Thunderbird untuk aggregator…

Aggregator… RSS… apapun istilahnya kalo belom jelas coba baca dipostingan ngawur ku yang ini… Sebenernya sedari dulu gw pake Feedreader untuk narik RSS… gw ga berminat pake RSS Reader yang online macam bloglines, google reader atau yang lainnya karena selain gw fakir bandwith juga ngga efisien buat ku.

Berhubung akhir-akhir ini gw lagi bersih-bersih laptop… lagi males pake 2 software yang fungsinya hampir sama… jadi gw singkirin software Feedreader tersebut… dan gw mulai beralih ke Thunderbird… karena gw juga nge-POP3… emailku juga cuman satu dan itu satu-satunya emailku… dan kebetulan satu-satunya emailku support POP3… fasilitas yang bener2 membantu… *asal ngga di kirim spam aja*.

tbird-rss-5

Sebenernya baru kali ini gw pake Thunderbird sebagai RSS Reader. Kalo yang terbiasa pake software RSS Reader selain Thunderbird mungkin akan sedikit kagok dalam pengaturannya, termasuk gw.

Langkah-langkah setting thunderbird sebagai RSS Reader kurang lebih seperti ini…

  1. Buka Thunderbirdnya… lalu click Tools > Account Setting > Add Account… ini untuk bikin account yang akan nampung aggregator.
    tbird-rss-1
  2. Setelah account RSS Reader dibuat, selanjutnya click folder RSS tersebut dan jangan lupa untuk mencentang “By default, show the article summary instead of loading the web page”… ini untuk mencegah Thunderbird malah meload seluruh halaman dari postingan… sebaliknya cukup isi dari postingannya saja.
    tbird-rss-2
  3. Untuk memasukan alamat URL aggregator bisa dengan meng-click “Manage Subscriptions”… setelah windows “RSS Subscriptions” muncul, dilanjutkan dengan meng-click “Add”… masukan alamat URL aggregator tersebut ke box yang tersedia dan diakhiri dengan meng-click tombol “OK”.
     tbird-rss-4

Dah… selesai… gitu doang… kalo ingin me-refresh aggregator tinggal click File > Get New Messages For > [pilih RSS reader]

Selamat mencoba yap!

One thought on “Thunderbird untuk aggregator…

Tinggalkan Balasan

