Puasa itu tantangan…

Sebenernya udah tau sih apa maksutnya puasa… secara harafiah berarti itu nda makan nda minum… ya kurang lebih seperti itu lah yang akhir-akhir ini setiap tanggalan hari jumat yang gw lakukan… puasa… nda’ makan… nda’ minum pula…

Meskipun begitu… ya tetep aja kadang-kadang bolong… cuman stengah hari… istilahnya apa tuh? Puasa beduk? Yah harap maklum sodara-sodara… saya bukanlah muslim… saya katolik… puasa yang di ajarin juga nyrempet-nyrempet beda dikit… tapi intinya ya tetep sama… nda makan dan nda minum…

Emang sedari dulu… gw ga perna puasa… padahal mamah-papah dari semenjak masih pacaran sampe punya gw… puasa di hari jumat itu adalah menu wajib… sementara gw sendiri mentok-mentoknya itu pantang… pantang yang dimaksud disini adalah nda’ makan daging, lalu nda’ makan ataupun minum yang disukai dan makan kenyang hanya satu kali dalam sehari… jadi ilustrasinya seperti ini…

Biasanya gw makannya tiap hari itu tiga kali dan kenyang tiga kali… jadi di kurangin… yang kenyang cuman sekali… entah itu makan pagi, siangatau malam… begitu juga dengan makanan-minuman kesukaan gw… ada ayam goreng, mi, sate dan kawan-kawan… jadi makannya sederhana aja… ah singkatnya… kalo biasanya makan nya Mc.D sekarang pecel aja…

Akhir-akhir ini pun gw mencoba untuk niatan puasa… lagipula ini juga untuk mendukung resolusi 2009… sapa tau dengan niatan puasa tiap hari jumat ini… Tuhan bakal melirik ku dan setidaknya mbantuin memenuhi resolusi 2009 ku…

Huuff ternyata ngga kebayang susahnya… padahal sekilas bila melihat temen yang muslim puasa start mulai dari stengah 5 sampe jam 6 brarti kurang lebih ada 13,5 jam… sementara gw… start stengah 7 tadi… dan harusnya finish stengah 7 malam ini… baru jam stengah 5 rasanya udah mau mbatalin…

Bagaimana engga? Tik-chan di telpon malah ngajak ngobrol ngalur ngidul… tenggorokan jadi kering… haus… mana papa pulang dari muntilan bawa ayam dan lele kesukaan… bikin ngiler… mama juga tadi dengan intimidasi menata kueh-kueh natal di toples yang jumlahnya ada 6 biji itu di depanku…

Hufff… puasa itu tantangan… ato godaan?

Iklan

4 thoughts on “Puasa itu tantangan…

  1. puasa ki jane mung menahan hawa nafsu, keinginan, ga cuma melulu ttg makanan..
    tubuh kita butuh maem minum, sdangkan yg ditahan itu nafsu, keinginan, bukan kebutuhan…

  2. setuju tu..
    puasa tu menahan hawa napsu

    jgn mpe mati kelaparan krn puasa (halahh…)

    puasa tu yg penting “niat & kemauan”
    klo gk niat ya gak usah
    klo gk mau yg jgn dipaksain

  3. Whe…ngepostnya jg tgl 26 hehe

    Hm… bener c puasa & pantang itu tantangan!! Harus menahan semua yg kita pengen. Melatih kesabaran juga…

    Bagus itu nek bisa rutin puasa… (dah lama g puasa je), tapi kalo makan sekali c sering hahahaha…

    kmnya c maz ga tahan godaan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s