bahan bakar semakin banyak..
    tapi ya ga tau juga dink.saya juga ne dilampu merah pasti mematikan motor.lha stasionerku kurang gede..ne main kopling sering mati.
    -ngelap megapro butut(kapan ganti ya?)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s