Xubuntu: Membuat Screenshot di XFCE…

Oke… untuk pertama kalinya saya harus kebingungan mencari cara untuk membuat screenshot tampilan desktop saya di Xubuntu… karena ketika saya pakai Ubuntu… cukup dengan pencet “Print Screen” maka screenshot akan langsung dibuat dan kita tinggal memasukan nama dan lokasi file lalu klik safe dan selesai… agak kerepotan waktu saya pake Xubuntu yang pake XFCE untuk desktop enviromentnya… dimana tombol “Print Screen” itu ngga berfungsi sama skali sehingga saya butuh bantuan GIMP untuk menangkap tampilan layar…

Puter otak dan akhirnya saya menemukan sebuah plugin kecil untuk panel XFCE yang namanya “Screenshooter Plugin” yang fungsinya ternyata untuk menangkap tampilan desktop, untuk membuat screenshot… untuk menambahkan ke panel nya tinggal klik kanan di panel lalu pilih “Add New Item”… lalu tinggal cari aja dengan keyword “Screenshot” ato silahkan scroll ke bawah pasti akan ketemu…

screenshooter0

Sebelum menggunakan plugin ini… ada baiknya jika di kustomisasi dulu… misalnya… apa yang ingin di ambil… apakah seluruh layar atau hanya jendela yang aktif saja… dimana folder tempat menaruh file… atau mungkin pengaturan pengambilan setelah delay beberapa detik… semuanya bisa di atur dengan meng-klik kanan icon kamera… iconnya “Screenshooter” di panel XFCE dan memilih properties…

screenshooter1

Emang cukup ribet ya harus pake klak-klik sana-sini dulu… padahal dulu kalo di Ubuntu… cukup dengan tekan ALT+Print Screen berarti akan mengambil tampilan dari jendela yang aktif… sedangkan kalo hanya menekan Print Screen saja berarti akan mengambil tampilan seluruh monitor…

Ah ide kan ga cuman berhenti sampai situ aja? Gimana caranya supaya tombol Print Screen di keyboard itu berfungsi? Hmm… gimana kalo dibikinkan shortcut aja?

Jadi begini caranya… Di panel XFCE buka Application > Settings > Setting Manager > Keyboard > Shortcuts… lalu klik tombol “Add (themes)” yang di sebelah kiri bawah… kasih nama sembarang terserah… kalo saya… saya kasih nama “Screenshot”… lalu klik tombol “Add (shortcuts)” yang di sebelah kanan bawah… ketik perintah:

“xfce4-screenshooter”

Diakhiri dengan meng-klik “OK”… lalu setelah itu akan muncul dialog box yang menanyakan tombol mana yang di fungsikan untuk perintah tadi… tentukan tombol yang ingin kamu assign sebagai shortcut… dalam hal ini saya pengen tombol Print Screen saya buat menangkap tampilan seluruh layar… maka saya pencet tombol Print Screen…

Udah?

Weit… bentar… itu kan perintah untuk menangkap tampilan satu layar penuh… la kalo tampilan jendela aktif? Ya tinggal klik aja lagi “Add shortcuts”… cuman perintahnya beda… yaitu:

“xfce4-screenshooter -w”

lalu saya asign tombol untuk fungsi ini pada ALT+Print Screen…

Nah tampilan shortcuts keyboard saya jadi seperti dibawah ini…

screenshooter2

Yak udah… cukup simpel kan caranya? Oh ya… format file nya adalah PNG dan akhir kata selamat mencoba ya…

2 thoughts on “Xubuntu: Membuat Screenshot di XFCE…

Tinggalkan Balasan

