Axis + Samsung C3322 sebagai Modem: Eksis dengan Internet

Sore temans! Kembali lagi bersama gw. Kali ini mau posting soal hengpon gw si Samsung GT-C3322 yang mau gw manfaatkan ngga cuman sebagai alat komunikasi telpon-telponan dan sms-an tapi juga sebagai alat eksis di dunia maya.

Untuk ber-internet gini sih gw punya tiga pilihan sebenernya.

Yang pertama itu pake koneksi ADSL Speedy dirumah which mean brarti gw cuman bisa eksis di Internet kalo gw di rumah.

Yang kedua adalah pake Blackberry, dan gw pake paket gaul yang bisa Social Network dan BBM-an doang, tapi tau sendiri kan baterai Blackberry itu boros nya kayak apa? Which mean brarti gw cuman bisa eksis di Internet kalo Blackberry gw lagi ga abis baterai nya.

Yang ketiga adalah nebeng WiFi mall, tapi karna gw sibuk di kantor, dan terus terang terakhir kali gw WiFi-an di mall dan kampus gw, itu serba ribet, dalam artian harus cari lokasi yang oke buat dapet sinyal oke, apalagi kalo baterai laptop udah sekarat.

Sebenernya kalo gw kelompokan berarti gw punya dua alternatif media yang gw pakai untuk ber-eksis ria di Internet. Pertama internetan lewat laptop ato PC atau yang kedua mau langsung lewat Handphone? Nah masing-masing dua pilihan itu punya keunggulan dan kerugian juga.

IMG-20120204-00250

Kalo mau pake laptop atau PC, otomatis kita butuh modem ato koneksi Wi-Fi ato koneksi Ethernet, which means kita harus keluarin more cost diluar cost untuk internet itu sendiri, misalnya untuk beli modem, belom lagi soal ribet ngatur posisi duduk biar dapet sinyal Wi-Fi yang oke, ato nyari meja ato apalah buat naro laptop, apalagi ke-ribet-an nya bawa tas laptop yang ditenteng kesana kemari plus nyari-nyari stop kontak buat charger laptop.

Padahal kalo pake handphone ya cukup modal handphone dan kartu perdana yang ada pulsanya aja, ber-internet sambil jalan-duduk-tiduran-njengking-ditoilet pun oke-oke aja. Wi-Fi? Kayaknya smartphone jaman sekarang pun sudah banyak yang support Wi-Fi.

Tapi sebaliknya, kalo internet pake handphone itu layarnya kecil, suara yang keluar dari speaker nya juga kalo pas streaming youtube engga sekeren kalo pake laptop ato PC yang pake sound system ‘extra-wah’, apalagi kalo internetan pake handphone harus terganggu dengan adanya telepon atao sms yang masuk, dengan kata lain, internet di handled device itu tidak senyaman ber-internet pake laptop atau PC.

Nah, lucky me, gw punya Samsung C3322, dimana handphone ini dual sim, dual on dan dual stand-by. Jadi gw enda perlu report-repot bongkar-pasang handphone untuk gonta-ganti kartu buat internet sama kartu buat telpon dan sms. Apalagi ini handphone batere nya tahan lama, jadi kalo mau di pake internetan seharian di handphone, ya gw enda kawatir lah.

Tapi gw juga pengen internetan lewat laptop? Gimana dong? No worries temans, pake Samsung GT-C3322 ini kita sulap juga sebagai modem. Caranya gimana? Jadi begini, langkah awalnya adalah siapin dulu jaringan buat koneksi internetnya:

1. Beli dulu kartu perdana. Yo mesti! Ya kayaknya sih untuk uji coba begini paling oke kalo beli kartu Axis aja yang tarif internet nya seminggu paling murah. Kalo ga salah cuman 9.900 dapet unlimited quota tapi dengan fair usage policy ato bahasa keren-nya batas pemakaian wajar 100mb. Kalo paket sebulan sih 29.900 dengan FUP 400mb. Info lebih lanjut: http://www.axisworld.co.id/Paket_Internetan

2. Abis itu? Beli pulsa dulu dong, berhubung gw baru pertama kali nyobain pake Axis buat eksis di internet, maka otomatis gw mesti ribut registrasi 4444 dan segala macemnya dulu buat aktivasi kartu gw. Trus buat isi pulsanya gw males jalan ke ATM, dan untungnya gw sih pake SMS Banking BNI, jadi enak isi nya. Tapi sayangnya ga ada pilihan denominasi 10rebuan, paling kecil 25ribu. Ya udah deh gpp.

DSC04076

3. Lanjut, beli paketnya dulu dong. Liat ilustrasinya bisa click http://www.axisworld.co.id/Paket_Internetan:

get-paketAXISEksis-ina

Oke persiapan untuk koneksinya udah oke. Sekarang dilanjut ke persiapan buat modemnya. Samsung GT-C3322 ini ternyata pakai port MicroUSB, dan seperti pada postingan ku yang sebelumnya http://satrioaja.wordpress.com/2012/01/10/samsung-c3322-dual-on-gsm-gsm-part-deux/ kalo di paket penjualan nya engga dikasih CD driver buat modem dan lebih sayangnya lagi engga ada kabel data dalam paket penjualan.

Untuk driver modem bisa di download sendiri sih di http://www.samsung.com/id/consumer/mobile-devices/feature-phone/candy-bar/GT-C3322HKAXSE/index.idx?pagetype=prd_detail&tab=support

Sedangkan untuk kabel datanya? Hehehe gw cobain pake kabel data Blackberry Curve 3G 9300 punya gw, ternyata bisa dipake buat konek si Samsung GT-C3322 ini ke laptop ku.

Trus harus gimana dong?

1. Oke yang pertama download dulu drivernya, dan install program Samsung KIES nya. Downloadnya dari sini ya:http://www.samsung.com/id/consumer/mobile-devices/feature-phone/candy-bar/GT-C3322HKAXSE/index.idx?pagetype=prd_detail&tab=support

2. Sudah di install? Jalanin aja Samsung Networking Wizardnya di Start>All Programs>Samsung>Samsung Networking Wizard>Configuration. Gunanya untuk men-setting username, password dan APN untuk koneksi. Abis di setting trus tinggal konek aja. Ilustarsinya sebagai berikut:

c3322-1

3. Pasang handphone Samsung C3322 nya pake kabel MicroUSB, bisa cari di toko-toko komputer, kebetulan buat yang punya Blackberry bisa di pake aja kabel datanya, nantikan otomatis terdeteksi sama Windows dan Samsung KIES nya. Sebenernya bisa juga koneksi pakai bluetooth, tapi pengalaman yang udah-udah adalah koneksi lewat bluetooth malah engga stabil jadi pake kabel MicroUSB.

IMG-20120204-00252

4. Tinggal lakukan koneksi aja seperti gambar dibawah ini:

 c3322-2

c3322-3

5. Dan akhirnya voila… bisa eksis di internet dengan Handphone Samsung C3322 yang di fungsikan sebagai modem.

c3322-4

Sedikit aja soal Axis ini, dia kan kena fair usage policy, batas pemakaian wajar sebelum kecepatannya turun jadi 64kbps atau setara GPRS itu untuk paket mingguan itu 100mb sedangkan paket bulanan itu 400mb, yang membuat gw menarik kesimpulan kalo paket Axis eksis ini cocoknya kalo eksis pake handphone saja, bukan buat laptop atau PC, karna buat gw sendiri, 100mb atau bahkan 400mb itu terlalu sedikit, dan bisa gw abisin dalam itungan hari.

Untuk itu gw juga menyempatkan diri untuk mendownload dan menginstall opera mini, browser andalan buat handphone yang support java. Sebenernya engga ada masalah sama browser NetFront bawaan handphone, cuman karna gw udah terbiasa dengan tampilan dan pemakaiannya Opera Mini.

Untuk facebook, twitter, yahoo messenger dan windows live messenger sendiri udah terinstall di handphone Samsung C3322 jadi ngga perlu install lagi.

Yak sekian aja soal Samsung GT-C3322 yang gw fungsikan sebagai alat buat eksis di Internet selain make Blackberry, WiFi dan koneksi DSL Speedy di rumah. Ohya ini postingan untuk ikutan lomba “Blog Writing Competition: Eksis dengan Internet” nya Axis info: http://duniaaxis.co.id,http://duniaaxis.co.id/2012/01/16/blog-writing-competition-eksis-dengan-internet/

Banner-AXIS-Clean-Small-300x198 

About these ads

16 thoughts on “Axis + Samsung C3322 sebagai Modem: Eksis dengan Internet

  1. Saya sudah download Samsung KIES dan sudah saya install, tetapi kok saya tidak mendapatkan software networking wizard nya ya? Sudah saya cari di All Program juga tidak ada.
    Apakah Networking Wizard memang asli bawaan Samsung KIES, atau berasal dari software Samsung lain nya?
    Kalau dari software lain, bisa kasih tahu, software apa itu?
    Saa ingin mencoba C3322 dibuat sebagai modem PC.
    Terima kasih sebelumnya.

  2. Link download driver modem nya kok dkasih home site doang
    yg prlu ddownload yg mana
    bingung aku
    yg detail dung mas…
    Maklum newbie

  3. Kalo dialingnya gagal gimana tuh ?
    error 678: the remote computer did not respond. To make sure that the server can be reached,ping the remote computer.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s