meebo, Web-based Instant Messaging!

Sebenernya ini bukan barang baru, cuman ya menarik aja untuk dibahas. Ya sudah mari di mulai.

Gw dah pernah nyoba beberapa instant messaging yang mulai dari satu protokol seperti Yahoo Messenger dan Google Talk sampe multi protokol seperti Trillian atau Pidgin. Namun gw menemukan satu Instant Messaging yang membuat gw tertarik dan sejauh ini udah 3 bulanan gw pake ini. Yang membuatnya menarik adalah sebuah Instant Messaging dengan multi protokol yang tanpa harus mendownload dan menginstall software nya terlebih dahulu, karena semua itu dilakukan secara on-line atau bahasa kerennya web-based instant messaging. Yak, itu adalah meebo. (http://www.meebo.com/product)

meebo

Selain tentu saja hemat space hardisk dan ram, tampilannya dan pengoperasiannya juga rata-rata persis plek sama Instant Messaging pada umumnya sehingga mudah untuk digunakan. Bahkan tersedia plugin untuk firefox yang bisa download di http://www.meebo.com/firefox/ dengan begitu setiap kali kita mau chatting, kita ngga usah capek-capek harus mengarahkan browser ke http://www.meebo.com terlebih dahulu. Cukup klik icon kecil meebo on Firefox di seblah kiri address bar browser Firefox, maka frame akan muncul disamping kiri dengan pilihan protokol Instan Messaging yang di dukungnya, seperti AIM, Google Talk, Yahoo, MSN, icq, Jabber, flixster dan meebo sendiri.

Kekuranganya ya jelas lah ada karena tidak mungkin mengakomodir semua fitur yang ada di client Instant Messaging dari masing-masing protokol seperti Audible nya Yahoo Messenger. Tapi tak mengapa, esensi dari chating adalah ngobrol bukannya saut-saut-an audible (meskipun itu perlu juga, hehe!). Kekurangan lainnya yang sedikit mengganggu (buat ku) adalah untuk laptop yang pakai webcam, dan ingin ber-webcam-ria tampaknya sedikit mengalami kesulitan, entah gw yang belom menemukan caranya atau emang fitur ini masih belom tersedia.

Tapi overall, meebo on firefox cocok banget buat gw… selamat mencoba!

Iklan

One thought on “meebo, Web-based Instant Messaging!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s