Clogged Cartridge!

Pada suatu ketika…

Toetik:”Mas ayank… printer adek ngadat ni… engga bisa ngeprint… kalo ngeprint gitu ntar kayak ada garisnya…”
Tarsio:”Oh… itu namanya ketrit nya mampet… mau ngeprint banyak?”
Toetik:”Iya… lumayan sih skitar 30 lembar…”
Tarsio:”Yawda… main sini tho… skalian ngeprint…”
Toetik:”Uughh… mas ayank baik deeeeeh!”
sampe ditempat tarsio…
Tarsio:”Udah? Cuman segini aja yang mau di print?”
Toetik:”Hu uh…”
*cetut* pencet tombol “Print” di OpenOffice.org 2.4… *jegkrek jegkrek* printer HP 3535 langsung beraksi… *ngiiiing crut crut* kertas hasil prin-prin-nan-e kecret neng lante…
Tarsio:”LUOOOH!?!? KOK TINTA NE ORAK METU?”
ternyata printer kita sama-sama mampet…

Ngga mau kan kejadian kayak diatas? Baru aja beberapa minggu yang lalu abis di refill… tiba-tiba kok ngga mau keluar tinta nya?

Itu namanya clogged cartridge ato variasi bahasa lainnya cartridge clogging, tinta mampet, ketrit mampet, ketrite mboten ngecret tintane, ora metu tinta ne, dll tergantung dimana anda tinggal…

Penyebabnya biasanya karena penggunaan tinta refill (veneta atau dataprint), tinta ga resmi (tinta cina atau tinta bolpoin parker), tinta ga asli (tinta cumi-cumi)… mengapa begitu? Karena kekentalan tinta refill sama tinta asli berbeda… kalo terlalu kental ntar mampet… kalo terlalu encer nanti mblobor hasi cetakannya… tau mblobor kan?

Jadi ngga boleh ya pake tinta refill? Oh bole-bole aja… asal ya itu tadi… siap dengan resiko nya… ketrit bisa ngga ngecret… lagian kalo beli cartridge baru kan mahalnya mintak ampun… sebagai patokan… tarsio beli cartridge HP 27 Black resmi harganya skitar 150rebu-an… padahal kalo refill… ya tergantung refill dimana dulu… kalo di veneta system sekitar 30rebu… kalo ngisi sendiri beli data print 20rebu dapet 2 tabung bisa dua kali ngisi tapi belepotan… jauh banget kan selisihnya?

Bagaimana dengan tinta ga resmi ato tinta ga asli? Maksutnya seperti pake tinta cina ato tinta cumi-cumi? Bole-bole aja… kalo bisa makenya tentunya…

La gimana cara mengatasi tinta mampet? Mudah… perhatikan gambar di bawah ini:

clogged-cartridgeHasil cetak ngga prima, ada garis-garisnya dan ngga jelas… udah pasti ini namanya cartridge clogging.

Ambil lepek, ato wadah laennya juga boleh… yang kecil aja… tapi kalo mau pake meber bole-bole aja… bahkan sangat disarankan bila jumlah ketrit mampet lebih dari 50 buah… Jangan lupa juga termos isi aer anget… bukan aer panas ya… anget aja… sebab kalo aer panas eman-eman… mendingan di pake buat bikin kopi ato teh…

Tuangkan aer anget ke lepek sebanyak kira-kira… ngga banyak-banyak… secukupnya aja… seperti di gambar 3. Bila anda ngga punya aer anget, bisa minta tetangga atau warung depan rumah, kalo masih ngga ada juga silahkan menanaknya sendiri… aer kencing bisa sebagai pengganti aer anget… mengingat aer kencing… kadang-kadang anget juga…

Siapkan si ketrit mampet tadi…

Celupkan bagian bawah (print head) yang mampet ke aer anget tadi… di celupin selama 3 menit aja…

Lalu angkat ketrit nya… dan tampaklah hitam-hitamg di lepek tanda tinta yang mampet menyumbat print head tadi udah cair… Bila anda haus… silahkan saja aer itu diminum… itu pun kalo anda udah gila…

Lap dengan tissue kering sperti pada gambar 7, untuk membersihkan sisa tinta yang mampet… jangan pakai tissue basah… atau tissue yang ada wewangiannya… selain ngga ada efek tambahan juga eman-eman mendingan dikasihkan saya aja.

Pasang lagi di printer anda… dan sebelum di print test page… sangat disarankan selain diawali dengan doa juga menyiapkan sejumlah duit… just in case trik ini berhasil atau tidak… bila ngga berhasil anda bisa beli cartridge baru… bila berhasil… tolong duitnya di kasihkan saya… hahaha!

Voilaa… printer mampet engga lagi mampet…

Bole-bole aja pake tinta refill… tapi yang perlu di inget adalah sering-sering di pake nyetak… sebab kalo kelamaan di biarkan akan membuat tinta mampet…

Iklan

8 thoughts on “Clogged Cartridge!

  1. di cartrige HP no 60 untuk d2560 itu ada 5 lubang. lubang yang mana yang harus di suntik, soalnya kalo salah lubang takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan…..mohon pencerahannya…..thanx….

  2. thanks bro… sangat membantu tipsnya.., sebelumnya dulu gw pemakai Canon, tapi setelah canon rusak, akhirnya gw beli HP deskjet d2566, gw beli ini karena waktu itu gw ke harco mangga dua hari minggu n banyak toko-toko yg tutup, cartridge bawaannya udah gw buang, karena cuma bikin emosi ๐Ÿ˜€ baru sedikit ngeprint langsung abis. akhirnya gw beli cartridge baru, n setelah abis gw isi ulang, tapi gak bisa moncor juga tintanya.. gw ikutin tips ini, akhirnya berhasil ๐Ÿ˜€ thanks ya… ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s