Lomba Blog EECCHI, Opini

Menghemat Air: Sebuah Tips Sehari-hari yang Simpel

Secara ga sadar mungkin kita juga udah melakukan pemborosan air setiap harinya. Jujur, gw pun begitu. Semisal ada perilaku yang kebetulan sama dengan gua, maka sapa tau tips berikut bisa bermanfaat buat kalian. Silahkan disimak:

1. Waktu nyuci baju, air bilasan pakaian itu kita buang percuma, belom lagi kalo ternyata hasil bilasan belom bersih bener, masih ada sisa deterjen, terpaksa kita nyiduk air lagi. Kalo udah kayak gini, biasanya gw ngakalinnya nyuci pake deterjen yang ngga begitu banyak busa nya. Sukur-sukur kalo air bilasannya itu bisa di pake buat nyiramin tanamannya bokap gw. Tapi gw belom pernah nyobain sih.

2. Waktu ngisi bak kamar mandi, gw sering lupa waktu. Alhasil ya air di bak mandi sampe membludak tumpah terbuang sia-sia. Untuk yang satu ini, terpaksa gw pasang timer ato maen kira-kira, misal bak mandi itu kosong melompong maka gw perkirakan butuh waktu stengah jam ato minta tolong si mama ato si papa untuk mengingatkan kalo lagi ngisi bak mandi. Dan kebetulan di rumah itu banyak ember, jadi ember-ember itu gw penuhin dulu, abis itu baru isi bak mandinya.

3. Waktu gw mandi, kadang gw langsung byar-byur aja, kadang berasa boros aer juga sih. Kalo di blog lain banyak yang nyaranin pasang shower aja, sayangnya kamar mandi gw belom support sama yang namanya shower. Jadi gw sih mensiasati dengan gebyuran yang pelan-pelan diatas kepala pake tangan kanan, sementara tangan kiri aktif membersihkan sabun di sekujur tubuh, dilakukan secara bersamaan. Lumayan loh terasa kehematan airnya. Ternyata dengan cara ini dengan ciduk yang ukurannya agak gede, mungkin hanya butuh 5-7 gebyuran saja untuk membersihkan sisa sabun, bandingkan langsung maen asal byar-byur membabi buta gitu, tak terhitungkan jumlah gebyurannya.

4.  Untuk urusan minum jg, gw sebisa mungkin menghindari sama yang namanya air minum gelasan. Karna air minum gelasan, kalo sudah di buka kemasan plastik penutupnya, mau ga mau harus di habiskan, kalo ga dihabiskan mau disimpan gimana? Ujung-ujungnya kan ya di buang? Beda kalo saya bawa gelas ke kantor ato bawa botol minum selama saya traveling.

5. Saya itu penggemar mi instan, mau mi kuah atau mi goreng saya suka smua. Nah kalo bikin mi kuah kan aer nya bisa langsung di sruput dan tidak di buang, beda kalo mau bikin mi goreng, dimana mi nya itu ditiriskan, dan air nya di buang. Sungguh eman-eman kan air nya? Oleh karna itu sebisa mungkin kalo gw lagi pengen nge-mie, ya gw nge-mie kuah. Kalo pun mau nge-mie goreng, liat-liat sikon, sukur-sukur si mama ato si papa juga pengen mi goreng, bikinnya bisa langsung sekalian banyak, dan aer nya ngga terbuang percuma hanya untuk seporsi mie goreng.

6. Untuk urusan cuci mencuci alat-alat dapur, seperti pirimg, gelas, sendok, panci dan teman-temannya. Tips ini gw dapet dari si mama, yaitu tampung dulu aer nya di ember yang agak gedean dikit, abis itu di cidukin pelan-pelan dari ember nya buat nyuci alat-alat dapur. Berbeda dengan orang-orang kebanyakan dimana wastafelnya di penuhin aer lalu di rendam semua, kalo kayak gitu bukannya tambah bersih tapi tetep aja kotor alat-alat dapurnya. Belum lagi kalo ada yang nyuci langsung buka keran trus di bilas dari aer yang ngucur dari keran. Sungguh pemborosan sekali aer nya.

Okey itu aja tips sehari-hari yang simpel dalam menghemat air. Inget ya? Mungkin kita kelebihan air, buat nyuci pun tinggal buka keran, tapi di tempat lain, air buat sekedar minum aja mereka harus jalan puluhan kilo.

Postingan ke-enam untuk ikutan lomba: http://konservasienergiindonesia.info/activities/energy-efficiency-blog-competition

Postingan lainnya ada di: https://satrioaja.wordpress.com/category/eecchi-blog-competition/

Standar