Samsung C3322: HP Dual Sim, Baterai Tahan Lama.

Sejarah pertama punya hengpon tentu saja bermerk Nokia, hengpon sejuta umat. Milih hengpon ini sebenernya karna ga kenal merk laen, bokap-nyokap juga nyuruh nya beli merk ini kalo mau di beliin hengpon, ya saya manut sajah.

Setelah mulai gaul sana-sini, akyuh pun mengenal merek Sony Ericsson, dan bisa di bilang, merk ini adalah merk kedua dan yang terlama yang pernah aku pakai.

Samsung C3322, GT-C3322, Metro Duos

Dos penjualannya neh...

Sekarang gw nyungsep sama merk Korea, Samsung C3322, GT-C3322, ato lebih dikenal dengan nama C3322 DUOS, ada yang bilang juga Samsung Metro Duos.

Sejujurnya aku tak tertarik dari dulu sampe kmaren, buat make hengpon merk Samsung inih. Mengapah? Karna kalo kita sebut merk macam “Nokia” ato “Sony Ericsson” jelas itu produsen hengpon, kalo “Samsung”? Akyuh tak sanggup membayangkan mo mbeli hengpon produsen kulkas.

Sampe melihat hengpon nya adek ku yang juga baru beli, merk nya Samsung jugah, tapi entahlah serinya apa. Yang membuat akyuh akhirnya tertarik dengan Samsung adalah kejernihan tampilan di layar TFTnya serta suaranya yang crystal sekali, padahal itu tuh hengpon kelas 600ribuan loh.

Akhirnya sayah pun bersama dek Tasya, menyambangi Global Teleshop untuk sekedar membeli hengpon kedua untuk menemani Blackberry Curve 3G 9300 yang tukang boros batere ituh.

Awalnya, akyuh cuman mau nyari hengpon bosok buat ngidupin nomer ajah. Dalam artian, akyuh tak peduli itu hengpon color apa monochrome, ada kamera apa ngga, yang penting murah, batere awet dan untuk urusan komunikasi dasar seperti SMS dan telepon itu tidak ada hambatan.

Setelah browsing sana-sini, maka akyuh menetapkan inceran yaitu: Nokia C1-00Nokia X1-00 dan Nokia C2-00.

Dua kesamaan utama dari 3 item diatas adalah, sama-sama Nokia, sama-sama Dual Sim dan sama-sama harganya di bawah 600rb.

Mengapa dual sim? Karena selain punya nomer utama, saya juga punya nomer cadangan yang sekedar menikmati gratisan dan promo saja, alias sekali pakai buang. Dan saya engga mau repot bawa hengpon sama tiga atau empat biji, ya atleast dua itu udah maksimum.

Tapi akhirnya tiga item tadi, smua saya skip smua gara-gara kepincut Samsung C3322 ituh. Mengapa? Berikut yang membuat saya skip:

1. Nokia C1-00, harganya paling murah 299ribu, batere diklaim paling tahan lama (kalo stand-by bisa sampe sebulan), dual-sim meskipun ngga dual stand-by otomatis berasa single-sim tapi enaknya engga perlu repot copot-copot batere, dan bisa buat lampu senter. Tapi, sayangnya barang nya ngga ada, udah muter-muter tapi hasilnya tetep nihil. Keputusannya akhirnya di skip.

2. Nokia X1-00, harganya agak mahal 379ribu, batere hampur sama kayak Nokia C1-00 katanya tahan lama bisa sebulanan, dual-sim dan dual-standby, bisa musik dan radio, otomatis bisa dipasangi microSD. Jadi bisa dibilang, nambah 80ribu buat dual-standby, musik dan radio, plus card slot. Tapi, sayangnya body nya jelek, dimana-mana kalo naksir cewek itu liat body nya, sama kayak beli hengpon, kalo body ga menarik, secanggih apapun dalamnya, keputusan tetep skip.

3. Nokia C2-00, harganya yang paling mahal neh 549ribu, ada kamera meskipun VGA, bisa dipasangi microSD. Jadi sama aja kayak nambah 150rebu buat dual-sim bisa dual-standby dan hotswap sim card, dan buat kamera VGA nya. Di skip juga karena untuk harga 549ribu gw milih ngembat Samsung C3322.

Dan ini alasannya kenapah akyuh milih Samsung C3322 Duos:

1. Dual SIM dan Dual stand by meskipun engga hotswap. Karena tempat SIM Card nya ada di bawah batere. Jadi otomtis harus bongkar casing blakang plus batere cuman buat masang SIM ke dua. Masang SIM nya bisa sembarang tempat kok, maksutnya bisa di SIM satu apa SIM dua sekalipun SIM satunya kosong. Kalo udah kayak gini otomatis Nokia C1-00 sama X1-00 ga masuk itungan buat kuh.

Samsung C3322, GT-C3322, Metro Duos

Dual SIM, Dual Standby, Testing IM3 dan kartuAS

2. Tampilan layar displaynya TFT 2.2 QVGA 256K Colors, sementara yang laen cuman layar 1.8 TFT dengan 64K. Otomatis layarnya paling cerah, jernih, dan crisp punya Samsung C3322.

3. Bisa buat MP3, MP4 dan otomatis bisa mendukung slot memory microSD. Gw terus terang belom ngetes suara nya buat ndengerin MP3 tu  gimana, soalnya dalam paket penjualan nya meskipun disertakan handsfree, tapi untuk memory microSD dan kabel data buat transfer tidak disertakan, ya harap maklum hengpon ini cuman kelas 549ribu.

4. Ini nih pukulan telak buat Nokia, dengan harga yang sama dengan C2-00, Samsung bisa membundle ponsel C3322 ini dengan kamera 2MP Fixed Focus, sementara C2-00 cuman VGA. Tapi buatku sih ini ngga begitu penting cuman ya bisa jadi nilai tambah juga, secara kamera hengpon untuk kelas dibawah 2 jutaan itu engga spesial, toh gw juga seringnya moto pake camdig. Untuk hasil jepretan kamera nya bisa di lihat dibawah.

5. Untuk batere, katanya sih engga spesial, kalo stand by cuman skitar 25 harian, ga kayak punya Nokia, tapi belom aku tes sih. Di baterenye sih ketulis 1000mAH, tapi aku maklum aja kalo ga bisa kayak Nokia C1-00 yang sampe sebulan lebih, la Samsung C3322 kan dual-stand by otomatis butuh batere banyak buat dua sinyal operator, kalo Nokia C1-00 kan emang dual sim tapi ngga dual-standy-by cuman satu kartu saja yang idup, makanya bisa stand-by ampe sbulanan.

6. Bodynya kokoh, mantap, berasa bahan dari metal, pas ditangan, tombolnya gede dan empuk. Cocok dan enak deh kalo buat ngetik SMS ataupun nomor tlepon.

Samsung C3322, GT-C3322, Metro Duos

Body berasa metal, tombol gede dan empuk, pas di genggaman.

Nah itu tadi salah 6 dari yang sekian salah nya yang menyebabkan gw milih handphone Samsung C3322, tapi setelah gw beli ni hengpon ada beberapa catatan juga yang membuatku agak kecewa:

1. Tutup cover, casing belakangnya itu susah buanget buat di buka. Kalo hengpon-hengpon lain, Sony Ericsson dan Nokia apalagi Blackberry itu membuka tutup cover belakangnya itu mudah buanget tinggal di slide ke belakang lalu dorong keatas udah kebuka. Kalo yang ini kayaknya kmaren hampir membuat kuku ku bengkong, harus di cungkil dulu lalu ditarik, ya, ditarik ke atas, bukan di slide ke bawah. Dan nariknya itu susah buener.

Samsung C3322, GT-C3322, Metro Duos

Ini gimana nyongkel nya cobak?

2. Di paket penjualannya, ngga ada microSD barang 2GB skalipun. Ngga ada kabel data (micro USB). Jadi agak kerepotan juga buat ngopy hasil jepretan atau mau mindah MP3 buat nyoba suaranya, karena harus pake bluetooth

Samsung C3322, GT-C3322, Metro Duos

pake penjualan: Handset, Baterai 1000mAH, Handsfree, Charger microUSB port.

3. Selanjutnya yang bikin gw agak –agak gimana gitu, sebenernya sih bukan masalah gede, cuman ya aneh aja. Yaitu, hengpon ini kan udah 2MP kameranya, tapi untuk njepret, ngambil objek foto, ga ada tombol shutter tersendiri, jadi ya harus neken tombol d-pad di tengah itu. Gw ketipu sama salah satu tombol di body sebelah kanan, gw pikir itu tombol shutter kamera, tapi setelah di pejet-pejek kok ngga juga njepret kameranya. Ternyata itu adalah tombol shortcut untuk perpindahan pemakaian SIM card atara SIM 1 dan SIM 2 untuk outgoing call atau SMS.

Samsung C3322, GT-C3322, Metro Duos

Tertipu: Yang kiri itu SIM Card Switch bukan shutter camera, yang kanan port microUSB

Ya itulah akhirnya gw nyungsep di Samsung C3322, bukannya menjelek-njelekin Nokia, toh Nokia juga terkenal dengan build quality nya yang bagus, di tunjang dengan service center yang profesional, ngga kayak Sony Ericsson yang service center nya payah bener. Tapi meskipun begitu, untuk kualitas kamera, suara dan semua multimedia, bila saya di sodori Nokia, saya tetep milih Sony Ericsson.

Jadi kesimpulannya, mengapa sayah mengambil Samsung C3322 ni adalah karena, untuk hengpon sekelas under 600ribu, dibandingkan merek lain, Samsung C3322 ini lebih unggul.

Eh ini bukan review yah, ini cuman pendapat pribadi aja, makanya ngga objektif banget. Ok? Doakan saya kawans, semoga si Samsung C3322 ini awet dan bisa merubah opini ku dari hengpon mesin cuci jadi hengpon sejati.

Note: Untuk test ketahanan batere dan kualitas gambar, menyusul ya. Belom sempet nyari objek yang oke soalnya.

Edit: Opini part dua http://satrioaja.wordpress.com/2012/01/10/samsung-c3322-dual-on-gsm-gsm-part-deux/

About these ads

18 thoughts on “Samsung C3322: HP Dual Sim, Baterai Tahan Lama.

  1. Ping-balik: Samsung C3322: Dual On GSM GSM, part deux « bangSAT was here…!

  2. aq mah lox pkek hp samsung gt-c3322,,udh ckup puas,,fitur n yg laen na ckup mmuas kan,,tp da yg gx enax uga sih,,kyak lox mw donwload game n aplikasi ssah nyari yg cocok wat hp ni…lox da sran laen tlg d blz ea!!!

  3. aq mah lox pkek hp samsung gt-c3322,,udh ckup puas,,fitur n yg laen na ckup mmuas kan,,tp da yg gx enax uga sih,,kyak lox mw donwload game n aplikasi ssah nyari yg cocok wat hp ni…lox da sran laen tlg d blz ea!!!
    thankz!!!

  4. aku jg pke hp ini, ga nyesel deh fiturnya jg lumayan lengkap.
    cuman aku setuju sm artikel di atas, penutup blkg nya tuh susah bgt dibuka. tapi yg penting fiturnya, kameranya jernih.

  5. Kok heran sama handphone merk samsung bos? Emang gk ngikutin perkembangan Android? Sampe bersaing sama Apple loh…malah skrng yg agak tenggelam tuh nokia and soner…hehehe btw thanks infonya

  6. kang aq punya pertanyaan ni sebelun aq beli hp ni,,Kelemahan lainnya, saat digunakan untuk membalas SMS melalui pilhan “reply”, ponsel ini tidak memberitahukan SIM card mana yang sedang aktif dan digunakan untuk mengirim SMS. Pengguna harus terlebih dahulu men-switch SIM card yang diinginkan sebelum membalas pesan. Hal ini berpotensi membingungkan penerima karena SMS bisa dibalas dengan nomor yang tidak dikenal (dikirim dari SIM card lain yang sama-sama terpasang di Metro Duos GT-C3322, trus baiknya gmn kang trimakasih..
    n 1 lg buat kang pnc@ ,gmn cara tau radiasinatinggi ,apa pake deketin speaker aktif ,mksh

  7. hp samsung 3322 ini praktis . tekan switck kanan samping udah bisa ganti operator. mau cek sms . panggilan masuk dan panggilan keluar tinggal tekan ok udah keluar semua data yg masuk dan yg keluar. thanks for samsung

  8. Selamat Datang di Website OM AGUS
    Izinkan kami membantu anda
    semua dengan Angka ritual Kami..
    Kami dengan bantuan Supranatural
    Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat
    Mengagumkan…Bisa Menerawang
    Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore
    Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti
    Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..
    dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!!,hb=085-399-278-797
    Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual
    Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar
    dengan sangat Membutuhkan
    Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus
    OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya
    dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!
    Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini
    1. Di Lilit Hutang
    2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
    3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
    4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang

    Jangan Anda Putus Asa…Anda udah
    berada Di blog yang sangat Tepat..
    Kami akan membantu anda semua dengan
    Angka Ritual Kami..Anda
    Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya
    Saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s