WTF: Google Earth versi Linux bikin Session restart!?

Awalnya sih iseng-iseng pengen ngeliat sebrapa jauh sih rumah gw ke kendal… sebab toetik ayank yang sedang KKN di kendal ternyata merindukan mas nya… ya udah besok-besok mau kesitu tapi berhubung ngga tau arah ya coba liat petanya pake Google Earth.

Maka download-lah gw Google Earth for Linux dari server nya google di http://earth.google.com dapet filenya GoogleEarthLinux.bin

Cara installnya gampang kok tinggal ketik

# sh GoogleEarthLinux.bin

Abis tu ntar ada muncul installer nya berbasis GUI trus ikutin aja.

Ada masalah saat pertama kali make Google Earth untuk Linux ini. Yaitu tiba-tiba xserver shutdown, ngga shutdown total, tapi user session nya aja yang tiba-tiba restart, keluar ke console trus masuk lagi ke xserver tapi nongolnya di GDM bukannya langsung ke desktop.

Ada apa gerangan?

Selidik punya selidik, gw lupa kalo Google Earth ini pake OpenGL untuk nge-render nya… dan seingat gw… gw belom nyalain restricted driver nya ubuntu. Ya udah tinggal gw nyalain aja di System > Administration > Hardware Drivers, lalu konek ke internet pake speedy yang udah overtime itu dan download driver nVidia GeForce 4MX Onboard ku. Setelah di download jangan lupa direstart dulu Ubuntunya.

Baru deh Google Earth untuk Linux bisa jalan dengan sempurna…

One thought on “WTF: Google Earth versi Linux bikin Session restart!?

Tinggalkan Balasan

