Benchmark Baterai Laptop…

Iseng… gw udah sering liat tips cara untuk menghemat penggunaan batere laptop… mulai ada yang bilang menurunkan kecepatan processor, meredupkan tingkat kecerahan LCD, menambah RAM, mematikan atau menyingkirkan perangkat yang tidak digunakan, menghapus program-program yang berjalan di background sampe ada yang bilang laptopnya di lempar beli baru…

Ngga cuman tentang cara untuk menghemat penggunaan batere laptop… larangan-larang yang harus di taati supaya batere awet juga banyak… mulai dari ngga boleh overcharge / di cas terus-terusan, saat menggunakan listrik supaya batere di copot, sampe dengan cara ngecas yang baik yaitu jangan sampai batere habis baru dicas…

Dari kesemua nya itu… setelah semua tips tersebut di aplikasikan dan larangan-larang tersebut di patuhi… lalu bagaimana untuk mengetahui perbandingan daya tahan batere laptop antara sebelum dan sesudah menggunakan trik tersebut? Apakah emang ada efeknya atau tidak?

Mau tau caranya? Coba aja download program Battery Eater… lalu silahkan benchmark baterai laptop anda… bisa bertahan berapa lama?

Yang perlu di perhatikan adalah sebelum melakukan benchmark terlebih dahulu untuk mematikan screen saver, mematikan timer yang secara otomatis akan mematikan LCD setelah beberapa menit dan mematikan opsi untuk secara otomatis laptop masuk ke modus standby ketika kapasitas batere tinggal 5-10%… sebab bila LCD mati atau secara otomatis masuk modus standby… maka akan mempengaruhi penilaian daya tahan batere yang tentu saja akan terlihat daya tahan batere tersebut menjadi cukup lama…

Trus nanti di bagian “Option” ada 3 modus untuk benchmark… Classic, Reader’s Test dan Idle… sebaik pilih modus “Classic”… karena pada modus “Classic” akan mencoba memberikan beban ke perangkat GPU, CPU dan Harddisk selama pengujian batere… ini berguna untuk menguji sebarapa jauh batere bisa bertahan pada kondisi laptop sedang bekerja…

Setelah benchmark selesai nanti bakal ada report dalam format html di folder instalasi battery eater tadi…

Ini punyaku… (klik gambar untuk memperbesar grafik)

Discharge

Konfigurasi laptop: Toshiba M30 S735G yang udah berusia 4 tahun, Centrino 1.6GHz yang berjalan di 600MHz dengan vcore 0,7volt, RAM 1,25GB tanpa Page File, Hardisk 40GB 4200RPM ATA 100, baterai 6-cell yang udah drop… cuman bisa tahan selama 112 menit… ato kurang lebih 1 jam 52 menit…

Konfigurasi behcmark: modus benchmark “Classic”, resolusi OpenGL “1280x800x32”, tampilan layan “fullscreen”, laporan benchmark “create battery charging graph”, begin test when disconnecting AC…

Mana punya kalian?

Iklan

2 thoughts on “Benchmark Baterai Laptop…

  1. Aku test nya pas batre nya cuma 80an.. laptopku toshiba L310, uda hampir setahun.. tapi batre gak tahan lama.. Batre 88%, total timenya 0:59:44, dan gambar grafiknya menurunnya standar saja,, tidak drastis.. gak ngerti maksudnya apa. gak bisa upload grafiknya.. gmn tuh?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s