Workshop “Tips & Tricks Sukses Mendapatkan Pekerjaan”.

Hari ini gw dan Tik-chan ikutan workshop “Tips & Tricks Sukses Mendapatkan Pekerjaan” yang diadakan oleh HRnet Semarang di kampus dari jam 9 pagi ampe jam 4 sore.

DSC04754 (Small)
Tiket masuk, investasinya seharga 65rebu…

Materi yang diberikan sebenernya cukup menarik… ada psikotes dan disertai hasilnya, bagaimana menulis surat lamaran dan CV yang baik, sampai tehnik interview… cuman sayangnya beberapa pembicara ngga asik… ngga oke… jadi kesannya borring… satu-satunya yang menarik… bahkan fun… ya cuman Pak Kruiake Karismawan yang membawakan sesi tehnik interview yang baik.

DSC04760 (Small)
Tik-chan bahkan bete dan bosen, malah di tinggal baca kambing jantan.

Karena yang menarik cuman sesi nya pak Ake… jadi sejauh yang bisa gw ceritakan disini adalah sesi nya Pak Ake aja.

Akhirnya ada satu hal yang bisa gw pelajari dari perihal lamar-melamar kerjaan… dunia per-HRD-an adalah dunia yang kejam dan laknat… mengapa begitu? Ada beberapa alasan yang di kemuka-kan pak Ake… Tapi yang membuat gw cukup tertarik adalah sebuah kenyataan bahwa surat lamaran dan CV dengan foto yang menarik adalah yang di utamakan atau di arsipkan… sisanya… tong sampah ataupun mesin penghancur kertas… kalau sudah begitu… meskipun kita ingin menjual diri… jadi tidak memiliki kesempatan untuk mengumbar kualifikasi dan kemampuan kita di depan personalia perusahaan.

Saat pak Ake mengemukakan hal ini… gw terus terang jadi teringat foto si Kingkong yang beredar luas di milis semarangan… bahkan sempat terdeteksi sebagai virus pada beberapa antivirus… namun herannya mengapa beliau bisa jadi tangan kanan kadin jawa tengah?

SOLUSI: PERMAK FOTO. Yak betul sekali, Pak Ake jelas-jelas bilang gitu… foto-foto yang kurang bagus… misalnya banyak jerawat, kurang putih, ataupun bekas tembong cacar bisa di permak… perkara besok waktu di panggil interview berbeda dengan aslinya… yang penting kita udah punya satu tiket untuk menjual diri kita di depan personalia perusahan. Setelah pak Ake bilang gini, dan gw masih teringat pada Kingkong… jangan-jangan… ah sudahlah…

Lainnya adalah tentang psikotes, hasil dan pembahasannya… Tik-chan tergolong orang yang “I” alias “Idiot” “Influence”… dimana setiap perkataan dan perbuataannya bisa memberikan motivasi dan dorongan… misalnya memberikan semangat untuk lebih serius belajarnya ketika gw ga lulus ujian komprehensif…

Orang-orang “I” sangat cocok jadi tempat sampah curhat atau berprofesi sebagai psikopat psikiater… namun selain motivasi dan dorongan… juga memiliki kemampuan dalam mempengaruhi seseorang untuk menuruti keinginannya… misalnya memberikan semangat untuk lebih serius bunuh dirinya kalo gw ga lulus ujian komprehensi lagi…

Sementara gw sendiri? Gw adalah orang yang “C” atau “Cuakephhhbuanget” “Compliance”… dimana setiap perkataan dan perbuatannya selalu mengacu pada peraturan yang berlaku… misalnya ada tulisan dilarang mencoret-coret tembok… maka gw ga akan mencoret-coret tembok…

Orang-orang “C” sangat cocok jadi pengamat atau peneliti dikarenakan jarang membuat kesalahan… namun kepatuhannya pada peraturan yang secara berlebihan itu menyebabkan dirinya kaku dan tidak mau mencoba sesuatu yang baru…misalnya ada tulisan dilarang mencoret-coret tembok… maka gw ga mau coba mencoret tembok lain yang ngga ada larangannya…

Ah eniwei… cuman dua sesi itu aja yang menarik… selebihnya? Zzz…

One thought on “Workshop “Tips & Tricks Sukses Mendapatkan Pekerjaan”.

Tinggalkan Balasan

