Instal modem internal di UBUNTU

Setelah mengalami seminggu yang berat… akhirnya hari ini beban itu sudah sedikit terangkat… fiewh… yah intinya semua itu terjadi karena kesalahpahaman yang asal mulanya dari kurangnya komunikasi…

Ah sudahlah ga usah mbahas itu… tarsio pun butuh waktu untuk tenang… dan rencananya mau ke kerep ma toetik besok sabtu… stidaknya buat tarsio mau minta maaf karena udah bales membenci Tuhan…

Jadi gini ceritanya… tarsio yang kebingungan mau internet pake PC tapi modemnya internal… padahal tau sendiri kan modem internal tu ga bersahabat sama linux… sempet kepikiran mau beli modem eksternal… tapi kok skarang modem eksternal rata-rata USB semua? Padahal modem usb itu sama aja kayak modem internal cuman beda tempat masangnya doang… toh di linuk modem USB tetep ke detek sebagai modem HSF…

Ada sih solusinya… yaitu pake driver dari linuxant.com yang versi FREE di limit di 14.4… hmmm masak di sunat ni modem jadi cuman 1/4 tenaga? Ya terus aja tarsio ga terima… la tarsio beli modem 56k bukan 14.4k… terus ya udah ubleg-ubleg lewat mbah google… mulai dari keyword: ‘linmodem 56k’, ‘linmodem driver’, sampe ‘linuxant driver crack!’ hehehehe… saking frustasinya tuh…

Akhirnya mbah google mengarahkan tarsio ke salah satu website yang beralamatkan di
http://www.linuxhelp.it/modules.php?name=Forums&file=viewtopic&t=308&start=75
waduoh… pake bahasa itali pula!

Tapi ada yang menarik… terutama di post yang ini http://www.linuxhelp.it/modules.php?name=Forums&file=viewtopic&p=3620#3620

Yawda toh… tinggal ngikutin aja… dan skarang tarsio bisa internet lagi dengan kecepatan full 56k ga pake sunatan masal…

Pokoknya intinya tuh gini:
1. Donlot, install trus konfigure driver modem dari linuxant.com
2. Donlot file ini:
http://www.geocities.com/lonnypics/hsfuniversalpatch-1.2.tar.gz
3. Jangan lupa yang ini juga:
http://www.geocities.com/booboohoot/generator.pl
4. File hsfuniversalpatch-1.2.tar.gz di ekstrak trus taro di /usr/lib/hsfmodem
5. File generator.pl taro di /home/[username]
6. Jalanin file hsfpatch di /usr/lib/hsfmodem jangan lupa harus sebagai SU…
7. Jalanin tu file generator.pl biar dapet license numbernya…
8. Jalanin lagi hsfconfig buat masukin license yang dibikin dari langkah nomer 7…
9. Jalanin wvdialconf… inget harus sebagai SU…
10. Bikin deh koneksinya ke ISP mu di /etc/wvdial.conf
11. Jangan lupa tambahin ini (tanpa tanda kutip): ‘init3 = AT&FW3+MS=V92,1,28800,33600,28800,56000’ biar bisa lari2 di 56k…

Just so u know… cara diatas adalah pembajakan… soalnya di linuxant.com supaya bisa lari2 di 56k… harus beli lisensi… moga-moga tarsio ga di grebeg pulisi nih… gara2 berbagi info kayak gini…

Tapi ada masalah… tarsio dial-up ke telkomnet lancar… dial-up pake hp cdma mulus juga… tapi kalo ke indonet… kok selalu ga bisa autheticate ya? alias username dan password ku di tolak terus… sempet kepikiran… ‘wah jangan2 ada yang macem2in account ku nih’… trus coba login ke indointernet.com lewat telkomnet ya ternyata asik-asik aja alias ga dimacem2in tuh account…

waduh masak linux musuhan ma indonet sih? td dah kirim email ke CSnya… moga-moga ketemu jawabannya…

Iklan

2 thoughts on “Instal modem internal di UBUNTU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s