Halan-halan ke Rawaseneng Trappist

IMG_00000268-1

Hari ini halan-halan ke Rawaseneng Trappist, ketemu sama si Om yang jadi frater disana, skalian nyangking si gendut kesana, kedoknya nya sih bosen dirumah tapi sbenernya mau ngenalin sih… *uhuk!*

Trakhir ketemu si Om itu udah luamaaa banget, makanya pas ketemu sampe pangling. Kayakna udah 15 tahunan ga ketemu, karna terakhir kesana itu pas masih iyik-iyik.

Kesananya naek mobil karena kayaknya arah ke rawaseneng itu transportasi nya susah, bis ato angkot juga jarang banget, hampir ga ada malaha. Dan seperti biasa kalo mobil penuh dengan cowok masalah mesti cuman 2: kebelet pipis sama nyasar.

Sampe disana skitar jam 10an kurang, pas ada misa, ya wis skalian aja ikut misa di kapel. Kapel nya bagus lo, bagus banget, kayak yang di film harry potter tu lo, cuman ukurannya lebih kecil, ya namanya juga kapel. E tapi bagus lo! Suer! Untuk seukuran kapel, ini kapel terbagus yang pernah saya masukin!

Jangan kaget kalo sering denger suara “mooooooooo”, itu suara sapi, soalnya di sana itu pada ternak sapi dan juga sebagai produsen susu sapi murni. Dan jangan kaget juga kalo ada bau-bau sedap yang bikin laper, ya itu bau hasil produksi lainnya kayak roti, yoghurt dll.

Sempet ngabisin duit atuscibu nya papah buat borong makanan. Sayangnya pas mau diajak ngiderin kebon kopi yang katanya 100hektar-an itu ini kaki udah lempoh, jadinya ya ngga deh.

Keren juga lo, biara ini punya bisnis peternakan sapi, produsen susu, roti sampe punya kebon kopi. Ya mungkin ini salah satu tehnik yang dipakai supaya biara ini bisa survive, pas dengan moto “berdoa dan bekerja”.

Biara ini jauh banget dari hiruk-pikuk kota, tempatnya juga di daerah lembah, jadi masih adem banget kalo pagi dan adem saja kalo siang. Cocok buat retret atao buat yang emang lagi pengen menyepi aja.

Buat info tentang Trappist Rawaseneng mari langsung slik inih: http://www.ocso.org/index.php?option=com_mtree&task=viewlink&link_id=2450&Itemid=88&lang=en

About these ads

2 thoughts on “Halan-halan ke Rawaseneng Trappist

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s