Mencoba web browser alternatif: LUNASCAPE.

Setelah baca iKonek di koran Suramerdeka kmaren minggu, ada berita yang mengklaim sebagai browser tercepat di dunia dengan kecepatan loading javascript hanya butuh waktu dua koma sekian detik… gw pun jadi tertarik karena grafik kecepatan yang disajikan bahkan lebih cepat daripada Firefox…

Maka berkunjunglah saya ke situs dari Lunascape ini di http://www.lunascape.tv… 

Kesan pertama saat melakukan install adalah file installernya yang cukup besar… setelah mendownload masternya yang sebesar 8mb… ternyata installer masih harus mendownload engine Gecko yang besarnya 12mb dan engine WebKit Plugin sebesar 8mb.

Engine Gecko digunakan pada browser Mozilla Firefox dan engine WebKit digunakan pada browser Google Chrome dan engine Trident yang terinstall secara default adalah yang digunakan pada Internet Explorer… tampaknya yang dimaksud dengan “LUNASCAPE menggunakan tiga buah engine” adalah kita harus memilih salah satu dari tiga engine yang disediakan tersebut… bukannya tiga engine tersebut otomatis akan digunakan secara bersama-sama.

Kesan pertama saat startup adalah cukup cepat loading aplikasinya, namun tampilannya yang begitu semrawut jadi agak bingung juga… apalagi pada pengaturan tampilan yang terdapat pilihan standard (asli model lunascape), simple (seperti firefox), cool (seperti safari) dan silver (seperti IE)… tapi tetep aja tampilannya ngga menarik dan cenderung membingungkan. Sidebar disamping ngga bisa (atau ga tau?) cara menghilangkannya… banyak toolbar sebenarnya yang ngga penting ikut ditampilkan… mungkin karena saya suka browser yang minimalis. Dan juga beberapa tombol umum pengoperasian yang sering digunakan, ternyata tidak berfungsi… misalnya tombol BACKSPACE untuk back, F4/F6 untuk address bar, atau CTRL+E untuk search engine… dll.

Untuk browsingnya, emang gw ngga tau cara benchmark yang tepat itu seperti apa dan bagaimana prosedurnya… tapi sedikit mencoba benchmark menggunakan hati dan perasaan… lunascape dengan engine Gecko yang digunakan di Mozilla Firefox lah yang tercepat dalam membuka website… disusul dengan engine WebKitnya Google Chrome dan yang paling bontot adalah engine Tridentnya IE… Eh ini cuman benchmark menggunakan hati, perasaan dan telkom speedy loh… jadi jangan mentok dijadikan acuan…

Ah eniwei mungkin karena masih versi alpha jadi masi amburadul begini… tapi ya ditunggu aja versi official nya… untuk saat ini kembali ke Mozilla Firefox…

Beberapa postingan lalu yang terkait:
Tentang Opera: https://satrioaja.wordpress.com/2008/03/09/rubah-gendut-vs-donat-merah-tanpa-lemak/
Tentang IE7: https://satrioaja.wordpress.com/2008/01/07/internet-explorer-7-crash/
Tentang Firefox: https://satrioaja.wordpress.com/2007/12/03/cinta-pertama-sulit-di-lupakan/
Tentang Opera: https://satrioaja.wordpress.com/2007/10/31/opera-vs-firefox/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s