Antara UANG dan DOSA…

rokok"Belum bisa cari duit" adalah alasan primer yang selalu disampaikan emak ku sewaktu kecil ketika bertanya-tanya "Boleh ngerokok pa ngga’?" (heran, mau ngerokok aja pake permisi?)… sekarang sewaktu diriku sedang giat-giatnya mencari kerja supaya bisa ngerokok… malah muncul isu katanya ROKOK ADALAH HARAM… malang nian nasib ku… kerja belom dapet… usaha mau ngerokok tetep aja gagal…

MEROKOK… gw ngga ngerokok… gw belom kerja… kata emak ku… rokok itu sama aja mbakar duit… gw juga tau ngerokok itu bisa membuat ku impoten, bisa membuatku serangan jantung, bisa membuat janin ku terganggu… tapi ya toh tetep aja… kmana pun gw berada selalu aja jadi korban perokok aktif…

Ah eniwe soal rokok adalah haram… sebenernya gw antara stuju ngga stuju juga… HARAM itu kalo di pikir-pikir secara harafiah itu hubungannya udah dengan DOSA (maap saya bukan muslim, jadi saya nebak-nebak aja… sekiranya salah mohon dibenarkan)… mungkin maksutnya melanggar larangan tersebut sama aja berdosa…

Gw stuju merokok di deket-deket orang yang ngga ngerokok itu adalah dosa… membuat orang laen jadi batuk-batuk, terganggu, bahkan kalo bisa sampe bikin orang impoten-serangan jantung-bahkan gangguan janin itu DOSANYA UDAH NGGA KETULUNGAN LAGI! Seperti kapan waktu yang lalu… gw dan Tik-chan sedang asyik menyantap sate Haji Soli di tengah guyuran hujan lebat… datenglah mba’-mba’ dan mas-mas dari jakarta (mobil kijangnya plat B, dan logat bicaranya yang lu-lu-gua-gua) yang ikutan makan disitu… tiba-tiba mba’-mba’ cantik ini mengeluarkan sebungkus rokok lantas merokok tepat didepan gw dan Tik-chan… dan karena kebetulan meja nya model hadep-hadep-an… jadilah gw dan Tik-chan makan sate bumbu asep rokok… sudah gitu… mas-mas di sblahku juga ngeluarin Djarum Black… trus ikut-ikutan "nyepur" disamping ku… mantaplah sudah… skarang jeruk angetku juga ikut-ikutan rasa Djarum Black…

Tapi gw juga stuju kalo mengharamkan rokok itu adalah dosa… membuat warung mas wawan sepi pengunjung… membuat para pe-linting rokok jadi pengangguran… membuat negara jadi bangkrut (yah oke mungkin ngga bakrut-krut… tapi kan pendapatan kan berkurang) karena ternyata cukai rokok itu lumayan penyumbang devisa juga… tampaknya rokok itu udah menjadi ketergantungan hajat hidup orang banyak… menghilangkan rokok dari permukaan bumi Indonesia sama saja menghilangkan hajat hidup orang banyak juga… dan ini sama aja DOSA! Ya gw paham, beberapa orang dan organisasi yang mencoba meng-haram-kan rokok ini lebih karena alasan kesehatan… namun langkah meng-haram-kan rokok itu menurut gw terlalu berlebihan.

Yak sodara-sodara antara UANG dan DOSA…

Black-in-news-nya adalah kayaknya dulu sempat ada peraturan PERDA yang melarang para perokok untuk merokok di daerah-daerah tertentu… bahkan kalo ngga salah ada beberapa wilayah yang di jadikan area bebas rokok dan ada ruangan tersendiri untuk para perokok… para perokok di kumpulkan jadi satu lalu dimasukan ke sebuah ruangan yang penuh dengan asep dan racun nikotin… maka matilah mereka secara ber-jamaah… tapi kenapa tampaknya perda tersebut ngga di sikapi dengan serius baik oleh para perokok dan pemerintah juga kesannya itu perda sambil lalu saja… alias cuman formalitas…

Bila alasan kesehatan adalah penyebab diharamkannya rokok… mungkin bila suatu waktu di temukanlah sebuah rokok yang ngga mengeluarkan asap ataupun racun nikotin atau mungkin rokok yang justru menyehatkan dan mencerdaskan bangsa… mungkin rokok tersebut bakal memenangkan sebuah BlackInovationAward… hehehe!

5 thoughts on “Antara UANG dan DOSA…

  1. haram jelas
    Harusnya harga rokok di indonesia minimal $2
    Biar tau rasa tu para perokok

    Seandainya industri rokok tidak pernah ada di indonesia, negara ini tidak akan pernah mengharapkan devisa negara dari rokok yang tidak berguna itu

Tinggalkan Balasan

