Pindah rumah ternyata ngga gampang…

Masih berkutat dengan perpindahan rumah blog ku dari blogger.com ke wordpress.com. Ternyata perihal perpindahan rumah itu ngga mudah… banyak yang harus di urus. Misalnya bagaimana nasib rumah blog yang lama, di hapus apa ngga, lalu bagaimana mengarahkan pembaca blog lama ke blog baru. Ya stuff like that lah…

Salah satu problem yang menarik adalah tentang SEO. Maksut gw, adalah bagaiamana caranya agar blog yang baru ini dapat terindex di search engine semacam google ataupun yahoo. Kalo di blog yang lama, ya tenang aja toh… blogger.com adalah produk dari google, maka secara semena-mena tentu saja google akan mempromosikan produk blog nya secara otomatis di mesin carinya.

Putar akal, gw pun menemukan beberapa hal yang menarik dari http://www.google.com/webmasters

Di situ gw bisa men-submit URL dari blog baru gw yang di https://satrioaja.wordpress.com. Udah selesai? Belum. Google harus mem-verifikasi bahwa situs/blog tersebut adalah benar-benar milik kita, dan yang kedua kita harus mengirimkan URL untuk sitemap dari situs/blog kita dengan tujuan untuk mempercepat peng-index-an.

Langkah-langkah untuk memverifikasi situs/blog wordpress.com:

  1. Langkah pertama adalah dengan memilih situs/blog yang akan di verifikasi. Cukup mudah pada dashboard Google Webmaster, click lah URL blog kita.
  2. Coba masuk ke tab “Statistics” dalam dashboard Google Webmaster dan click URL yang ada kata-kata “verify”.
  3. Karena kebetulan gw nge-blog nya di wordpress.com gratisan, bukan di hosting sendiri… jadi gw ngga bisa merubah atau menambah meta. Jadi gw pilih metode “upload an HTML file” untuk metode verifikasinya.
  4. Balik ke wordpress.com lalu posting ke blog kita tapi pilih yang PAGES (bukan posts) dan untuk judulnya menggunakan kode yang di berikan pada saat kita memilih metode verifikasi pada poin nomor 2 diatas. Seperti pada gambar dibawah ini.
    wp-verify
  5. Jangan lupa untuk menghapus centangan “Keep this page private”, karena bisa mendatangkan kesalahan bahwa halaman tidak ditemukan oleh Google Webmaster.
  6. Setelah itu, balik ke Google Webmaster. Tinggal click “verify” , dan bila metode anda sudah benar seperti diatas ini maka anda akan mendapati bahwa Google Webmaster telah berhasil memverifikasi situs/blog anda.

Langkah-langkah untuk meng-submit file sitemaps:

  1. Hal yang sama, coba masuk ke tab “Sitemaps” di Google Webmaster dan kemudian click “Add a Sitemap”.
  2. Lalu masukin nama file “sitemap.xml” sebagai sitemap dari blog di wordpress.com
  3. Selanjutnya? Biarkan saja… nanti lama-lama secara otomatis akan terindex sendiri oleh google.

Yak itulah dua langkah yang gw lakukan untuk “mempopulerkan” blog baru gw di wordpress.com selain lewat buletin board nya friendster, milis loenpia, forum nasikucing.com, forum ocindo.com, email dan blogwalking.

Iklan

4 thoughts on “Pindah rumah ternyata ngga gampang…

  1. Biar terindex kok susah banget tho…
    kalo aku, pada kolom search google ato yahoo tinggal tulis add to google ato add to yahoo trus akan keluar berbagai pilih, trus pilih add your site to google, trus masukkan alamat web an keterangan. udah slesai. simpel kan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s