AVAST Antivirus Gratis untuk Linux

Bosen menggunakan ClamAV… hapus… sudo make uninstall… huh… sebenernya yang bikin bosen adalah karena penggunaanya harus ketak ketik console… bukannya gw ga bisa make dan gw ga terbiasa make… cuman bosen aja gw…
Cari-cari di Google.com antivirus gratis untuk linux… nemu dua pilihan antara AVG dan AVAST… dan kebetulan gua ga suka AVG… lagian menurut http://www.av-comparatives.org hasil perbandingan deteksi antara AVG dan AVAST lebih baik AVAST… ya gw pilih AVAST saja… lagipula gw juga dulu sering nginstallin AVAST ke komputer orang…

Okay download AVAST for Linux nya di http://www.avast.com/eng/download-avast-for-linux-edition.html berhubung gw pake Ubuntu… gw downloadnya yang paket DEB… biar lebih mudah install/uninstall nya… kalo mau paket TAR.GZ juga ada… cara installnya ya standar aja sih palingan di ekstrak dulu… lalu configure, lalu make, diakhiri dengan sudo make install…

Jangan lupa supaya registrasi dulu… gratis kok! Registrasi avast bisa di http://www.avast.com/eng/home-registration.php . Kalo misalnya dulu udah pernah registrasi… pake serial number yang lama juga bisa… kebetulan karena gw lupa… dan sepertinya terhapus di email gw… ya gw retrieve serial number gw yang lama…

Untuk mulai pake AVAST… pertama harus masukin key serial number nya… buka console dan ketikan ‘avast’… nanti disitu akan muncul prompt untuk memasukan key serial numbernya. Untuk melakukan scan bisa dengan dua cara… console maupun gui… kalo console bisa langsung dengan menggunakan perintah ‘avast’… untuk lebih jelas tentang perintah nya bisa menggunakan perintah ‘avast –help’… sedangkan untuk menggunakan gui dengan perintah ‘avastgui’…


Males ngetik-ngetik pake console? Install aja shortcut iconnya menggunakan perintah ‘sudo sh ./install-desktop-entries.sh INSTALL’ di folder ‘/usr/lib/avast4workstation/share/avast/desktop’ setelah itu akan muncul shortcut icon di menu Application – Accessories…

Sekedar mengingatkan untuk mengupdate databasenya… sebab punya ku kok databasenya taun 2007 yah? Ya udah slamat menikmati AVAST for Linux nya yah…

Tinggalkan Balasan

