Jadi konsultan IT sehari…

DSC04362

Seperti yang gw janjikan ma si Mansur 2 hari yang lalu, hare ini gw bakal jadi "konsultan IT" tanpa bayaran… khusus untuk dirinya. Konsultan IT apa? Hahaha… konsultan bikin software pake VB6 dan SQL untuk keperluan skripsinya dia yang ngga jadi-jadi…

Sebenernya sih udah jadi… tapi berhubung kemaren sewaktu bimbingan yang seharusnya menjadi bimbingan terakhir… ketika mendemo-kan nya tiba-tiba error dan crash di tengah jalan… membuat muka nya pucat pasi, lemah lesu tak berdaya karena ternyata perjalanan bimbingannya tidak bisa di akhiri saat itu juga.

Software yang dia buat adalah sebuah software administrasi untuk pembuatan, penyetoran, penarikan serta penutupan rekening tabungan atau deposito lengkap beserta laporan-laporan yang diperlukan untuk direksi.

Berhubung konstruksi dasar software ini sudah jadi, sehingga gw awal masuknya dari pengendalian aplikasinya. Pengendalian aplikasi itu kurang lebih seperti saat mengisi formulir pembukaan rekening, akan terdiri dari beberapa item/data yang harus di-isi… tapi dari item/data tersebut ada yang harus di isi maupun ada yang tidak harus di isi. Nah tugas gw adalah memeriksa dan membantu membenarkan semua object pada form software tersebut supaya semua data yang harus di isi (mandatory) harus sudah lengkap terisi baru keseluruhan record bisa di simpan kedalam database.

Bermodalkan dengan komputer P4, Windows XP dan VB6 bajakan serta sebuah laptop dengan VB6 bajakan juga. Maka mulalah kita bekerja.

Ada beberapa masalah yang harus dia selesaikan sendiri, antara lain mengenai reportnya… karena dia masih menggunakan cara di export ke excel… cara ini sebenernya tidak masalah tapi tidak cocok untuk ukuran bank BPR sebab dari segi keamanan data yang sudah di export ke excel masih bisa di manipulasi… gw menyarankan agar dia memanfaat kan report designer di VB6.

DSC04363

Ya cukup melelahkan juga sebenernya pekerjaan ini, tapi lumayanlah dapat kue tart bikinan pacarnya si Mansur ini.

Iklan

4 thoughts on “Jadi konsultan IT sehari…

  1. ron.. kenalin dong ama masnya yang pake baju kuning. hihihihi…. program dan laporannya boleh diminta ga? full source?
    -dini.dr-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s